in

Mie Instan Cup dan Bungkusan, Manakah yang Berbahaya Bagi Kesehatan?

Seperti yang kita tahu kalau saat ini mie instan sudah tersedia dalam dua kemasan. Ada yang bungkus biasa dan juga bentuk cup. Itu semua dikeluarkan oleh para produsen karena menginginkan mie instan tetap dianggap praktis meski dibawa ke manapun. Oleh karena itu, orang-orang sudah tak bingung lagi jika bepergian, mereka tetap membeli mie dengan kemasan cup supaya lebih praktis.

Namun, apa kalian tahu kalau sebenarnya mie instan ini tidak hanya berbahaya dari kandungannya saja? Tapi, makanan ini ternyata juga berbahaya dari kemasannya juga. Jadi, mana yang berbahaya, mie instan dengan kemasan cup atau bungkus biasa?

Dapat menimbulkan penyakit pada sistem reproduksi manusia

Mie instan cup bisa sebabkan gangguan reproduksi [Sumber Gambar]
Kalau menurut dr Sunil Sharma seorang dokter umum dan Kepala UGD Rumah Sakit Madan Mohan Malviya, New Delhi, India, mie instan yang lebih berbahaya adalah dalam bentuk cup. Hal ini bisa terjadi lantaran styrofoam sebagai bahan kemasan dibuat dari kopolimer styrene yang telah terbukti menyebabkan penyakit Endocrine Disruption (EDC). Nah, EDC ini merupakan penyakit yang bisa menyerang sistem reproduksi manusia.

Bisa mengaktifkan sel-sel kanker yang ada pada tubuh

Bisa munculkan sel kanker [Sumber Gambar]
Sunil Sharma pun juga berpendapat kembali. Kepada NDTV, ia mengungkapkan kalau kemasan cup berbahaya dibandingkan dengan bungkus biasa karena mengandung zat bernama benzema. Bagi yang belum tahu, benzema merupakan suatu zat yang dapat mengaktifkan sel-sel kanker pada tubuh. Tapi dengan catatan, kalau aktifnya sel kanker ini bisa terjadi ketika mie instan cup dikonsumsi berlebihan. Selain itu, kondisi tubuh juga bisa mempengaruhi aktif atau tidaknya sel kanker tersebut Sahabat Boombastis.

Kerusakan saraf juga tidak bisa dihindarkan

Bisa membuat gangguan saraf [Sumber Gambar]
Wadah styrofoam yang digunakan untuk kemasan mie instan ini ternyata juga ditanggapi oleh beberapa peneliti lain. Seperti National Research Council di Amerika Serikat yang ternyata styrofoam mempunyai sifat karsinogen terhadap manusia. Sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker pada tubuh. Selain itu, Laporan National Toxicology Program, Department of Health and Human Services Amerika Serikat juga menyebutkan kalau wadah mie instan satu ini kemungkinan besar bisa menimbulkan kerusakan saraf dan juga gangguan hormon.

Semua ulasan di atas menganggap jika mie instan dalam bentuk cup lebih berbahaya dibandingkan dengan kemasan bungkus biasa. Ini disebabkan kemasan styrofoam yang digunakan memang tidak baik jika disandingkan dengan air panas. Maka dari itu bisa berakibat timbulnya penyakit seperti di atas. Namun bukan berarti kalau mie instan bungkus lebih aman untuk dikonsumsi lho ya. Sehingga untuk yang suka mengonsumsi mie instan lebih baik dikurangi saja. Baik yang kemasan bungkus atau juga bentuk cup.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Melihat Kuda Seharga 200 Miliar Milik Pangeran Qatar yang Berlaga di Asian Games

Kenalan dengan Ceyco Georgia, Atlet Karate yang Mirip Vanesha Prescilla dan Melody JKT48!