in

Kendarai Sepeda Motor Pakai Sandal Jepit, Boleh Apa Enggak Nih?

Pengemudi sepeda motor kerap kali menggunakan sandal jepit pada saat berkendara. Tak hanya karena lebih nyaman untuk dipakai, tapi sandal jepit dinilai praktis daripada sepatu yang harus mengikat tali terlebih dulu. Selain itu, para pengendara juga memilih sandal jepit untuk mengemudi dikarenakan pada saat itu sedang hujan. Jadi sepatu kita akan aman dari yang namanya kebasahan.

Namun, melihat kebiasaan dari para pengemudi tersebut, banyak pengamat kendaraan bermotor yang tidak menganjurkan pengendara melakukan hal itu. Sebab, menurut mereka memakai sandal jepit ketika berkendara sepeda motor itu cukup berbahaya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan Boombastis.com berikut ini.

Pakai sandal jepit saat berkendara sudah jadi kebiasaan [Sumber Gambar]
Hendrik Ferianto selaku Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor mengungkapkan kalau menggunakan sandal jepit saat mengemudikan sepeda motor sangat berisiko melukai kaki. Biasanya ini terjadi ketika ada pengguna jalan lainnya yang tidak sengaja menyenggol kaki si pemakai sandal jepit. Kalau hanya diinjak kaki pengendara lain sih oke. Tapi jka kakinya terkena ban mobil atau truk bagaimana? Kan jadi berabe.

Salah satu akibat pakai sandal jepit ketika berkendara [Sumber Gambar]

Selain itu, dilansir dari laman kompas.com, jika menggunakan sandal jepit ketika berkendara, bisa membuat kaki tidak sengaja menyentuk blok mesin. Nah, kalau tidak sengaja menyentuh blok mesin yang suhunya panas ketika digunakan berkendara, maka si pengemudi akan kaget dan kehilangan keseimbangan. Pada akhirnya, si pemotor akan terjatuh dan tubuh bisa luka-luka.

Menggunakan pelindung sepatu di kala hujan [Sumber Gambar]
Lantas, bagaimana kalau turun hujan? Tenang, ada solusinya kok. Kalian bisa membungkus sepatu yang dipakai dengan menggunakan kantong plastik. Bisa juga dengan membeli pelindung sepatu yang sudah banyak dijual di pasaran. Dengan begitu, kaki kalian akan aman dari risiko terluka dan sepatu juga tidak basah. Pada saat hujan, sebenarnya kaki malah harus terlindungi oleh sepatu lho. Sebab, mengutip dari matickita.com, jika genangan air yang ditimbulkan oleh hujan mengandung banyak sekali penyakit. Salah satunya adalah penyakit leptospirosis yang dihasilkan oleh tikus. Pasti kalian enggak mau kan terserang penyakit menjijikkan itu?

BACA JUGA : Suka Nyeker Saat Berkendara Motor di Kala Hujan? Ini Lho Akibatnya

Menggunakan sandal jepit pada saat berkendara sepeda motor sebaiknya dihindari mulai sekarang. Ya meskipun tempat tujuannya dekat, namun kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi ke depannya. Alangkah lebih baik untuk berhati-hati mulai sekarang daripada terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Inilah 5 Pemain ‘Indonesia’ yang Mempunyai Harga Mahal di Kompetisi Eropa

Putus, Netizen Sebut Denny Sumargo Batal Jadi Cucu Menantu Konglomerat Indonesia