in

Terkuak! Inilah Alasan Mengapa Garam Haram Diperjualbelikan di Malam Hari

Indonesia memang tak pernah jauh dari yang namanya mitos. Entah masuk akal atau tidak, banyak orang yang mempercayainya. Salah satunya adalah tidak boleh menjual ataupun membeli garam pada malam hari.

Apa kalian pernah mendengar mitos ini? Mungkin sebagian dari Sahabat Boombastis yang merupakan generasi tahun 90-an tidak asing lagi dengan mitos tersebut. Namun sepertinya masih banyak yang belum tahu mengapa bumbu dapur tersebut tidak boleh dibeli pada saat malam hari. Nah, gimana kalau garam benar-benar dibutuhkan di malam hari? Bukan untuk memasak sih, mungkin berguna untuk hal lain. Seperti ngeracunin mantan mungkin, eh.

Tidak boleh beli garam pada malam hari [Sumber Gambar]
Lanjut lagi ke masalah tidak boleh menjual atau membeli garam di malam hari yang sunyi sepi. Beberapa orang menyebutkan kalau garam yang diperdagangkan pada malam hari itu dianggap ingin mengirim santet kepada orang lain. Nah lho, kok bisa? Iya, karena garam merupakan salah satu benda yang sering kali dipakai untuk kegiatan ilmu hitam. Maka dari itu, setelah maghrib, orang yang berjualan garam akan menolak memberikan bumbu dapur tersebut untuk dibeli. Para pedagang lebih memilih untuk beralasan habis ketika ada yang membelinya.

Dianggap sebagai benda santet [Sumber Gambar]
Lain halnya untuk para pembeli. Jika mereka nekat untuk membeli bumbu dapur dengan rasa asin tersebut di malam hari, siap-siap digosipin orang sekampung deh. Apalagi kalau si penjual garam mulutnya macam akun lambe-lambean, wah dalam satu detik nama kalian bakal tercoreng. Ditambah lagi kalau kalian membelinya dengan cara memaksa, ya sudah, siap-siap aja jadi trending topic nomor satu in your kampung. Nah, untuk jual beli yang haram dilakukan pada malam hari ini juga berlaku pada benda lain nih Sahabat Boombastis. Seperti silet dan jarum yang juga dianggap sebagai benda perantara santet.

Bisa mengundang hantu tanpa kepala [Sumber Gambar]
Lalu selain dianggap sebagai benda perantara santet, garam tidak boleh digunakan untuk apapun pada malam hari karena bisa mengundang datangnya hantu. Eits.. tapi untuk yang satu ini hanya dengan cara tertentu ya. Caranya, bawa garam tersebut ke kuburan dan berbicaralah layaknya penjual bumbu dapur tersebut. Nah, tak berapa lama kalian akan didatangi oleh sesosok hantu yang membawa kepala di tangannya.

Itulah tadi mitos tentang garam yang tidak boleh diperjualbelikan ketika malam hari. Namun, mitos satu ini masih belum pernah dibuktikan kebenarannya hingga saat ini. Tapi untuk percaya atau tidaknya, kami serahkan saja kepada Sahabat Boombastis sekalian. Sebab, setiap orang pasti memiliki pemikiran yang berbeda tentang mitos jual beli garam pada malam hari ini.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Mobil Nasional Buatan Indonesia yang Kini Hanya Tinggal Kenangan, Esemka Harus Berkaca

4 Fakta Korea Selatan Zaman Dulu yang Ternyata Lebih Miskin Daripada Indonesia