5 Alasan Mengapa Blackbox Airsia QZ8501 Harus Ditemukan

oleh Vyra Sofia
21:46 PM on Jan 3, 2015

Insiden AirAsia merupakan salah satu bencana memilukan yang menimpa sebagian besar penumpang asal Indonesia dan beberapa penumpang berwarga negara asing yang melakukan penerbangan dari Surabaya menuju Singapura tersebut. Penerbangan AirAsia QZ8501 terakhir kali kehilangan kontak dengan pengendali lalu lintas udara pada tanggal 28 Desemeber tepatnya pada hari Minggu. Beberapa korban sudah di temukan beserta puing-puing pesawat AirAsia 8501. Namun, korban lain masih berusaha ditemukan oleh para tim SAR Indonesia.

Baca Juga :5 Kecelakaan Pesawat Paling Mematikan Sepanjang Masa

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Para ahli mengatakan bahwa bukan hanya karena cuaca yang buruk yang membuat pesawat jatuh. Namun, hal ini masih belum dikonfimasi. Para pihak terkait sedang berusaha menemukan blackbox dari pesawat tersebut.  Para pihak yang terkait tersebut harus menemukan black box pada pesawat AirAsia QZ8501 tersebut dalam kurun waktu 2 minggu. Blackbox merupakan alat yang menempel pada tiap pesawat. Mengapa alat ini sangat penting dan harus ditemukan? Berikut alasan-alasan mengapa black box pesawat AirAsia QZ8051 harus ditemukan.

1. Perekam Percakapan Antara Pilot dan Setiap Suara yang Datang Dari Kokpit

Penerbangan pesawat tidak bisa dilakukan dengan hanya satu pilot di dalam ruang pilot. Dibutuhkan sekitar dua hingga tiga pilot. Hal ini bertujuan untuk mengatur arah pesawat dan kecepatan pesawat, jika pengaturan awal tidak sesuai dengan cuaca.

Perekam percakapan antara pilot dan setiap suara yang datang dari kokpit (c) gopixpic.com
Perekam percakapan antara pilot dan setiap suara yang datang dari kokpit (c) gopixpic.com

Dalam hal ini, blacbox (kotak hitam, yang sebenarnya tidak berwarna hitam melainkan oranye) berfungsi untuk merekam percakapan antara pilot di ruang pilot (kokpit) di dalam pesawat serta suara yang muncul dari kokpit. Selain itu, black box dapat merekan juga respon pilot sebelum pasawat yang dikemudikan bermasalah dan jatuh.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA