10 Bangunan Modern di Malang, Dulunya Tempat Apa Ya?

oleh Tetalogi
10:00 AM on Oct 17, 2015

Kota Malang sudah berdiri sejak sebelum zaman penjajahan. Seiring dengan masuknya VOC ke wilayah Malang dalam usahanya untuk menangkap para pemberontak, maka kota ini pun akhirnya dikembangkan menjadi sebuah tempat tinggal yang nyaman mengingat cuaca kotanya yang sejuk.

Baca Juga : Mengulik Sejarah Kota Malang di Era Kolonial

Baca Juga
5 Rumah Pohon Cantik Nan Spektakuler di Malang-Batu Ini Bakal Membuatmu Bak Berdiri Di Atas Awan
Miliki Fasilitas Bintang 5, Masjid di Lamongan Ini Mendadak Banyak Fans

Nah, karena sudah dibangun sejak zaman dulu, maka tidak heran kalau ada banyak bangunan tua yang masih bisa ditemukan di kota Malang. Yah, meskipun sebagian sudah banyak yang tergantikan oleh bangunan modern sih. Tapi, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya beberapa bangunan di kota Malang itu dulunya apa? Berikut ini ulasannya.

1. Rumah Sakit Saiful Anwar

Setelah kemunduran kerajaan Mataram, maka Belanda lewat VOC mulai menguasai kota Malang. Nah, untuk mempertahankan kota Malang, maka didirikanlah sebuah benteng pertahanan atau loji. Dari kata Loji ini kemudian sering pula disebut dengan kelojian. Dari sinilah nama Klojen terbentuk.

Rumah Sakit Saiful Anwar [Image Source]
Rumah Sakit Saiful Anwar ini dulunya adalah benteng Belanda [Image Source]
Benteng pertahanan ini didirikan di tempat yang kini menjadi Rumah Sakit Saiful Anwar atau RSSA di daerah Klojen. Selanjutnya, bangunan ini menjadi rumah sakit militer tentara Belanda dengan nama rumah sakit Celaket.

Rumah sakit Saiful Anwar yang dulunya dibuat rumah sakit militer Belanda
Rumah sakit Saiful Anwar yang dulunya dibuat rumah sakit militer Belanda [imagesource]
Itulah mengapa sampai sekarang masih banyak yang menyebut rumah sakit ini sebagai Celaket. Pada masa penjajahan Jepang, rumah sakit ini diambil alih oleh Jepang dan fungsinya tetap sebagai rumah sakit militer. Barulah pada tahun 1947 dijadikan rumah sakit umum dan rumah sakit militer pindah ke Sukun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA