in

Banda Neira, Pulau Kecil di Indonesia Memiliki Keindahan yang Bikin Iri Negara Tetangga

Banda Neira [Sumber Gambar

Kalau mendengar kata Banda Neira apa yang terlintas di pikiran kalian? Ya, betul sekali sebuah group band yang memiliki lagu sendu namun indah didengarkan. Seperti yangyang terga di awal tadi, ternyata Banda Neira sendiri menjadi wilayah memiliki alam, budaya, dan sejarah yang luar biasa. Bahkan Publik Australia di Kota Canberra terpukau oleh pesona keindahan tempat tersebut.

Masih berbicara Banda Neira, Mungkin bagi kalian wilayah tersebut masih amatlah asing di telinga. Sebuah hal yang lumrah, pasalnya melihat letaknya berada di  gugusn pulau Maluku, menjadikan tempat itu tidak banyak diketahui orang. Apalagi Banda Neira itu bukanlah sebuah destinasi liburan terkenal orang-orang tanah air. Dan berikat sobat, Boombastis akan memberikan ulasan mengenai tempat tersebut.

Banda Neira merupakan kota terbesar di Kepulauan Banda

Banda Neira [Sumber Gambar]
Berada di wilayah timur Indonesia dan berada 2000 km Sebelah Timur Pulau Jawa, Banda Neira menjadi salah satu kota terbesar di Kepulauan Banda. Menurut data tahun 2014 Sebagai wilayah yang memiliki lingkup luas, di sana sekurangnya memiliki jumlah penduduk mencapai 21.895 jiwa. Sebagai wilayah yang dekat dengan perairan membuat mayoritas penduduk di Banda Neira menjadi seorang nelayan. Selain itu, beberapa orang di sana juga menjadi seorang tani pala. Buah yang saat zaman kolonial lalu menjadi barang yang diburu oleh bangsa-bangsa asing datang ke tanah air.

Sejarah sangar Banda Niera di era masa-masa kolonialisme

Perjalanan Portugis [Sumber Gambar]

Sebagai salah satu pintu masuk negara asing ke Indonesia, ternyata Banda Neira dahulu menjadi wilayah yang amatlah populer. Hal ini lantaran wilayahnya yang kaya akan rempah membuat banyak negara-negara luar datang ke sana. Tercatat sejak tahun 600-an, tempat satu ini sudah dijadikan tempat berdagang negara besar macam Cina, India, dan Arab Saudi. Pada pertengahan abad ke-19 Banda Neira menjadi pusat perdagangan pala terbesar di dunia. Hal yang juga memicu Belanda datang pada tahun 1621 untuk mengambil rempah bernilai tinggi tersebut. Kedatangan negara itu juga sekaligus melakukan perampasan yang membuat banyak korban berjatuhan.

Pulau Banda Neira mempunyai spot menyelam terbaik

Menyelam [Sumber Gambar]
Setelah badai akan tiba pelangi, agaknya menjadi sebuah kalimat epic yang bisa menggambarkan wilayah ini sekarang. Meski terkenal akan rempahnya, gugusan pulaunya yang dikelilingi oleh perairan membuat Banda Neira memiliki spot menyelam terbaik. Bahkan konon katanya mereka yang datang ke tempat itu untuk melakukan kegiatan tersebut dibuat ketagihan. Dilansir laman Sidonews, Banda Neira mempunyai 25 tempat menyelam dengan keindahan flora dan fauna bawah laut yang eksotis. Bahkan bila tidak ingin menyelam hamparan laut birunya dengan air bening membuat destinasi sana sangat luar biasa.

Banda Neira memiliki ragam pilihan wisata

Festival budaya [Sumber Gambar]
Selain beberapa hal tadi tempat ini juga kaya akan ragam wisata lainnya. Mulai dari sejarah sampai budaya ada di wilayah yang berada di Timur Indonesia tersebut. Salah satu wisata sejarah paling terkenal di tempat ini adalah Benteng Belgica. Bangunan peninggalan Portugis terletak berada di atas bukit yang membuat siapa saja ke sana bisa melihat indahnya Banda Neira dari ketinggian. Sedangkan, wisata budaya, di tempat ini terkenal akan festival rakyat Banda yang menyuguhkan epic sebuah pertunjukkan warisan leluhur.

Banda Neira ini adalah bukti kalau destinasi wisata Indonesia amatlah luar biasa. Malahan bila di urut dari beberapa tahun yang lalu, seperti hal semacam itu tidak pernah ada matinya. Melihat potensi ini tentu melihat Indonesia berjaya lantaran pariwisatanya bukan suatu kemustahilan.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Nostalgia Momen Seru Zaman Minyak Tanah dan Kompor Sumbu yang Kini Cuma Legenda

5 Istilah Nyeleneh dari Elit Politik Indonesia Ini Sempat Bikin Gaduh Rakyat Satu Negara