in

4 Bangunan di Luar Negeri yang Dibangun untuk Menghormati Tokoh Penting Indonesia

Menjadi salah satu tokoh penting dan pahlawan bangsa tentunya bukan hal mudah. Banyak pengorbanan yang mesti dilakukan. Mulai dari waktu dan fisik pun mesti dipertaruhkan demi negara. Oleh sebab itu, tentunya untuk menghormati jasanya mereka dibuatkan monumen atau bangunan khususnya agar diingat hingga kelak.

Soal bangunan untuk pahlawan, hal seperti ini tentu juga ada di luar negeri. Tapi tahu kah kamu beberapa bangunan pahlawan di luar sana ternyata adalah untuk menghormati pahlawan kita. Tentu hal semacam ini membanggakan ya. Serta jadi bukti kalau pahlawan kita juga menginspirasi dunia. Lalu siapa saja para pahlawan beruntung ini? Simak ulasannya berikut.

Masjid Soekarno yang berdiri megah di Rusia

Umumnya para pahlawan Indonesia agar tidak dilupakan maka penamaan jalan atau bangunan bersejarah menggunakan nama mereka. Yang itu memang lazim, namun bagaimana kalau bangunan luar negeri pun juga menggunakan nama pahlawan Indonesia?

Masjid Soekarno [sumber gambar]
Ya itulah masjid Soekarno yang ternyata ada di Rusia sana. Tepatnya di St Petterburg, masjib berkubah biru megah ini sejatinya sudah ada sejak lama. Namun dulu sempat tidak mendapatkan perawatan bahkan jadi gudang. Ketika Soekarno datang ke Rusia sana, beliau merasa tergerak untuk menghidupkan kembali masjid di negeri beruang merah itu. Hingga akhirnya sampai saat ini masjid di Rusia ini juga dikenal dengan nama Soekarno.

Soeharto juga punya masjid sendiri di Bosnia

Seolah mengikuti jejak Soekarno, ternyata presiden kedua Indonesia Soeharto juga namanya dipakai untuk penghormatan sebuah masjid di Bosnia. Awal mula penamaan masjid ini dikarenakan adanya konflik di sana. Ya, waktu itu Indonesia sebagai salah satu negara non-blok yang melakukan kunjungan ke daerah konflik di sana.

Masjid Soeharto [sumber gambar]
Waktu itu pula Presiden Soeharto bahkan berani melakukan kontrak mati karena ada kemungkinan tidak selamat karena konflik. Namun beruntung presiden kedua Indonesia ini bisa kembali ke tanah air dengan selamat. Untuk menghormati keberanian beliau, maka dibangunlah sebuah masjid dan akhirnya diberi nama Soeharto.

Megawati dan sebuah kebun raya sama dengan namanya

Presiden ke lima Indonesia sepertinya juga mendapatkan kesempatan yang sama di mana nama beliau juga diabadikan di luar negeri. Bukan lagi masjid seperti pendahulunya, namun kali ini sebuah kebun raya di Korea Selatan diresmikan dengan memakai nama beliau.

Kebun raya Megawati [sumber gambar]
Ya, bertempat di Pulau Jeju kebun raya ini jadi salah satu ‘paru-paru’ agar udara Korea tetap segar. Penamaan ini juga tidak sembarangan, pasalnya selain Megawati merupakan salah satu mantan presiden Indonesia, beliau juga menjabat sebagai ketua umum yayasan kebun raya Indonesia. Oleh sebab itu, adalah momen yang pas untuk memberi nama beliau untuk kebun yang baru ini.

Patung Sudirman yang berdiri kokoh di Jepang

Jepang mungkin jadi salah satu negara maju, namun ternyata di sana pahlawan Indonesia juga dihormati loh. Dia adalah sang Jenderal Sudirman yang ternyata sampai dibangunkan sebuah monumen patung di ibukotanya, Tokyo. Bukan tanpa alasan pembangunan monumen patung ini, lantaran adanya hubungan kerja sama antara kedua negara.

Patung Sudirman [sumber gambar]
Selain itu, kalau ditinjau dari sejarah maka Sudirman adalah salah satu jenderal yang memimpin PETA, pasukan yang juga bentukan Jepang saat di Indonesia. Dan karena jasa beliau lah Indonesia waktu itu jadi aman dari serangan dari luar sana. Oleh sebab itu Soedirman dianggap pahlawan dari dua negara.

Adanya beberapa tokoh asli Indonesia yang punya monumen atau bangunan sendiri di luar negeri ini membuktikan betapa dihormatinya kita. Ya, oleh sebab itu tentunya hal itu masih belum cukup karena masih banyak prestasi yang bisa terus diraih. Bukan hanya dari para elitnya, namun penduduk biasa punya kesempatan yang sama.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

NON KPOP FANS REACT TO MAKNAE & OLDEST MEMBER [BTS, EXO, BIGBANG, SUPER JUNIOR]

4 Fakta Gregetnya Kota Boyolali yang Sampai Dijuluki New Zealand-Nya Indonesia