in

Batalyon Raider, Pasukan Elit Indonesia yang Jarang Disebut tapi Tak Kalah Gahar

Pasukan dengan latihan terberat [Image Source]

Dibandingkan dengan pasukan elit Indonesia yang lain, pamor Batalyon Raider memang tak pernah lebih mentereng. Apalagi ketika pemberitaan soal kehebatan Denjaka dan Sat-Bravo naik, semua orang pun ramai membicarakannya. Memang tidak begitu dikenal, tapi kalau soal kemampuan, para anggota Raider ini juga luar biasa.

Tak hanya menguasai Tri Matra alias kemampuan bertempur darat, laut, udara, pasukan Raider juga dibekali dengan kelebihan lainnya. Mulai dari antiterorisme sampai pertempuran berlanjut yang memakan waktu berhari-hari. Tak hanya itu, pasukan satu ini juga dikenal sangat tidak takut mati. Suatu ketika Pak Menhan Ryamizard pernah berkata di depan pasukan elit ini, “Kalau boleh, Raider ini harus harakiri saja. Sanggup?” Kemudian para Raider pun kompak menjawab, “Sanggup!” Ini jadi bukti kalau Raider berani mati.

Nah, lebih dalam soal Batalyon Raider, berikut adalah fakta-fakta yang mungkin belum banyak diketahui tentang pasukan elit satu ini.

Kemampuan Sangar Para Raider

Sama seperti pasukan elit lainnya, soal kemampuan, para Raider ini juga sangat mematikan. Secara umum mereka menguasai Tri Matra alias keahlian berperang di tiga wilayah, yakni darat, laut, dan udara. Kemudian secara khusus, pasukan elit ini menguasai berbagai skill khas yang menakutkan.

Kemampuan hebat Raider [Image Source]
Kemampuan hebat Raider [Image Source]
Misalnya adalah operasi tempur lanjut atau semacam perang yang durasi waktunya sangat lama, gerilya dengan mobilitas tinggi, dan pertempuran jarak dekat serta anti terorisme. Pasukan ini juga sangat kuat dan diklaim tiga kali lebih greget dari tentara biasa.

Pasukan Elit dengan Latihan Paling Berat

Kemampuan mematikan yang dimiliki oleh Raider tentu tidak muncul sendiri, melainkan melalui proses latihan yang sangat berat. Memang, soal latihan, Raider ini sering dianggap sebagai pasukan yang paling sengsara trainingnya. Bahkan pernah suatu ketika pasukan Amerika sampai terbengong-bengong melihat latihan para Raider.

Pasukan dengan latihan terberat [Image Source]
Pasukan elit dengan latihan terberat [Image Source]
Pada umumnya, latihan untuk menjadi Raider dilakukan selama 84 hari. Dan dalam jangka waktu itu, mereka dididik dengan sangat keras melalui banyak tahap. Setidaknya ada tiga jenis tahap yang mereka harus jalani. Yakni, basis alias pertempuran kota dan jarak dekat, lalu tahap gunung di mana mereka dipaksa untuk survival tanpa bekal makanan, serta tahan rawa laut. Latihan ini bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Berjumlah Banyak dan Semuanya Mematikan

Tak seperti pasukan elit lainnya yang jumlahnya sangat terbatas, Raider ini kuantitas anggotanya cukup banyak. Diketahui sekarang ini TNI memiliki ratusan Raider. Tapi, meskipun melimpah, namun kemampuan para Raider ini mematikan.

Raider, banyak dan mematikan [Image Source]
Raider, banyak dan mematikan [Image Source]
Raider sendiri memang dibuat banyak karena mereka diposisikan di garda depan. Sehingga jika terjadi pertempuran akan bisa menggebrak musuh lebih dulu. Meskipun begitu, Raider sendiri juga sangat bisa digunakan pada operasi-operasi sunyi dengan anggota yang sedikit. Pasukan satu ini memang serba guna dan melengkapi.

Memiliki Unit Spesial dengan Kemampuan Khusus

Hal yang unik dari Raider adalah tak semua pasukannya punya keahlian serupa. Meskipun latihannya sama-sama, pada akhirnya banyak anggota Rider yang memiliki semacam spesifikasi kemampuan yang khusus. Misalnya kemampuan khas anti teror, gerilya dan lain sebagainya.

Kemampuan khusus anggota Raider [Image Source]
Kemampuan khusus anggota Raider [Image Source]
Untuk pasukan Raider yang khusus ini, diperkirakan jumlahnya sangat terbatas. Mungkin hanya sekitar 50 saja di setiap angkatan. Kehadiran mereka yang berkemampuan khusus ini sangat membantu Raider secara keseluruhan.

Prestasi Membanggakan Raider

Dibentuk pada tahun 2003, tentu Raider sudah banyak diterjunkan dalam misi-misi yang berbahaya. Sayangnya, misi-misi yang mereka jalannya sifatnya rahasia dan tidak untuk diketahui oleh publik. Namun, ada satu prestasi Raider yang bisa diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Raider bekuk kelompok santoso [Image Source]
Raider bekuk kelompok santoso [Image Source]
Ya, hal tersebut tak lain adalah misi pemburuan kelompok Santoso beberapa waktu lalu. Diketahui, para Raider lah yang berhasil membekuk kelompok yang dianggap teroris ini. Seperti yang kamu tahu, perburuan grup satu ini memakan waktu sampai berbulan-bulan dan sangat sulit. Hingga pada akhirnya para Raider sukses menaklukkan mereka.

Mungkin Raider tidak begitu dikenal jika dibandingkan dengan Denjaka, Paskhas, dan yang lainnya. Tapi, soal kemampuan jangan ditanya. Raider juga greget dan sangat mematikan. Kita harus berterima kasih pula dengan adanya Raider, karena mereka juga dikenal sebagai satuan yang paling aktif memberangus ancaman di negeri ini.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Tanpa Senjata Bersejarah Ini Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Akan Berjalan Seret

Inilah 5 Hal Seputar Indonesia Yang Terkenal di Jepang