7 Hal Ajaib ini Bisa Dilakukan Bayi Tanpa Disadari Oleh Orangtuanya

oleh Adi Nugroho
14:03 PM on Jan 29, 2016

Yang kita tahu bayi tidak bisa melakukan apa-apa selain menangis saat lapar, atau tertawa jika kita menggodanya. Selain itu bayi mungkin pandai tidur, suka mengompol dan mengamuk jika disuapi makanan. Well, mari sejenak melupakan hal biasa yang sering dilakukan oleh bayi itu. Sekarang coba perhatikan hal ajaib yang bisa dilakukan oleh bayi-bayi ini.

Ternyata mereka tak hanya mampu menangis jika lapar saja. Banyak hal yang secara tidak sadar bisa dilakukan oleh bayi tanpa diketahui oleh orang tuanya. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

1. Luka Sembuh Tanpa Ada Bekasnya

Anda mungkin pernah melihat film yang isinya seorang makhluk yang bisa menyembuhkan diri dengan cepat. Mereka biasanya golongan vampir atau makhluk fantasi lain yang katanya memiliki keabadian. Oh ya, untuk masalah penyembuhan luka yang cepat, dan tanpa bekas bayi bisa melakukannya dengan sempurna. Bahkan banyak dokter kagum dengan kemampuan ini.

Luka bisa sembuh tanpa ada bekas [image source]
Luka bisa sembuh tanpa ada bekas [image source]
Seorang bayi yang masih kecil dan mengalami luka sayatan di kulit akan mengalami penyembuhan yang cepat. Tak hanya tulang saja, tulang pun juga begitu. Patah tulang bisa disembuhkan dengan cepat dan tanpa adanya cacat sedikit pun. Hebat sekali kan?

2. Memahami Teori Peluang

Untuk memahami risiko dari suatu hal, manusia harus mampu memprediksi seberapa besar peluang baik atau buruk yang terjadi. Misal dihadapkan pada pilihan pekerjaan kantoran dan pekerjaan sebagai wiraswasta. Sebelum memilih antara dua hal itu manusia harus bisa menimang mana saja yang memiliki kemungkinan baik besar dan bisa dipilih untuk menunjang masa depan.

Bayi memahami teori peluang [image source]
Bayi memahami teori peluang [image source]
Teori tentang peluang atau probability sederhana ternyata bisa dipahami oleh bayi berumur 8 bulan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas British Columbia membuktikan jika bayi yang di depannya diberi beberapa kotak berisi bola pingpong. Saat bayi melihat bola diletakkan ia akan memilih kota secara presisi. Namun saat ia tak melihatnya ia jadi bingung dan sedikit berpikir di mana letak bola berada. Ia berpikir sebuah kemungkinan secara tidak langsung meski terlihat biasa.

3. Memahami Arti Sebuah Keadilan

Keadilan telah lama menjadi hal yang sangat langka di bumi ini. Banyak manusia berlaku tidak adil hanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Sebut saja dalam pengadilan di Indonesia. Ketidakadilan banyak sekali bermunculan di sini dan akhirnya membuat semuanya jadi kacau. Oh ya korupsi juga wujud dari ketidakadilan juga.

Bayi memahami keadilan [image source]
Bayi memahami keadilan [image source]
Bayi berumur di bawah satu tahun ternyata sudah mengetahui apa itu keadilan. Saat saudaranya diberi satu suapan makanan maka ia akan meminta satu. Namun saat saudaranya diberi dua suapan dan ia tetap satu suapan, maka bayi akan mengamuk dan minta diberi suapan lagi. Dari sini saja sudah membuktikan jika bayi tahu apa itu konsep keadilan meski sangat sederhana.

4. Gemar Melakukan Eksperimen

Sejak kecil sebenarnya manusia gemar sekali melakukan eksperimen. Mereka akan melakukan hal-hal sederhana dari hasil pengamatan. Dari eksperimen itu bayi akan memahami hal-hal yang sebelum tidak ia ketahui dan orangtua belum mengajari hal itu kepadanya.

Bayi gemar sekali melakukan eksperimen [image source]
Bayi gemar sekali melakukan eksperimen [image source]
Misal bayi melempar sebuah bola di lantai. Ia akan mengamati jika bola itu memantul dan menggelending. Selanjutnya ia akan melempar lagi dengan kekuatan yang lebih besar, dari sana bola memantul dengan lebih keras. Dari sini bayi bisa memahami jika bola bisa memantul jika dilempar dan jika menggunakan tenaga yang lebih bola akan memantul lebih tinggi.

5. Mengerti Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah hal yang sangat penting bagi semua manusia. Tak terkecuali bayi yang masih sangat kecil dan belum bisa melakukan apa-apa. Ternyata, bayi yang baru berumur beberapa hari sudah bisa melakukan interaksi sosial dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Mengerti interaksi sosial [image source]
Mengerti interaksi sosial [image source]
Misal saat ayah atau ibu melakukan cilukba, bayi akan meresponsnya dengan tersenyum atau memberikan suara. Selain itu saat diajak bicara bayi juga akan berusaha menanggapi meski hanya dengan memegang tangan atau mengganti ekspresi wajahnya.

6. Belajar Bahasa Sejak Dalam Kandungan

Belajar bahasa dari dasar hingga mahir membutuhkan banyak sekali waktu. Tak hanya setahun dua tahun saja, bahkan seumur hidup. Namun, seorang bayi ternyata bisa belajar bahasa sejak ia berada di dalam kandungan. Saat ibunya berbicara ia mendengar dan memahami kata-kata meski tak paham artinya.

Belajar bahasa sejak dalam kandungan [image source]
Belajar bahasa sejak dalam kandungan [image source]
Dari sebuah penelitian yang dilakukan, seorang bayi yang baru lahir sekitar 30 jam ternyata mampu merespons kata-kata dari ibunya. Hal itu dipantau juga melalui komputer dan diketahui adanya perbuahan pada gelombang otaknya. Ternyata, sejak dalam kandungan ia telah belajar bahasa dan tahu jika orang-orang yang berbicara di sekitarnya adalah ibu atau ayahnya.

7. Mendengarkan Semua Frekuensi Suara Secara Bersamaan

Kita mungkin mengira jika panca indera pada bayi belum bekerja dengan sangat baik. Seiring berkembangnya waktu baru indera itu berkembang dengan baik termasuk indera pendengarnya. Namun, saat masih bayi sebenarnya manusia memiliki pendengaran yang super tajam. Bahkan mampu mendengar semua frekuensi bunyi yang ada.

Mendengarkan Semua Frekuensi Suara Secara Bersamaan [image source]
Mendengarkan Semua Frekuensi Suara Secara Bersamaan [image source]
Beberapa kelompok ilmu melakukan sebuah penelitian dan didapat fakta jika bayi memiliki range dengar yang tinggi. Sayangnya range itu lambat laun menipis seiring bertambahnya usia. Makin tua sense mendengar akan semakin anjlok.

Inilah tujuh hal ajaib yang bisa dilakukan oleh bayi namun orangtuanya tidak mengerti. Bayi bukanlah seorang yang hanya bisa menangis dan tertawa jika digoda. Ia hanya manusia kecil yang ingin belajar banyak hal. Bukan begitu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA