Keberadaan media sosial kadang lebih efektif dari sebuah media berita aktual. Bagaimana tidak pasalnya biasanya info tersebut berasal dari warga sekitar lokasi kejadian. Jadi jangan kaget kalau kadang jika suatu hal besar terjadi, banyak orang sudah tahu lebih dulu dari televisi atau pun koran. Ya meskipun kadang mesti dicek kembali keakuratannya.

Seperti yang terjadi pada kejadian di Pontianak, seorang pria dikabarkan bangkit dari kubur ramai diperbincangkan. Dari satu postingan disebarkan ke banyak orang. Lalu benarkah kejadian itu benar-benar terjadi? Simak ulasan lengkap di bawah ini.

Viral video bangkit dari kubur di Pontianak

Beberapa waktu yang lalu netizen dibuat heboh dengan video yang beredar di dunia maya. Bagaimana tidak, pasalnya ada postingan dimana seorang pria dikatakan meninggal dan hidup lagi setelahnya. Kronologi kejadian dalam postingan tersebut mengatakan kalau korban meninggal karena terkena sengatan listik. Hingga kemudian setelah dikubur dikubur dalam lumpur, siapa sangka badan tersebut kembali hidup.

Bangkir dari kubur [sumber gambar]
Banyak orang yang percaya dengan postingan tersebut lantaran juga ada video yang sematkan di dalamnya. Alhasil kabar mengenai pria bangkit dari kubur di Pontianak langsung viral di dunia maya. Hingga akhirnya beberapa media pun menelusuri kebenaran video yang ada.

Kejadian tersengat listrik memang benar terjadi di sana

Usut punya usut, kejadian tersengat listriknya seorang pria di Pontianak memang benar terjadi. Tepatnya saat pria bernama Susanto sedang bekerja pemasangan atau pengelasan kanopu. Namun sayang dirinya berada terlalu dekat dengan kabel listrik yang mengakibatkan harus terkena tegangan tinggi.

Kejadian pasang kanopi [sumber gambar]
Seketika Susanto pun jatuh dan segera diberi pertolongan pertama warga sekitar dengan dibenamkan ke dalam lumpur. Bagian leher hingga kaki dari Susanto pun sempat mengalami kejang yang sangat parah sehingga harus segera dilarikan ke rumah sakit. Namun sayang kabar beredar mengenai Susanto yang meninggal kemudian bangkit sendiri disebarkan oleh oknum tak bertanggung jawab di media sosial hingga sampai viral.

Lalu kenapa harus dimasukan dalam lumpur?

Satu hal yang sempat membuat banyak orang percaya dengan postingan viral ‘bangkit kubur’ Susanto adalah video mengenai dirinya yang seolah keluar dari lumpur. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kalau semua itu dilakukan semata-mata untuk memberikan pertolongan pertama pada Susanto sendiri.

Ya, dirinya diketahui terkena sengatan listik parah yang membuat sebagian tubuhnya kejang dan kaku, alhasil mulai dari leher hingga kaki dikubur untuk menghilangkan induksi tegangan yang ada dalam tubuhnya. Warga pun sempat merekam kejadian tersebut dengan handphone pribadinya namun siapa sangka malah jadinya viral seperti yang ramai diberitakan saat ini.

Kini Susanto sudah diizinkan pulang oleh pihak medis

Langkah yang dilakukan warga untuk melakukan pertolongan pertama rupanya lumayan efektif dalam menyelamatkan nyawa Susanto. Pasalnya setelah dikubur dalam lumpur dirinya segera dibawa ke puskesmas untuk dirujuk di rumah sakit terdekat. Setelah sejenak dirawat di RS dr Rubini dirinya Rabu (11/7/2018) diperbolehkan untuk kembali ke rumah.

Ternyata hoax [sumber gambar]
Namun demikian Susanto harus menderita luka bakar 19% dari anggota badannya yang kemungkinan lama untuk disembuhkan. Setelah keluarnya info terlanjut keadaan Susanto banyak orang segara mengklarifikasi kabar hoax yang selama ini berhembus di masyarakat. Kita doakan saja semoga Susanto segera sembuh dari kecelakaan yang menimpanya.

Tentu hal ini jadi pelajaran buat kita, karena kadang meskipun media sosial cepat menyebarkan berita biasa saja hoax atau pun infonya tidak lengkap. Bukan bangkit dari kubur, namun Susanto masih hidup waktu itu namun cara menyelamatkannya memang seolah dikubur.