Maraknya berita ‘ikan asin’ yang menyeret nama Fairuz A Rafiq dan Galih Ginanjar tentu tak bisa dilepaskan dari satu kanal YouTube Rey Utami dan Benua. Dalam bincang-bincang melalui konten ‘Mulut Sampah’, Galih Ginanjar menceritakan secara detail kehidupan ranjangnya bersama Fairuz –yang tak lain adalah mantan istri dan ibu dari anak lelakinya (saat berita ini ditulis, video tersebut sudah dihapus).

Fairuz yang mengetahui hal ini menampik hal tersebut. Di setiap acara di mana ia menjadi bintang tamunya, istri Sonny Septian ini mengatakan apa yang disampaikan oleh Galih sama sekali tidak benar. Saking geramnya, ia mengatakan bahwa seumur hidup dirinya tak pernah memakai deodoran, karena yakin kalau dirinya wangi.

Atas kasus tersebut, Fairuz menuntut Galih Ginanjar yang sudah menyebarkan fitnah tidak benar atas dirinya. Dan juga kanal YouTube Rey Utami dan Benua yang menanggapi hal tersebut dengan tawa –seolah hal itu merupakan candaan lucu. Netizen pun beramai-ramai memberikan tutorial cara untuk me-report akun YouTube tersebut karena dianggap sama sekali tidak mendidik.

Kerap mencari gara-gara dan membuat netizen naik pitam

Melalui konten ‘Mulut Sampah’, Rey Utami dan Benua kerap memberikan pendapatnya terhadap sesuatu yang biasanya sedang viral. Kasus Fairuz ini bukan satu-satunya loh. Sebelumnya, Rey Utami dan sang suami, Pablo Benua pernah menyenggol dan menantang Risa Saraswati di konten ‘supranatural’. Ia mengatakan bahwa yang selama ini ada di Jurnalrisa bisa saja bohong dan tidak nyata karena menurut Rey dan Benua, ada banyak sekali hal janggal di dalam video itu.

Rey Utami saat mewawancarai Galih [sumber gambar]
Netizen pun berbondong-bondong membela Team Jurnalrisa dan mengatakan bahwa Rey dan Pablo hanya cari gara-gara. Pasalnya, mereka mungkin saja iri karena belakangan konten tentang supranatural, paranormal experience sedang naik daun dan diminati banyak orang. Jurnalrisa adalah salah satu dari banyak video yang sering masuk dalam jajaran trending topic Indonesia. Bahkan tak hanya netizen loh, ketika perseteruan ini mencuat, Mbah Mijan pun sampai mengatakan jika ia ada di dalam Risa Skuad.

Mencari kesalahan orang-orang yang tidak mengganggu kehidupannya sama sekali

Kanal YouTube Rey Utami dan Benua ini di mata netizen terkenal selalu mencari gara-gara, membongkar aib serta kesalahan YouTuber serta artis lain –yang menurut mereka perlu untuk dibahas. Tak hanya dengan Risa saja, Rey dan Benua juga pernah membuat judul dengan judul “SIFAT ASLI ATTA HALILINTAR” yang isinya menganalisis kepribadian Atta berdasarkan wajah yang ia lihat di video-video YouTube-nya. Walaupun sama sekali tidak mengenal Atta, Benua mengatakan bahwa Atta adalah orang yang money oriented, bisa menghalalkan segala cara demi tujuannya, dan cepat besar kepala alias senang dipuji.

Ada nama lain selain Atta? Roy Kiyoshi juga pernah menjadi target keduanya. Bahkan, karena mengatakan Roy sebagai Indigo yang tertipu, Roy Kiyoshi menyempatkan mampir ke kolom komentar untuk berterima kasih atas bully-an terhadap dirinya loh.

Dianggap pansos dan hanya cari sensasi

Karena hampir semua konten yang tersaji di kanal ini merupakan sesi membahas masalah dan gerak-gerik orang lain, enggak heran dong kalau netizen berpendapat bahwa Rey Utami dan Benua hanya berniat pansos (panjat sosial) dan numpang tenar. Tak mengelak, baik Rey ataupun Benua membenarkan hal tersebut, mereka memang panjat sosial dari konten sosok yang mereka bahas.

Untuk saat ini, beberapa konten yang baru dimatikan kolom komentarnya, namun jika ingin melihat bagaimana reaksi para netizen, kalian bisa mampir ke video-video lama mereka. Saking geramnya netizen, ada yang meminta keduanya untuk berhenti membuka kejelekan orang lain.

BACA JUGA: 5 Selebgram Viral Berkat Sensasinya, Siapa yang Paling Hebohkan Dunia Maya?

Tak hanya netizen saja yang gemas dengan konten-konten yang dibahas oleh Rey dan Pablo, Hotman Paris pun mengajak netizen berbondong-bondong untuk unsubscribe, unfollow semua media yang dinilai merugikan perempuan (dalam kasus Fairuz). Ya, tanpa disebut akun siapa juga netizen sudah mengerti sosok yang dimaksud Bang Hotman.