Bom Bunuh Diri di Nigeria, 16 Orang Tewas

oleh venny
11:03 AM on Feb 18, 2015

Ketegangan yang terjadi di Nigeria makin meningkat menjelang pemilu dan adanya aksi pemberontakan militan Bako Haram. Kali ini 3 lokasi di Nigeria diberitakan mengalami serangan bom pada Hari Selasa waktu setempat. Hingga saat ini tak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan puluhan orang ini.

Dalam laporan wartawan VOA, ledakan pertama terjadi di pos militer di Biu yang berada di negara bagian Borno. Media setempat melaporkan bahwa ada 2 orang penyerang meledakkan dirinya di gerbang masuk pos tersebut. Dalam kejadian ini, surat kabar Vanguard menyampaikan setidaknya korban tewas ada 14 orang termasuk 2 orang penyerang yang meledakkan dirinya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Ledakan terjadi di Nigeria (c)reuters
Ledakan terjadi di Nigeria (c)reuters

Serangan kedua terjadi tak jauh dari lokasi pertama, yaitu di Kota Potiskum di neegara bagian Yobe. Reuters memberitakan bahwa seorang penyerang meledakkan diriya di sebuah restoran. Atas insiden ini, 2 orang dinyatakan meninggal dan 12 lainnya mengalami cedera.

Dalam catatan, bako Haram pernah melakukan serangan ke kedua lokasi tersebut. Kelompok militan ini telah menewaskan puluhan ribu warga Nigeria dalam kurun waktu lima tahun. Beberapa kota dan desa di bagian timur laut negara ini juga telah dikuasai oleh Bako Haram.

Nigeria bersama kamerun, Niger dan Chad berusaha menumpas kelompok ekstrim ini. Namun Bako haram melancarkan serangan balasan di ketiga negara bagian dalam 2 minggu ini.

Sementara itu di acara kampanye politik partai oposisi APC di kota Okrika terjadi ledakan dan baku tembak. APC merupakan partai yang akan bersaing dengan partai berkuasa PDP pada pemilu presiden dan parlemen bulan depan.

Seorang saksi, Auwalu Ibrahim memaparkan bahwa anak-anak di pos pemeriksaan pergi ketika ledakan terjadi. “Semua orang telah diperintahkan untuk pulang karena ketakutan tentang ledakan,” kata Ibrahim.

Seorang perawat di rumah sakit umum Biu yang menerima kedatangan korban ledakan mengungkapkan keadaan korban. “Delapan mayat telah dibawa dari ledakan itu. Enam orang menerima pengobatan untuk luka,” kata perawat tersebut.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA