Bagasi yang ada di motor pasti digunakan para pengendara untuk menyimpan barang-barang miliknya. Mulai dari jas hujan, alat make-up bahkan ponsel pun disimpan di sana. Mereka menggunakan bagasi karena dinilai lebih praktis daripada harus menenteng tas yang bisa mengundang kejahatan. Namun sebenarnya menyimpan barang di dalam bagasi bukan hal yang aman untuk dilakukan lho.

Aman maksudnya bukan terhindar dari kejahatan, melainkan karena bisa menyebabkan motor meledak atau semacamnya. Itu dikarenakan ada beberapa barang di bagasi yang memicu percikan api dari bensin. Tak hanya itu saja, ada benda-benda lain yang bisa membuat motor tidak bekerja normal seperti biasanya. Jadi, barang apa sajakah itu?

Jangan letakkan gadget di jok motor [Sumber Gambar]
Barang pertama yang tidak boleh diletakkan pada bagasi adalah smartphone. Mungkin kalian berpikir bahwa itu hanyalah isapan jempol belaka. Padahal, berita ini ada benarnya lho sehingga tidak sepenuhnya kabar tersebut adalah hoax. Smartphone bisa meledak karena letak bagasi yang berdekatan dengan mesin motor. Nah, secara tidak langsung bagasi akan panas dan diikuti oleh ponsel. Jadi, bisa saja smartphone akan meledak sewaktu-waktu jika panasnya sudah melebihi batas.

Lalu, benda selanjutnya yang tidak disarankan untuk disimpan dalam bagasi adalah parfum. Nah, barang pengharum badan satu ini memanglah sangat berbahaya jika dimasukkan ke bagasi. Alasannya karena parfum sangat mudah menguap dan bisa memicu bensin yang ada di motor untuk memercikkan api. Kalau parfum sudah menguap, bisa-bisa motor kalian akan terbakar secara tiba-tiba. Pasti kalian enggak mau kan, motor terbakar dan harus beli parfum lagi hanya gara-gara ini?

Jangan letakkan peralatan make up di bagasi motor [Sumber Gambar]
Barang lainnya yang tidak boleh ada di bagasi motor adalah peralatan make-up. Benda yang sering dibawa oleh para wanita tersebut dikhawatirkan bisa meleleh akibat panas dari bagasi. Kalau sudah meleleh, bisa jadi peralatan make up tersebut dapat meluber ke dalam mesin sehingga bisa menyebabkan kerak. Bukan hanya itu, benda tersebut yang pasti mengandung bahan kimia akan merusak bagian motor jika tidak sengaja masuk ke dalam mesin. Kalau sudah begitu, pasti keluar biaya lagi kan?

Oleh karena itu, mulai sekarang kalian harus memperhatikan barang-barang apa saja yang tidak boleh diletakkan pada bagasi motor. Ya, walaupun kalian menggunakan motor hanya sebentar, tidak menutup kemungkinan barang-barang tersebut bisa membuatmu celaka kapan saja. Jangan pernah sepelekan hal ini ya karena hal tersebut juga demi keselamatan kalian di jalan.