Selain Karimunjawa, di Sini Kamu Juga Bisa Bermain dengan Anak Hiu, Liar Pula

oleh Alfry
03:30 AM on Jul 5, 2015

Takabonerate, nama ini mungkin tidak pernah terdengar lima tahun lalu, namun seiring dengan tersebarnya keindahan alam yang dimiliki, tiga tahun belakangan namanya mencuat menjadi salah satu destinasi wisata paling diburu terutama wisatawan mancanegara. Takabonerate sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Traveler bisa bermain dengan anak hiu liar di sana. Keren!

Kecamatan Takabonerate sekaligus ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1992. Menilik dari laman Departemen Kehutanan Republik Indonesia, Taman Nasional Takabonerate memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Sebesar 500 km persegi perairannya dipenuhi dengan terumbu karang yang menakjubkan.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Wisata Takabonerate [Image Source]
Wisata Takabonerate [Image Source]
Dari sekian banyak pulau yang menjadi cakupan Taman Nasional ini terdapat satu pulau yang mencuri perhatian dunia yakni Pulau Tinabo. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir ini diketahui bahwa pesisir pantai Pulau Tinabo dipenuhi dengan anak hiu liar. Berbeda dengan anak hiu di Karimunjawa yang berada di dalam penangkaran, hiu di Takabonerate ini liar.

Uniknya anak-anak hiu ini tidak takut dengan manusia bahkan mereka akan menyusul hingga perairan dangkal di tepi pantai. Menurut pengelola Taman Nasional, wisatawan yang ingin melihat anak hiu ini tinggal masuk ke dalam air kemudian membuat gerakan di dalam air tersebut. Dengan sendirinya anak ikan hiu tersebut akan datang menghampiri.

Anak hiu liar di Pulau Tinabo, Takabonerate [Image Source]
Anak hiu liar di Pulau Tinabo, Takabonerate [Image Source]
Anak-anak ikan hiu ini akan ada sepanjang tahun di sana tanpa mengenal perubahan cuaca dan tidak terpengaruh dengan musim migrasi. Mereka sangat sensitif dengan gerakan, sehingga setiap ada gerakan di dalam air mereka akan mengira terdapat banyak makanan sehingga datang menghampiri. Hal inilah yang akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke sana.

Sebagai buktinya pada tahun 2014 saja kawasan ini mengalami peningkatan kunjungan yang signifikan. Berdasarkan data dari Taman Nasional Takabonerate terdapat 2.016 kunjungan di mana sebagian besar berasal dari mancanegara. Ayo traveler Indonesia kita berkunjung ke Takabonerate, malu dong surga indah di negeri sendiri yang mengetahui malah orang asing!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA