Warga di salah satu desa di Sulsel beberapa waktu yang lalu dibuat geger dengan adanya fenomena batu jadi emas. Meski pun kelihatan mustahil namun nyatanya ada yang benar-benar dapat rezeki dari sana. Alhasil kejadian ini pun ramai dibicarakan di dunia nyata maupun maya.

Namun demikian, tentunya jadi pertanyaan kenapa hal itu terjadi dan apakah penduduk di sana kini kaya semua karena emas itu. Apalagi mengingat harga emas yang saat ini lumayan tinggi tentunya banyak yang tajir mendadak. Simak ulasan berikut untuk mengetahui kebenarannya.

Tanah yang dicelup jadi emas bikin netizen menyerbu

Beberapa waktu yang lalu sepertinya warga Desa Tapa Aog, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara dikejutkan dengan fenomena yang tak biasa. Pasalnya ada seseorang warga desa yang mengaku menemukan sebuah emas. Padahal di desa itu sendiri sejak dulu jarang diketahui adanya tambang emas.

Bukit mengandung emas [sumber gambar]
Pun demikian dengan emas yang didapat ternyata tidak diperoleh dengan cara biasa melainkan dari sebuah batu yang dicelupkan dalam air. Barulah dari tanah dan batu itu muncul benda berkilau yang diperkirakan adalah sebuah emas. Bukan sekali, namun sudah berkali-kali orang juga menemukannya.

Berawal dari satu orang hingga ke desa sebelah

Cerita mengenai batu yang jadi emas ini sebenarnya berasal dari salah satu warga kampung di sana. Dilansir dari Dream, warga kampung itu membawa sekarung batu dari bukit di sana dan merendamnya semalaman di dalam air. Keesokan harinya siapa sangka dirinya mendapatkan emas 2 gram dan berniat untuk menjualnya.

Banyak dikunjungi [sumber gambar]
Setelah itu pria tersebut menceritakan kisahnya pada warga kampung, alhasil banyak orang yang ingin mendapatkan peruntungan seperti dirinya. Kabar mengenai batu di bukit yang direndam akan jadi emas itu pun sampai di telinga warga sebelah hingga akhirnya banyak yang ikut datang ke sana.

Tanah segera ditutup karena bukan milik umum

Sebenarnya bukit yang dibilang batunya mengandung emas itu sejatinya masih wilayah perkebunan milik perorangan. Ketika sang penjaga kebun mengetahui banyak orang yang datang ke sana, dirinya segara memberitahukan hal itu pada sang pemilik.

Batu kandungan emas [sumber gambar]
Bersama dengan pihak berwajib, dirinya datang ke sana untuk mengamankan bukit tersebut. Alhasil tanah perkebunan itu dipagari agar tidak ada lagi warga yang mencoba mengambil tanah tanpa minta izin. Sejatinya sudah ada satu orang yang berhasil diamankan oleh pihak kepolisian karena kedapatan mengambil batu tanpa izin. Dirinya ditangkap beserta barang bukti sekarung tanah dan sepeda motor.

Emas yang memang banyak ditemukan di Sulsel

Meskipun belum ada lagi orang yang berhasil dapat emas dari bebatuan dan tanah di sana itu, akan tetapi tidak menapik fakta kalau ada tambang emas di Sulsel. Dilansir dari Kompas bahkan di sana sejatinya ada potensi emas besar yang sampai hari ini masih belum dieksplorasi. Pemerintah sedang memikirkan jalan paling baik agar sumber daya alam milik negeri itu tidak dieksploitasi oleh pihak-pihak luar.

Ilustrasi emas [sumber gambar]
Mengingat dalam kejadian-kejadian sebelumnya banyak sumber daya Indonesia yang banyak diambil luar. Apalagi mengingat kalau potensi emas di Sulsel tidak hanya terbatas dalam satu tempat saja  dan tersebar di sejumlah kabupaten. Seandainya semua dieksplorasi maka bisa bikin sejahtera bangsa ini.

BACA JUGA: Inilah 4 Fakta Emas Soekarno yang Banyak Disebut Dijual dengan Harga Mahal, Benarkah?

Meskipun masih baru satu orang saja, namun hal itu jadi bukti kalau tanah Indonesia memang kaya. Namun demikian, lantaran tanah yang ada di sana bukan untuk umum maka mesti ada izin dulu. Jangan sampai melanggar hak orang lain yang akhirnya malah masuk bui.