in

Inilah Alasan Kenapa Kamu HARAM Pakai Jas Hujan Ponco, Bisa Bikin Celaka!

Jas hujan tersangkut di rantai motor [image source]

Berkendara menggunakan sepeda motor pada saat hujan memang sangat merepotkan. Itu karena para pengemudi harus memakai jas ujan yang ribetnya minta ampun. Nah, untuk memudahkan pemakaian biasanya para pengendara memilih jas hujan berbentuk ponco. Tapi apa kalian tau kalau sebenarnya menggunakan jas hujan satu ini sangat berbahaya?

Ya, di balik praktisnya pemakaian ternyata benda pelindung dari air hujan ini punya risiko juga. Buktinya banyak kecelakaan yang terjadi gara-gara jas hujan satu ini. Hmm.. apa aja sih bahayanya?

1. Miliki potensi tersangkut di rantai motor

Jas hujan tersangkut di rantai motor [image source]
Jas hujan yang satu ini memiliki fisik yang sangat panjang sampai menutupi kaki. Selain itu benda pelindung dari air hujan itu juga tidak membutuhkan waktu lama untuk memakainya. Sehingga hal tersebut menjadi pilihan para pengendara untuk membelinya. Tapi di sisi lain ada bahaya yang mengintai yaitu bagian bawah jas hujan ponco yang menjuntai ke mana-mana. Dan dari hal itu bisa saja jas hujan tersangkut ke rantai motor. Jadi menyebabkan pengendara tertarik oleh jas hujan ponco yang dipakainya sendiri.

2. Dapat menutupi lampu bagian belakang motor

Bisa menutupi lampu belakang [image source]
Jas hujan ponco sangat peka sekali terhadap hembusan angin. Terlebih lagi bagian belakang yang kerap kali bisa menutupi lampu belakang motor. Nah, inilah bahayanya. Jika pengemudi di belakang motor tak dapat melihat kita akan berbelok karena lampu tertutup jas hujan, maka besar kemungkinannya pengendara lainnya melakukan rem secara mendadak. Pasti kalian tak ingin kan terjadi kecelakaan di saat musim hujan begitu?

3. Jarangnya warna cerah pada jas hujan ponco

Jas hujan ponco jarang berwarna cerah [image source]
Pihak polisi lalu lintas selalu menyebutkan kalau memakai jas hujan sebaiknya warna cerah. Itu semua bukan tentang masalah gaya, tapi karena untuk menjaga keselamatan para pemotor. Jika terjadi hujan yang sangat deras, penglihatan para pengendara akan berkurang. Jadi sangat disarankan untuk memakai jas hujan yang berwarna mencolok untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Sedangkan jas hujan model ponco ini sangat jarang sekali menjual produk yang berwarna cerah. Jadi apa masih mau menggunakan jas hujan ponco ini?

4. Penyerapan air yang tak maksimal membuat pengendara tetap basah

Jas hujan ponco penyerapannya tak maksimal [image source]
Jas hujan ponco ini walaupun praktis tapi ada kelemahannya. Kekurangannya adalah air hujan tidak terserap secara maksimal, sehingga mengakibatkan pengendara akan tetap basah. Walaupun kesannya praktis, tapi ternyata tak melindungi tubuh dengan baik. Dari hal itu menyebabkan pengendara tak bisa berkonsentrasi mengemudi sepeda motor dan bisa saja terjadi kecelakaan.

Jadi itulah bahayanya memakai jas hujan ponco pada waktu berkendara. Bukan hanya berisiko bagi diri sendiri saja, tapi orang lain juga. Jadi lebih baik gunakan jas hujan yang berbentuk atasan dan celana saja supaya berkendara menjadi lebih aman.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Misteri Ofir, ‘Pulau Berselimut Emas’ yang Hilang dan Diperkirakan Ada di Indonesia

Durhaka! Demi Warisan Seorang Anak Tega Menganiaya Ibunya Sampai Babak Belur