Belakangan sosok I Gede Ari Astina atau dikenal sebagai Jerinx menjadi sorotan setelah dirinya berdebat soal Covid-19 dengan dr. Tirta Mandira Hudhi secara Live di Instagram pada Rabu, (29/4/2020). Mulai tentang wabah corona yang pertama kali menjangkiti Indonesia, hingga masuk ke dalam ranah teori konspirasi.

Sebelumnya, Jerinx memang kerap mengundang sorotan lantaran kerap terlibat argumen dengan banyak public figure tanah air. Meski demikian, ternyata dirinya juga dikenal sebagai pebisnis sukses sekaligus seorang musisi yang peduli dengan lingkungan. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Sukses memiliki produk clothing sendiri hingga diundang ke seminar bisnis

Jerinx yang sedari usia remaja senang dengan dunia fashion, kemudian membawanya untuk mendirikan merek clothing sendiri yang kemudian dinamakan Rumble (RMBL) bersama rekannya yang bernama Adi, basis The Hydrant. Kebetulan, keduanya sama-sama hobi mendesain gambar. Dengan modal awal Rp 30 juta, Rumble kemudian berdiri. Hingga kini, bisnisnya tersebut telah berkembang dengan pesat. Terutama di kalangan anak-anak band.

Punya usaha kelab yang bernama Twice Bar

Twice Bar milik Jerinx [sumber gambar]
Selain bisnis fashion, Jerinx juga memiliki sebuah kelab yang bernama Twice Bar. Usaha yang dibuka sejak 2001 ini ternyata sempat mengalami fase naik turun. Pada 2016 silam. Twice sempat ditutup oleh Jerinx namun akhirnya dibuka kembali di lokasi yang baru. Mengusung konsep sebagai tempat kongkow santai para musisi Indie, Twice Bar yang disingkat TB menggunakan desain interior dan eksterior ala underground rock n roll bar.

Dirikan penginapan yang mengusung konsep ramah lingkungan

Bong Hostel di Lembongan Bali [sumber gambar]
Mengusung konsep ramah lingkungan; The 1st Eco Hostel in the Island, Bong Hostel merupakan merupakan hasil kolaborasi dari banyak pihak, seperti Jerinx sebagai penggagas utama, Ady The Hydrant, dan dua arsitek dari Archimetriz, Ni Putu Diana Surya dan I Putu Suantara Putra. Saat beroperasi, Bong Hostel banyak menggunakan energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti panel surya dan sistem air daur ulang.

Dikenal sebagai sosok yang peduli dengan lingkungan sekitar

Beberapa bisnis Jerinx yang dijalankan diketahui telah menerapkan konsep ramah lingkungan, dan berkontribusi kepada kebersihan alam seperti daur ulang. Seperti bisnis fashion Rumble miliknya, uang sebesar Rp 2 ribu disisihkan dari setiap produk yang dijual untuk mendukung kegiatan pelestarian alam dan mencegah kerusakan lewat Eco Defender.

BACA JUGA: Kisah I Gede Ari Astina, Drummer SID yang Sukses Sebagai Musisi, Pebisnis dan Inspiratif

Meski kerap memicu kontroversi di ruang publik, sosok Jerinx sukses menginspirasi banyak orang dengan ciri khas dan kerja kerasnya. Tak hanya sebagai seorang musisi yang selama ini melekat pada dirinya, tapi juga lewat beberapa bisnis dan kepeduliannya dengan gerakan sosial di masyarakat. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?