Berbicara soal peluang usaha khususnya di bidang peternakan ikan nama lobster air tawar bisa dibilang jarang terdengar. Padahal siapa sangka hewan satu ini bisa menghasilkan cuan yang lumayan lho. Bahkan dengan modal yang tidak terlalu besar, hanya sekitar Rp1 jutaan di awal.

Banyak orang yang sudah berhasil menggeluti bisnis ini. Bahkan ada yang sampai omzetnya mencapai Rp100 juta per bulan. Untuk yang level menengah bisa mencapai Rp28 juta dengan modal yang tidak terlalu besar pula.

Lalu apa saja yang mesti dipersiapkan untuk memulai bisnis ini? Pertama tentu persiapkan modal sekitar kurang lebih Rp1 juta. Ini nantinya untuk keperluan pembelian indukan, pakan, serta hal-hal terkait tempat berkembang biak.

Enaknya berternak lobster adalah tidak perlu menunggu terlalu lama untuk panen. Pasalnya hewan air tawar ini bisa bertelur dua bulan sekali. Jadi sangat mungkin per bulannya bisa panen. Untuk satu indukan bisa menghasilkan hingga 300 telur. Jadi bisa kita hitung sendiri berapa banyak nantinya.

Untuk harganya sendiri lumayan menyenangkan. Pasalnya per kilonya bisa dihargai sekitar Rp140 ribu. Jika sebulan bisa hasilkan 10 kilo saja maka totalnya bisa mencapai Rp1,4 juta. Modal pun bisa langsung balik setelah penjualan pertama.

Kabar baiknya lagi sudah ada beberapa mitra terkait usaha ini, jadi kita tak perlu susah payah menjual sendiri. Tapi jika bisa punya jaringan sendiri atau langsung ke restoran/customer, harganya bisa lebih tinggi lagi.