Pasti semua orang pernah meniup makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi. Biasanya hal ini dilakukan ketika makanan atau minuman dalam keadaan panas. Jadi mau tidak mau, kita harus meniupnya supaya dingin lebih cepat.

Berbicara tentang meniup makanan dan minuman ketika panas, dari dulu sampai sekarang menuai kontroversi. Ya bagaimana tidak, karena ada beberapa orang yang tidak setuju dengan hal satu ini. Dikarenakan meniup makanan dan minuman dapat membuat kuman bisa berpindah dari mulut. Tapi di sisi lain, orang yang tidak setuju menganggap hal tersebut merupakan mitos belaka. Alasannya karena selama ini mereka meniup makanan dan minuman ketika panas tidak ada efek buruk sama sekali.

Tidak boleh meniup makanan [Sumber Gambar]
Padahal, mendinginkan makanan dan minuman dengan cara meniup memang tidak baik. Dilansir dari rayapos.com, hal tersebut dapat membahayakan tubuh. Ini sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti di dunia. Bahaya pertama yang akan ditimbulkan adalah adanya asam karbonat. Ini muncul karena zat karbondioksida dari tubuh bercampur dengan senyawa yang ada pada teh atau kopi. Jika sudah masuk ke dalam tubuh kita akan mengakibatkan risiko penyakit jantung.

Kemudian, akibat selanjutnya yang akan diterima adalah munculnya penyakit tukak lambung. Itu disebabkan lantaran orang yang meniup makanan atau minuman tersebut memiliki gangguan lambung. Sehingga Bakteri yang bernama H. Pylori berpindah dengan cepat ke makanan setelah dilakukan peniupan. Ini akan berbahaya sekali jika minuman atau makanan tersebut diberikan kepada orang lain. Sehingga bisa dipastikan orang tersebut akan menderita gangguan lambung juga nantinya.

Bisa sebabkan diare [Sumber Gambar]
Selain itu, akan muncul mikroorganisme yang seharusnya tidak berada di perut. Makhluk kecil tak kasat mata tersebut berasal dari mulut dan kemudian berpindah ke makanan. Lalu ia ikut masuk ke perut bersama makanan atau minuman yang kita konsumsi. Hal ini tentu sangat berbahaya karena bisa membuat penyakit . Misalnya saja diare, demam dan rasa mual yang tidak tertahankan.

Dari rangkuman di atas, pasti sudah jelas mengapa meniup makanan atau minuman saat panas adalah hal yang berbahaya. Dikhawatirkan kalau makanan atau minuman tersebut diberikan kepada anak kecil yang belum memiliki imun kuat. Jadi mulai sekarang, hindari mendinginkan makanan atau minuman dengan cara ditiup. Lebih baik makanan atau minuman dibiarkan terlebih dahulu sampai dingin.