Inilah 5 Bangsa Maritim Terhebat Dalam Sejarah Umat Manusia

oleh Adi Nugroho
16:17 PM on Mar 26, 2016

Bangsa Maritim adalah bangsa yang banyak menggunakan lautan untuk melakukan kegiatan vitalnya. Kegiatan itu bisa berupa perdagangan, menjalin hubungan diplomatik, hingga melakukan perluasan dengan perang. Bangsa Maritim juga dikenal karena memiliki kebudayaan membuat perahu yang sangat hebat. Perahu inilah yang digunakan untuk menjelajah dunia dengan hebatnya.

Dalam sejarah, dunia ini banyak sekali memiliki bangsa maritim. Mereka banyak menggunakan lautan untuk berlayar dan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Inilah lima bangsa maritim yang memiliki kekuatan hebat di masa lalu hingga terus dikenang sampai sekarang.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Bangsa Indonesia

Tempat pertama ditempati oleh Bangsa Indonesia, atau tepatnya nenek moyang Indonesia yang membangun kerajaan di Nusantara. Sebut saja Kerajaan Sriwijaya yang dikenal sangat gahar di lautan. Mereka telah melakukan pelayaran-pelayaran ke banyak negara di Asia Tenggara guna melakukan perdagangan dan juga perluasan wilayah.  Mereka bertahan dari abad ke-7 hingga akhir abad ke-14.

Rekonstruksi Kapal Majapahit [image source]
Rekonstruksi Kapal Majapahit [image source]
Selanjutnya ada Kerajaan Majapahit yang mulai berkuasa pada abad ke-13 masehi. Kerajaan ini banyak sekali menjalin hubungan perdagangan dengan kerajaan lain di Malaka (Malaysia). Majapahit juga sapu per satu menaklukkan Indonesia secara menyeluruh dan ingin menyatukannya Nusantara. Dua contoh di atas sudah cukup membuktikan bahwa nenek moyang kita adalah pelaut yang sangat hebat.

2. Bangsa Viking

Bangsa Viking adalah bangsa yang diperkirakan hidup pada abad ke-8 hingga ke-11 Masehi. Mereka banyak hidup di daerah Skandinavia untuk berladang, berdagang dan seringkali melakukan perompakan kepada kapal-kapal barang. Mereka adalah bangsa yang sangat lihai di lautan. Hampir semua laut-laut di Eropa pernah dijelajahi dari bangsa yang akhirnya banyak diangkat jadi cerita fiksi ini.

ilustrasi Viking [image source]
ilustrasi Viking [image source]
Bangsa Viking adalah ahli navigasi di lautan. Mereka sudah mempelajari rasi bintang dan gerak semuanya dengan sempurna. Mereka kerap melakukan penjelajahan untuk mencari daerah-daerah baru dan menetap di sana. Bangsa ini akhirnya hilang dari peradaban karena banyak diserang oleh kerajaan di Eropa. Pihak penyerang menganggap jika Viking hanya membuat kerusuhan di lautan dengan perangainya yang sangat anarki.

3. Bangsa Tiongkok

Bangsa Tiongkok dikenal sebagai salah satu bangsa maritim paling hebat yang bertahan hingga sekarang. Eksplorasi Tiongkok ke daerah-daerah di luar wilayahnya terjadi pada abad ke-2 Masehi. Mereka banyak sekali mengirim kapal-kapal menuju daerah yang jauh seperti Laut Cina Selatan lalu menuju ke India dan berlanjut hingga ke Afrika. Pelayaran ini banyak dilakukan oleh Tiongkok untuk melakukan perdagangan dan menjalin hubungan dengan kerajaan setempat.

Laksamana Cheng Ho [image source]
Laksamana Cheng Ho [image source]
Salah satu pelayaran paling terkenal yang dilakukan oleh Tiongkok dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho. Beliau beberapa kali menjelajah Asia Tenggara dan sempat berhenti di Indonesia. Dari tahun 1405-1433, Laksamana Cheng Ho sudah melakukan penjelajahan selama 7 kali. Selama menjelajah Laksamana Cheng Ho banyak sekali menjalin hubungan diplomatik yang salah satunya dilakukan dengan memberi hadiah. Atas jasa dari Laksamana Cheng Ho inilah nama baik Tiongkok semakin membaik.

4. Bangsa Inggris

Bangsa Inggris banyak sekali melakukan penjelajahan di seluruh dunia sejak awal masehi. Bangsa-bangsa kuno di Inggris mulai melakukan perdagangan ke seluruh wilayah Eropa dan juga wilayah-wilayah di Afrika. Penjelajahan di era modern dimulai pada abad ke-11 oleh beberapa kerajaan besar hingga akhirnya sampai ke wilayah Asia.

Kapal Inggris [image source]
Kapal Inggris [image source]
Penjelajahan yang dilakukan oleh Inggris awalnya hanya untuk berdagang saja. Namun karena ada kemerosotan di Eropa, mereka akhirnya membuat koloni di beberapa negara Asia dan Amerika untuk mengeruk hasil buminya. Akhirnya muncullah negara-negara persemakmuran Inggris di seluruh penjuru dunia, yang terdekat dengan Indonesia adalah Australia dan Singapura.

5. Bangsa Belanda

Kita tidak akan bisa memungkiri kehebatan Belanda di bidang maritim. Mereka berkembang dengan sangat pesat dan banyak sekali melakukan ekspedisi ke berbagai wilayah dunia. Salah satu wilayah paling fenomenal itu adalah Indonesia. Selama ratusan tahun mereka membuat negeri ini menjadi menderita. Segala hal yang berharga dirampas dan akhirnya diboyong ke Eropa.

Kapal Belanda perang [image source]
Kapal Belanda perang [image source]
Perkembangan dunia maritim Inggris modern terjadi pada abad ke-16. Mereka banyak melakukan pembenahan hingga akhirnya bisa sampai ke Indonesia. Mereka juga banyak melakukan perdagangan dengan negara-negara lain dan juga perang. Belanda pernah terlibat perang dengan Spanyol di abad ke-17 saat masih berada di lautan.

Inilah lima bangsa maritim terhebat dalam sejarah umat manusia. Mereka kerap melakukan pelayaran untuk berdagang hingga berperang untuk menguasai wilayah yang kaya sumber daya alam. Oh ya, jika kekuatan maritim Indonesia semakin meningkat, kira-kira bisa sehebat masa lalu tidak ya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA