5 Alasan Berkebun di Rumah Bisa Menyelamatkan Bumi dan Hidupmu

oleh Tetalogi
07:00 AM on Oct 4, 2015

Sebenarnya kita semua tahu apa manfaat tanaman bagi kehidupan manusia. Mulai dari sebagai sumber oksigen, atau memanfaatkan kayunya sebagai bahan membuat rumah atau barang-barang lainnya. Tapi terkadang kita tidak bisa melihat lingkup lebih kecil atau detail dari manfaat tanaman sehingga beberapa orang merasa menanam pohon di rumah cukup merepotkan dan membiarkan urusan penghijauan pada pemerintah.

Baca Juga : 5 Ikan Peninggalan Zaman Dinosaurus yang Masih Ada Sampai Sekarang

Baca Juga
15 Status Resolusi Suka-suka ala Netizen Indonesia, dari Realistis Hingga Bikin Ngakak
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas

Nah, agar tidak merasa kerepotan untuk menanam pohon, kita perlu tahu manfaat khusus tanaman bagi kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa alasan mengapa kita perlu menanam tanaman sendiri di rumah.

1. Udara Jadi Lebih Bersih

Tidak hanya menghasilkan oksigen, pohon juga mampu membuat udara jadi lebih bersih. Dedaunan pohon mampu menyaring udara kotor dan polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, pabrik, dan lain-lain. Itulah mengapa di kota sering dibuat lahan terbuka hijau. Selain untuk sarana rekreasi, sekaligus juga bisa menjadi usaha untuk mengurangi kadar polusi.

udara bersih [Image Source]
Udara bersih membuat kita lebih lega saat bernafas [Image Source]
Belakangan ini, banyak hutan kota yang mulai langka karena dipergunakan untuk bangunan lain. Tidak hanya itu saja, banyak juga kasus tentang penebangan liar atau kebakaran hutan. Hal ini tidak saja membuat pepohonan semakin sedikit, tapi dengan jumlah pohon yang semakin berkurang ini, maka udara yang kita hirup juga semakin tidak sehat. Saudara kita yang ada di Sumatera sekarang ini harus menderita karena musibah kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan di Riau yang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Nah, daripada menunggu pemerintah menanam pohon atau bergantung pada lahan terbuka hijau yang terletak jauh dari rumah, bukankah lebih baik jika punya pohon sendiri di halaman rumah? Dengan demikian, kita juga bisa menikmati udara yang lebih bersih dan nyaman di rumah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara
BACA JUGA