Bone-Bone, Desa Pertama Tanpa Rokok di Dunia yang Bikin Bangga Indonesia

Desa yang haram disinggahi oleh para perokok, bakal kena sanksi bila melanggarnya

oleh Arief Dian
07:00 AM on Apr 18, 2017

Indonesia memang sudah masuk dalam jajaran salah satu negara dengan perokok terbanyak di dunia. Ya, rokok begitu diminati di sini. Bahkan gambar seram di bungkus rokok dan mahalnya satu puntungnya, seolah tidak bisa menurunkan minat untuk berhenti merokok. Yang ada malah semakin banyak, bahkan di kawasan bebas rokok pun masih banyak orang yang melanggarnya.

Hal di atas jelas sangat berkebalikan dengan apa yang terjadi di desa Bone-bone Sulawesi Selatan. Desa ini dinobatkan sebagai desa tanpa rokok pertama di dunia. Bahkan ada sanksi khusus bagi para pelanggarnya. Penasaran dengan desa unik ini? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Sudah diterapkan sejak lama

desa bone- bone [image source]
Peraturan tanpa rokok ini ternyata sudah lama diterapkan oleh desa Bone-bone. Kurang lebih sudah 11 tahun masyarakat di sana hidup tanpa asap rokok. Bukan hanya warganya, bahkan orang asing yang datang ke sana di haramkan untuk membawa ataupun merokok di areal tersebut. Kalau tidak, bakal ada sanksi keras dari warga setempat. Peraturan ini diterapkan mulai 2005 dan disepakati oleh seluruh warga. Dan jadilah desa tanpa rokok pertama yang ada di dunia. Bahkan beberapa situs berita luar negeri sengaja meliput keadaan desa Bone-bone ini.

Banyak baliho anti rokok

Baliho anti rokok [image source]
Kalau di daerah kota mungkin kita akan mendapati larangan merokok hanya di tempat-tempat tertentu saja. Namun jika di desa Bone-bone, pemandangan baliho anti rokok berserakan dimana-mana. Hal ini bertujuan agar warga selalu ingat dengan peraturan desa, namun yang lebih utama adalah untuk para pengunjung. Pasalnya sangat jarang orang tahu kalau desa tersebut adalah kawasan bebas rokok.

Sanksi kerja sosial bagi para pelanggarnya

Penggagas desa tanpa rokok [image source]
Hukuman bagi seorang perokok di desa ini bisa dibilang unik. Siapapun yang ketahuan merokok harus membersihkan  tempat umum  seperti masjid dan balai desa yang ada di Bone-bone. Meskipun tidak terlalu berat ternyata hukuman ini terbukti efektif. Warga lebih memilih tidak merokok dari pada terus-terusan harus membersihkan tempat umum. Biasanya para pendatanglah yang sering menerima hukuman ini. Pasalnya, meskipun ada baliho mereka tidak tahu kalau ternyata ada sanksi yang mengikat di dalamnya. Hasilnya, mereka yang harus menerima hukuman karena tidak mempedulikan larangan.

Bukan hanya rokok, tapi bahan pewarna makanan dan Napza

Pemandangan indah [image source]
Ternyata di desa ini bukan hanya  bebas rokok, makan dengan pengawet pun juga dilarang beredar. Begitu pula dengan Napza, barang ini benar-benar haram keberadaannya di desa Bone-bone. Bakal ada sanksi yang sangat ketat bila sampai ditemukan benda terlarang ini. Pastinya hukuman yang lebih  berat bakal diterima bagi para penggunanya, belum lagi hukum pidana yang menanti para pelakunya.

Para perantau biasanya memiliki masalah

Udara yang segar [image source]
Masalah utama dari penerapan desa bebas rokok ini adalah para perantau yang kembali. Karena sudah lepas dari hukum merokok yang mengikat, di daerah orang para perantau itu bakal merokok kembali. Itulah yang bakal menjadi masalah andaikan mereka kecanduan lagi. Tapi yang namanya hukum tetaplah harus ditegakkan. Alhasil banyak dari perantau itu yang menerima sanksi berat dari warga. Hukuman tersebut membuat jera para pelakunya, namun juga sering saat mereka kembali merantau, kebiasaan merokoknya kambuh lagi.

Desa Bone-bone ini bisa dinobatkan sebagai desa dengan udara paling bersih di Indonesia. Dengan larangan bebas rokok seperti itu, bukan hanya manusia saja yang diuntungkan namun juga alam juga mendapatkan manfaatnya. Selain sebagai inspirasi, desa Bone-bone bisa jadi referensi bagi para pengunjung yang lelah menghirup asap di daerah kota.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA