in

Masih Sering Dipakai, Lampu LED Warna Putih Pada Motor Punya 4 Bahaya Tersendiri

Kalau kalian memperhatikan di jalan, pasti sudah banyak pengendara motor menggunakan lampu LED warna putih. Apalagi anak muda yang masih hobi mofifikasi motor, pasti enggak pernah lupa dengan aksesoris satu ini. Tapi, seiring berjalannya waktu lampu LED putih semakin banyak digunakan pengendara, lantaran di televisi sering menayangkan motor memakai headlamp dengan warna ini.

Namun, setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata lampu LED dengan warna putih bisa membahayakan para pengemudi. Mengapa bisa membahayakan para pengendara motor? Untuk lebih jelasnya kita simak ulasan berikut ini.

Bisa sebabkan kebutaan bagi pengendara

Bisa sebabkan kebutaan [Sumber Gambar]
Penggunaan lampu LED putih pada motor ternyata punya akibat yang sangat fatal Saboom. Salah satunya adalah bisa menyebabkan retina rusak. Ini dikarenakan cahaya lampu yang berwarna putih mengandung gelombang pelangi bernama Rainbow Longitude Waves. Nah, gelombang tersebut bisa menghasilkan bermacam-macam warna yang salah satunya dalah biru terang. Dilansir dari ThinkSpain.com, warna biru terang itu sangat tidak baik untuk penglihatan kita Saboom. Apalagi kalau mata sangat sering terpapar oleh cahaya itu, bisa-bisa retina rusak sehingga risiko kebutaan akan semakin tinggi.

Dapat mempengaruhi konsentrasi berkendara

Tidak konsentrasi dalam berkendara [Sumber Gambar]
Salah satu sifat buruk dari lampu LED adalah memiliki kemampuan untuk memantul apabila terkena media tertentu. Media yang dimaksud bisa berupa air ataupun kabut. Nah, ketika berkendara di saat hujan, media-media pemantul tersebut tentu jumlahnya akan lebih banyak. Akibatnya, lampu LED yang berfungsi untuk menerangi jalan, justru berbalik arah ke pengendaranya sendiri. Jadi, secara tidak langsung bisa mempengaruhi konsentrasi pengemudi yang bisa berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi susah untuk tidur pada malam harinya

Akan lebih susah untuk tidur [Sumber Gambar]
Lampu LED putih ternyata juga berpengaruh kepada hormon melatonin yang ada pada tubuh kita Saboom. Melatonin merupakan hormon yang ada di dalam tubuh manusia dan berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk saat kondisi ruangan sudah cukup gelap. Namun, sayangnya kehadiran lampu LED warna putih ini bisa menekan jumlah hormon melatonin. Kalau sudah seperti itu, jadinya akan lebih susah tidur pada malam harinya. Jadi, bisa dibayangkan kalau kita harus berhadapan dengan lampu LED tersebut setiap harinya. Waktu tidur kita akan semakin berkurang dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Tilangan polisi tidak dapat dihindari

Kena tilangan polisi [Sumber Gambar]
Selain berbahaya bagi kesehatan, lampu LED berwarna putih ini juga mempunyai risiko untuk ditilang oleh polisi. Sebab, lampu tersebut sangat menyilaukan pandangan bagi para pengendara. Itu sudah dituliskan kok di UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Namun, untuk saat ini hukuman bagi para pengendara yang menggunakan lampu tersebut masih belum bisa dipastikan Saboom. Jadi, kalau para pemotor masih menggunakan lampu jenis ini dan ditilang, mungkin hanya mendapatkan teguran saja mengingat banyak bahaya yang akan ditimbulkan.

Jadi, itulah penyebab lampu LED warna putih dianggap berbahaya saat ini. Sehingga, jangan heran kalau polisi tiba-tiba mencegat kalian karena lampu tersebut. Bukan karena mencari uang, tapi para pihak berwajib ingin menjaga keselamatan kalian. Bagi Saboom yang ingin ganti lampu LED warna putih, harus pikir ulang deh. Jangan sampai bahaya-bahaya di atas bisa mengancam kalian.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Terkenal Dengan Mahar Melangit, 4 Aturan Ini Tak Boleh Dilanggar oleh Gadis Minang

Di Balik Ulah Onar Bonek, Inilah 5 Kehebatan Persebaya yang Membuat Tim Indonesia Lain Iri