Kinerja bisnis dan sektor perekonomian Indonesia mengalami penurunan akibat dihantam pandemi Covid-19. Tak hanya dirasakan oleh karyawan di perusahaan, dampak yang sama juga dialami oleh para pengusaha. Salah satunya adalah pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, di mana bisnis properti miliknya sepi dari penyewa.

Hal ini diungkapkannya saat menjadi pembicara di Webinar Era Ascot Talk Show Hukum Restrukturisasi dan Kepailitan beberapa waktu lalu. Dikenal sebagai sosok pengacara yang sukses, Hotman Paris diketahui memiliki beberapa bisnis yang membuat pundi-pundi kantongnya semakin tebal. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Bisnis persewaan ruko

View this post on Instagram

Hasil bangun subuh jam 3 tiap hari! Orang Batak bilang "seperti rezeki pig di pagi subuh"! Saat banyak masih tidur dengan selingkuhannya tapi Hotman sudah berangkat kerja! Aku 10 tahun jadi asisten banyak lawyer bule dan 10 tahun Hotman jadi bosnya lawyer bule! Apakah salah aku beli mobil mewah dari hasil kerja kerasku? Kenapa anda bilang foolish? Setiap aku beli mobil mewah berarti miliyaran rupiah aku bayar pajak ke negara? Anda yg kritik aku udah berbuat apa ke negara? Aku sudah beli ratusan ruko di Prime Area di Jakarta artinya negara dapat uang pajak dari jual beli dan penjual dan dari sewa! Anda yg kritik pajak apa yg anda pernah bayar ke negara? Target aku punya 50 hotel villa di Bali ! Ini bukan sombong tapi menjawab kritikan sinis di comment ig ini! Minggu ini aku terbang dan terbang subuh cari uang! Anda yg kritik gimana? Binimu berapa? Kalau aku bisa jatuh miskin kalau istriku ceraikan aku karena semua ruko app hotel atas nama istri! Aku si anak kampung kerja 5 tahun cicil 18 lantai office mewah di SCBD dekat Mall PP semua atas nama istri dan anak! I like the art of working hard not the money! Pengakuan jujur: ratusan properti ku tapi aku ngak pernah sentuh uang hasil sewa! Semua di kelola istri! Aku sakit jiwa karena kepuasanku hanya kerja dan uang hasilnya beli properti tapi sesudah beli ngak perduli hasilnya berapa dimana! Semua dikasi mama si Ucok! Aku subuh ini terbang ke Bali ceramah dan debat di Bali tapi semua tiket transport hotel aku bayar sendiri! Aku bela Agus kasus pembunuhan Engeline Bali ada 30 kali terbang ke Bali semua aku bayar sampai banyak konglo marah karena waktu ku tidak ada untuk mereka! Uangku dari kerja keras bukan korupsi karena klien bayar atas prestasiku.

A post shared by Dr. Hotman Paris SH MH (@hotmanparisofficial) on

Hotman Paris diketahui memiliki 200-an ruko yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya, semua aset tersebut dikuasakan atas nama sang istri. Harga sewa pertahunnya dipatok sebesar Rp200 juta. Ini artinya, pengacara kondang tersebut mampu mengantongi omset hingga Rp40 miliar dari hasil sewa ruko-rukonya.

Persewaan villa di Bali

Selain menggeluti bisnis ruko, Hotman Paris juga menjadi pemilik dari 12 villa mewah yang tersebar di Bali. Salah satunya yang terkenal adalah The Cliff Hotman Paris VI Pandawa di Uluwatu, Bali yang disewakan dengan harga Rp29 juta untuk satu malam. Di daerah kelahirannya, Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara, Hotman juga tercatat sebagai pemilik Hotel Sere Nauli.

Profesi sebagai pengacara

View this post on Instagram

Top Singapore Magazine! Mr. Hot Hot Man.

A post shared by Dr. Hotman Paris SH MH (@hotmanparisofficial) on

Pengacara adalah profesi utama Seorang Hotman Paris hingga dirinya dikenal seperti saat ini. Kiprahnya mulai dikenal saat ia sukses menangani perkara sebuah perusahaan yang bangkrut semasa krisis moneter pada tahun 1998. Namanya semakin berkibar lantaran kerap menangani perkara hukum dari perusahaan-perusahaan besar dari dalam dan luar negeri.

Punya acara televisi sendiri

Ketenaran Hotman Paris yang telah merambah hingga ke sosial media, membuat dirinya dipercaya untuk menjadi pembawa acara di Hotman Paris Show yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta sejak akhir 2017 lalu. Di acara tersebut, Hotman memang dibayar mahal yang jumlahnya enggan diungkapkan ke publik.

Sosok Hotman Paris yang dikenal sebagai pekerja keras

Salah satu teladan dari seorang Hotman Paris adalah semangat bekerjanya yang sangat luar biasa. Ia kerap mengawali harinya dengan bangun subuh dan memulai kerja lebih pagi dari yang lainnya. Etos kerja semacam inilah yang membawanya sukses menjadi seorang pengacara handal.

BACA JUGA: 5 Teladan Hotman Paris Hutapea yang Bisa Kita Tiru Agar Ketularan Sukses dan Kaya Raya

Meski telah mapan sebagai seorang pengacara, Hotman Paris Hutapea tetap bekerja keras dengan menekuni bisnis untuk mempersiapkan masa pensiunnya di hari tua nanti. Tak hanya itu, etos kerjanya sebagai seorang profesional, bisa menjadi inspirasi dan teladan yang baik. Terutama untuk anak-anak muda.