in

5 Bangsa Penjajah Terkejam ini Pernah Membuat Dunia Seperti Neraka

negara penjajah

Sejak awal abad ke-17, banyak sekali bangsa-bangsa Eropa yang melakukan pelayaran ke seluruh penjuru dunia. Mereka ingin menemukan dunia baru yang bisa memberikan banyak sekali manfaat terutama dari segi ekonomi. Akhirnya mereka melakukan ekspedisi besar-besaran hingga akhirnya membuat koloni dan menjajah wilayah baru dengan cara yang mengerikan.

Bangsa penjajah ini menyebar dari Asia, Amerika, bahkan Afrika sekali pun. Mereka menempatkan banyak sekali pasukan dan juga mengeruk semua sumber daya yang ada. Parahnya lagi mereka juga membuat penduduk asli menderita hingga korban jiwa tak bisa dihindarkan lagi. Inilah bangsa penjajah yang sangat kejam itu.

1. Inggris

Inggris adalah negara di dunia ini yang memiliki daerah jajahan paling banyak. Meski negaranya tak begitu luas, negara ini mampu menundukkan banyak sekali wilayah di seluruh dunia. Mulai dari Australia, Selandia Baru, Kanada, India, Singapura, Afrika Selatan, hingga negara-negara yang berada di Oceania.

Keluarga Kerajaan Inggris [image source]
Keluarga Kerajaan Inggris [image source]
Inggris adalah negara yang sangat gencar untuk memperluas daerah kekuasaan. Mereka mengeruk semua sumber daya untuk kemakmuran kerajaan yang terletak di Eropa. Hingga sekarang, negara-negara persemakmuran dari Inggris tetap menjadi bagian dari kerajaan. Bahkan kerap digunakan kepentingan strategis lainnya.

2. Belanda

Belanda adalah negara selanjutnya yang banyak membuat koloni di seluruh penjuru dunia. Yang paling fenomenal tentu Indonesia. Selama 350 tahun mereka berusaha merebut semua wilayah Indonesia meski akhirnya harus selesai dengan tuntas pada tahun 1949. Belanda adalah negara yang memiliki obsesi besar untuk menguasai wilayah yang memiliki sumber daya yang melimpah.

Keluarga Kerajaan Belanda [image source]
Keluarga Kerajaan Belanda [image source]
Perbuatan Belanda di Indonesia sudah jelas mengerikan. Nenek moyang kita dipaksa bekerja untuk membuat jalan, bertahan, dan tak diberi makanan yang sesuai. Akibatnya kematian massal kerap terjadi. Selain Indonesia, Belanda juga pernah menjajah Suriname, Bangladesh, Myanmar, Guyana, dan Tobago.

3. Prancis

Prancis juga merupakan negara yang sangat kuat di masa lalu. Mereka memiliki banyak sekali daerah koloni yang bisa menyaingi Kerajaan Inggris dan Belanda. Pada abad ke-19 hingga ke-20 Prancis telah banyak menyebar amunisinya ke seluruh penjuru dunia. Mereka ingin merebut banyak sekali sumber daya meski harus mengorbankan nyawa penduduk pribumi.

Pertarungan Prancis di Algeria [image source]
Pertarungan Prancis di Algeria [image source]
Luas total daerah yang dimiliki oleh Prancis kala itu mencapai 8,7% luas total bumi. Bisa dibayangkan seperti apa hebat dan mengerikannya Prancis kala itu. Wilayah-wilayah yang pernah dikuasai oleh Prancis meliputi Italia, Jerman, Kanada, Amerika, Meksiko, Algeria hingga ke negara Afrika seperti Nigeria, Guinea, dan Gambia.

4. Spanyol

Spanyol sepertinya tak ingin kecolongan terlalu banyak dari negara tetangganya. Mereka pun akhirnya melakukan ekspedisi keliling dunia untuk menemukan daerah yang bisa dikeruk sumber daya alamnya. Mereka pun juga tak segan melancarkan perang besar hingga banyak penduduk harus meninggal dengan caranya yang sangat mengenaskan.

Penjajahan Spanyol [image source]
Penjajahan Spanyol [image source]
Negara-negara di dunia ini yang pernah dijajah oleh Spanyol adalah Puerto Rico, Costa Rica, El Salvador, Argentina, Colombia, Venezuela, dan Filipina. Di masa lalu tentara Spanyol melakukan banyak sekali hal ngeri meski secara tidak langsung juga meninggalkan budaya dan bahasanya. Itulah mengapa banyak negara di Amerika Latin menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa nasionalnya.

5. Rusia

Rusia juga menjadi negara yang banyak sekali melakukan kolonialisasi kepada daerah-daerah di sekitarnya. Mereka terus menekan, menyerang, hingga akhirnya berhasil mengambil alih semua wilayahnya tanpa terkecuali. Rusia pun juga memperlakukan warga yang ada di wilayah itu dengan sangat mengerikan. Bahkan sering dibunuh jika tidak menurut dan menyulut pemberontakan.

Kerajaan Rusia [image source]
Kerajaan Rusia [image source]
Negara-negara yang pernah dikuasai oleh Rusia di masa lalu meliputi: Belarus, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Moldova, Polandia, dan Ukraina. Di Asia bagian tengah ada Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Saat ini negara-negara itu sudah lepas dan menjadi negara mandiri. Namun Rusia masih suka nakal dan membuat kerusuhan di Ukraina.

Inilah lima bangsa penjajah yang di masa lalu membuat dunia ini selayaknya neraka. Mereka melakukan perampasan wilayah, sumber daya alam hingga membuat pribuminya menderita. Oh ya, di era modern seperti sekarang kira-kira ada bangsa penjajah tidak ya sobat Boombatis?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

7 Anak Diktator yang Sama Kacaunya dengan Orang Tua Mereka

6 Ritual Pemakaman Unik Dunia Ini Akan Membuatmu Ternganga