Ketika ada orang yang menyayangi binatang, tentu akan memperlakukan makhluk tersebut dengan baik. Biasanya, mereka mengajak berbicara karena merasa si hewan tahu dengan bahasanya. Seperti ibu yang bernama Lydia asal Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini. Di kanal youtube Panji Petualang, ibu yang berprofesi sebagai peneliti ular tersebut mengaku bisa berbicara dengan hewan melata itu.

Mendengar hal ini, mungkin banyak dari Sahabat Boombastis yang tidak percaya. Ya masalahnya, bahasa hewan dan manusia jelas-jelas berbeda. Jadi, bagaimana mereka bisa saling mengerti satu sama lain? Eits, jangan salah Sahabat Boombastis, hal ini ternyata ada penjelasannya. Kalau tak percaya, coba tengok ulasan berikut.

Kegiatan ini ada istilahnya lho

Kebiasaan berbicara dengan hewan ternyata bukan hal yang aneh kok Sahabat Boombastis. Dalam suatu keilmuan, perbuatan manusia ini disebut dengan istilah antropomorfisme atau antropomorfisasi, seperti dilansir dari Quartz. Jadi, bisa dibilang kalau manusia yang suka berbicara dengan binatang itu bukan gila ya para pembaca.

Hal serupa juga dikatakan oleh Nicholas Epley, seorang profesor ilmu perilaku di University of Chicago. Menurutnya, itu merupakan sifat alamiah dari dari kecenderungan yang membuat manusia sebagai makhluk yang cerdas di planet ini. Sehingga, kebiasaan manusia yang berbicara dengan hewan tidak bisa dianggap sebagai tingkah kekanakan atau kebodohan.

Ada beberapa alasan mengapa manusia suka berbicara dengan hewan

Bukan hanya cinta binatang, ada alasan lain yang menyebabkan orang suka berbicara dengan hewan. Seperti manusia yang ingin berteman dengan binatang. Ya, ini memang terlihat aneh, namun setelah ditelusuri, ada banyak orang yang ingin berteman dengan hewan-hewan. Entah karena binatang itu memiliki bentuk yang lucu atau sekedar ingin mendapatkan teman bermain lain.

Ada banyak alasan mengapa manusia bicara dengan hewan [Sumber Gambar]
Lalu, alasan lainnya adalah rasa penasaran manusia terhadap binatang. Mungkin tentang kebiasaan si hewan atau ada hal unik lain yang bisa menarik perhatian manusia. Jadi, manusia bisa menjadi lebih aktif dalam mengajak bicara si binatang. Walaupun ia tahu kalau hewan tersebut kemungkinan tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan.

Inilah hewan-hewan yang memahami bahasa manusia

Kalau Sahabat Boombastis menganggap bahwa semua hewan bisa mengerti bahasa manusia, hmm… itu kurang tepat gengs. Sebab, dilansir dari kumparan.com, ada tiga hewan yang kemungkinan memahami bahasa manusia. Pertama adalah kuda yang menurut jurnal Applied Animal Behaviour Science, jika hewan ini bisa memberitahu pawangnya mengenai suhu tubuh mereka. Cara menelitinya adalah melatih kuda menggunakan sebuah papan untuk memberi tahu apakah mereka sedang kepanasan atau kedinginan.

Hewan yang memahami bahasa manusia [Sumber Gambar]
Kemudian yang kedua adalah anjing. Ini dibuktikan pada sebuah studi psikolog anak dari Central European University di Hungaria yang menemukan fakta bahwa kemampuan berkomunikasi anak bayi sama dengan kemampuan seekor anjing. Ditunjang sejumlah teknologi, peneliti menemukan fakta seekor anjing memiliki kemampuan berkomunikasi yang sama dengan anak berusia 6 bulan. Lalu yang terakhir ada kucing. Dilansir dari Mirror, dalam sebuah penelitian di Sophia University, Jepang, kucing menunjukkan respons dengan menggerakkan kepala atau telinga ketika nama dipanggil.

BACA JUGA : 10 Hal Luar Biasa yang Dilakukan Manusia Untuk Binatang

Itulah alasan mengapa ada orang suka berbicara dengan hewan. Ternyata, bukan karena iseng, melainkan ada beberapa alasan di baliknya. Entah dia penasaran, ingin berteman atau memang ia adalah seorang pecinta binatang. Jadi, semua orang bisa berbicara dengan hewan gengs, bukan karena halusinasi atau punya kelebihan.