Ini Lho 8 Cara Buat Ngecek Baju yang Kamu Punya Itu Bagus Beneran Atau Cuman Asal Bikin

oleh Tetalogi
18:52 PM on May 20, 2016

Sekarang ini bisnis fashion sepertinya memang makin menjamur. Ada banyak toko online maupun offline yang memilih berbisnis ini karena permintaan untuk pakaian yang fashionable juga masih tinggi.

Meski begitu, jangan sampai memilih baju cuma dari modelnya yang keliatan lucu saja. Kalau pengen dapat yang benar-benar bagus, cek juga bahan kainnya. Karena model yang bagus saja bakal tetep keliatan nggak sempurna kalau bahannya nggak tepat.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Nah, ini lho beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat milih bahan baju yang bagus. Check it out!

1. Periksa bahan kain yang digunakan

Label kain [Image Source]
Label kain [Image Source]
Baca label baju agar kamu tahu bahan kain dan cara merawatnya. Umumnya bahan serat alami seperti sutra, katun dan wool bisa tahan lebih lama daripada sintetis. Tapi, bukan berarti kamu harus berhenti milih kain sintetis, karena saat dipakai kain seperti ini juga terasa nyaman.

2. Rasakan kain saat menempel di kulit

Rasakan bahan kainnya [Image Source]
Rasakan bahan kainnya [Image Source]
Selanjutnya, coba deh sentuh kain tersebut dan rasakan perbedaannya saat menempel kulit. Apakah terasa lembut, halus, kasar, kaku, melar, berat, dan sebagainya. Kamu akan bisa merasakan kain mana yang lebih bagus dan nyaman dipakai.

3. Periksa apakah bahannya tebal atau tipis

Beda kain tebal dan tipis [Image Source]
Beda kain tebal dan tipis [Image Source]
Salah satu trend yang lagi booming sekarang ini adalah kain yang ringan. Sayangnya, untuk mencapai ini kadang kain jadi makin tipis dan agak tembus pandang. Jadi, coba kamu angkat kain di arah cahaya yang terang. Jadi kamu bisa melihat apa kain itu tembus pandang atau cukup tebal.

4. Coba remas kainnya

Remas kainnya [Image Source]
Remas kainnya [Image Source]
Saat memilih pakaian, coba remas kainnya. Kalau langsung kusut dan nggak bisa lurus kembali itu bisa jadi karena bahannya nggak bagus. Tapi itu juga bukan satu-satunya tanda kain yang jelek karena beberapa bahan yang lain seperti katun, linen, dan rayon malah lebih mudah kusut daripada bahan lain. Jadi, nggak perlu pilih kain yang bebas kerut, tapi lebih pada kain yang kerutannya gampang kembali.

5. Periksa kerapatan jahitannya

Periksa kerapatan jahitan [Image Source]
Periksa kerapatan jahitan [Image Source]
Saat membeli pakaian, jangan lupa juga periksa kualitas jahitannya. Coba tarik perlahan jahitannya (jangan terlalu keras, nanti sobek), lalu lihat apa kelihatan celah atau rongga. Pakaian yang bagus dengan jahitan yang kuat biasanya nggak akan menunjukkan celah.

6. Ada ruang kain sisa antara jahitan dan ujung pakaian

Jarak lipatan [Image Source]
Jarak lipatan pada ujung rok [Image Source]
Saat memilih rok, periksa bagian ujungnya lipatannya. Rok yang bagus biasanya punya lipatan ujung antara 1 – 2 inchi. Tapi itu juga tergantung dengan model dan bahan roknya. Tapi pada umumnya, semakin lebar dan penuh rok tersebut, maka lipatannya juga semakin kecil.

7. Resleting juga perlu diperhatikan

Resleting yang rapi [Image Source]
Resleting yang rapi [Image Source]
Resleting yang rapi biasanya akan tertutup kain dan posisinya datar. Selain itu juga perlu ada bagian penutup di ujung atas resleting agar tetap datar. Kecuali kalau resleting yang nggak tertutup kain itu masih bagian dari desainnya.

8. Periksa bahan pembuat saku

Saku [Image Source]
Saku [Image Source]
Nah, umumnya saku juga harus dibuat dari bahan yang sama dengan kain pakaiannya atau dengan bahan yang lebih kuat. Tapi sayang, sekarang ini banyak saku yang menggunakan kain dengan bahan berkualitas lebih rendah. Keuntungannya memang bagian saku jadi nggak terlalu menonjol, tapi kekurangannya, materinya kadang malah lebih gampang sobek.

Itu tadi beberapa tips agar kamu bisa membedakan pakaian yang berkualitas dan yang biasa saja. Jadi, jangan cuma milih berdasarkan modelnya saja. Karena meski modelnya bagus, tapi kalau bahannya nggak pas juga jadinya tetap kurang menarik dilihat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA