in

4 Tempat Ini Sering Dikaitkan dengan Hal Mistis, Padahal Kenyataannya Aman-aman Saja

Setiap tempat indah pasti memikat untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Namun, tak jarang di balik keindahan selalu saja ada mitos tersembunyi. Entah itu pendapat tentang hal mistis, penunggu, dan semacamnya. Tempat berikut ini adalah lokasi familiar di mana sering dikaitkan dengan hal yang berbau mistis.

Padahal jika mau ditelusuri secara pasti, ada yang hanya sebatas mitos dan sudah tak banyak keanehan. Sebut saja Lawang Sewu di Semarang, bangunan bergaya Eropa yang berdiri kokoh dan megah. Selain Lawang sewu, tempat berikut –yang sebenarnya aman-aman saja- juga sering dikaitkan dengan hal berbau mistis.

Lawang Sewu, bangunan gaya Eropa di Semarang

Siapa yang tak mengenal Lawang Sewu, bangunan yang megah berdiri di Kota Semarang ini dibangun pada masa penjajahan Belanda. Bergaya khas bangunan Eropa, Lawang Sewu dulunya difungsikan sebagai kantor perusahaan kereta api terbesar Hindia Belanda. Pada era 80-an, gedung ini juga pernah ditempatkan oleh anggota TNI angkatan darat, namun setelah ditinggalkan gedungnya menjadi kumuh dan tak terurus.

Lawang Sewu Semarang [Sumber gambar]
Karena hal itulah, ada anggapan bahwa Lawang Sewu memiliki aura mistis. Setelah proses renovasi dan pemugaran pada tahun 2009, ada peraturan tertulis untuk tidak lagi menceritakan hal-hal seram kepada para pengunjung. Ya, karena memang pada dasarnya Lawang Sewu tidaklah angker seperti perkiraan banyak orang.

Jembatan dan area makan di Kebun Raya Bogor

Di balik keindahan Kebun Raya Bogor, ada banyak mitos tersembunyi yang diyakini memiliki nilai keangkeran. Memang, di salah satu sudut taman wisata ini ada peristirahatan terakhir salah satu istri Prabu Siliwangi, yaitu Ratu Galuh beserta kedua patihnya. Nah, makam-makam kuno ini konon dijaga oleh harimau putih serta dipercaya bisa mengabulkan permintaan para pengunjung melalui jalan tawassul. Serta ada lagi jembatan berpenghuni yang bisa membuat sepasang kekasih putus jika melewatinya.

Komplek pemakaman di Kebun Raya Bogor [Sumber gambar]

Namun, tak semua yang berkunjung mengalami hal tersebut loh Saboom. Ada banyak pengakuan pasangan yang tetap langgeng dan baik-baik saja, walaupun tempat ini diyakini bernuansa mistis. Jadi, kembali ke diri kita masing-masing ya.

Masjid Tiban yang katanya dibangun oleh Jin

Bagi yang berdomisili di Malang Jawa Timur, pasti pernah mendengar jika Masjid Tiban yang terletak di Turen, Malang ini dibangun oleh para jin bukan? Nah, masjid berlantai 10 ini memang terlihat artistik dan indah serta dibangun tanpa ada rancangan desain sebelumnya. Faktanya, masjid yang selalu ramai turis ini tidak ada campur tangan makhluk halus sama sekali dalam proses pembangunannya.

Masjid Tiban Malang [Sumber gambar]
Masjid yang berfungsi sekaligus sebagai Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah ini hanya mengandalkan tenaga para santri serta masyarakat sekitar. Hal tersebut juga diakui oleh para santri dan tetua yang ikut serta dalam kegiatan membangun masjid ini. Jadi, sekali lagi bukan atas bantuan jin mana pun ya.

Hutan Raya Juanda dan Goa Jepang

Letaknya yang terpencil dan jalan makadam tak membuat tempat ini sepi pengunjung. Selain itu, banyak sekali cerita mistis yang dikaitkan dengan Hutan Raya Juanda yang berada di wilayah Dago ini, apalagi dengan keberadaan dua goa peninggalan para penjajah yang bersemayam di dalamnya. Tempat yang dulu berfungsi sebagai benteng pertahanan militer Jepang ini memang menewaskan banyak sekali pekerja Romusha serta tentara Jepang yang terkena serangan yang dibantai sekutu akhir 1945.

Goa di Hutan Juanda [Sumber gambar]
Sekarang, lupakan tentang goa yang penuh cerita mistis, sudah menjadi mitos jika bangunan yang lebih dari setengah abad, gelap dan berada di hutan dipercayai sebagai tempat bersarangnya makhluk astral. Tapi, berdasar pengalaman penulis yang pernah mengunjungi hutan ini, kawasan ini sama seperti tempat wisata kebanyakan kok, aman-aman saja.

Jadi, ketika berkunjung ke 4 tempat di atas, tak perlu takut akan hal-hal mistis yang selama ini kamu dengar. Namun, buka berarti boleh menantang dan berlaku seenaknya ya. Tetap jaga adab sebagai pengunjung yang baik, karena di mana pun sudut bumi ini, pasti ada makhluk selain kita, setuju?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

7 Potret Ini Buktikan Sarwendah Tan Adalah Artis Paling Sederhana Meski Tajir Melintir

Bisa Sebabkan Tetanus, Ketahui Cara untuk Menangani Luka yang Diakibatkan Tertusuk Paku