BBM Naik, IHSG Justru Menghijau

oleh didi
09:22 AM on Nov 19, 2014

Jakarta — Para pelaku pasar merespons positif kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Di awal perdagangan saham, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Selasa (18/11) bergerak di zona hijau dan juga mengikuti laju bursa saham Asia.

IHSG dibuka naik 23,16 poin ke posisi 5.077,1. Indeks saham LQ45 melonjak 0,67 persen menjadi 873,04. Seluruh indeks saham acuan menghijau. Penguatan indeks saham tersebut ditopang dari 110 saham menghijau, sedangkan 24 saham melemah. Ada 63 saham lainnya diam di tempat.

Baca Juga
5 Bahaya Menakutkan Mabuk Pakai Obat Batuk Dioplos Durian, Awas Klenger!
Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap

BBM Naik, IHSG Justru Menghijau
BBM Naik, IHSG Justru Menghijau

Sektor saham consumer goods memimpin penguatan dengan naik 0,95 persen, disusul oleh sektor saham industri dasar menguat 0,81 persen dan sektor saham keuangan mendaki 0,79 persen.

Saham-saham yang mencatatkan top gainer dan penggerak indeks saham antara lain saham SIAP naik 4,41 persen ke level Rp 237 per saham, saham ELSA menguat 3,42 persen ke level Rp 605 per saham, dan saham ADHI naik 2,12 persen ke level Rp 2.655 per saham.

Sementara itu, saham-saham yang menekan indeks saham antara lain saham ADMF turun 3,27 persen ke level Rp 7.400 per saham, saham SRIL tergelincir 2,53 persen ke level Rp 154 per saham, dan saham ISAT melemah 1,88 persen ke level Rp 3.140 per saham.

Saham-saham yang membuat IHSG menguat berdasarkan rata-rata tertimbang diantaranya saham Unilever Indonesia (UNVR) yang naik 1,77 persen pada level Rp 31.600, Gudang Garam (GGRM) menguat 3,70 persen ditutup pada harga Rp 62.425, Bank BCA (BBCA) naik hingga 1,55 persen ditutup pada level Rp 13.100, saham Charoen Pokphand (CPIN) menguat 3,29 persen ditutup pada level Rp 3.930, saham Astra Internasional (ASII) yang positif 1,05 persen pada harga Rp 7.200.

Sedangkan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot juga menguat di bawah level 12.200, merespon kenaikan harga BBM. Rupiah menguat ke posisi 12.136 per dollar AS atau naik 0,57 persen dibanding penutupan kemarin pada 12.205.

Analis saham Ascend, Agus Santoso, mengatakan IHSG menguat pasca pemangkasan BBM bersubsidi dengan didorong oleh sektor konsumer, diikuti sektor industri dasar dan penguatan terjadi pada semua sektor dalam perdagangan kali ini.

Kenaikan BBM justru direspon positif pasar karena dinilai sebagai keseriusan pemerintah terhadap reformasi kebijakan pemerintah dengan mengalihkan beban belanja negara ke sektor lain seperti infrastruktur dibandingkan sektor konsumtif seperti BBM.

Dalam transaksi hari ini, volume perdagangan tercatat 6,31 miliar saham ditransaksikan dengan nilai mencapai Rp 5,33 triliun dan investor asing dalam perdagangan mencatatkan pembelian bersih hingga Rp 44 miliar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA