INDONESIA dan 9 Bahasa Paling Terkenal Lainnya di Dunia

oleh Rizal
12:00 PM on Aug 20, 2015

Kecuali kita bisa melakukan telepati, maka tidak ada jalan lain untuk berkomunikasi selain secara verbal, dan alat yang digunakan agar pihak komunikator dan penerima bisa saling mengerti adalah dengan menggunakan bahasa. Perkembangan bahasa sendiri dimulai dari zaman purba. Dulunya mereka hanya berkomunikasi dengan tangan dan itu pun masih sangat sederhana.

Makin menuju kekinian, kemudian berkembanglah gerakan menjadi vokal dan akhirnya menjadi bentuk-bentuk bahasa seperti sekarang ini. Sekarang penggunaan bahasa tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi, tapi juga untuk beragam kegunaan. Nah, membicarakan tentang bahasa paling populer di dunia, kira-kira bahasa apa sih yang sering digunakan banyak  orang saat ini? Berikut ulasannya.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

1. Mandarin

Mengingat China adalah salah satu negara dengan populasi terbanyak di dunia, maka tidak heran kalau Mandarin adalah bahasa yang paling populer di muka Bumi. Hampir sekitar semiliar orang menggunakan bahasa ini dan tak hanya terdiri dari orang-orang China. Meskipun begitu populer namun bukan berarti Mandarin sangat mudah untuk dipelajari.

Ilustrasi bahasa Mandarin [Image Source]
Ilustrasi bahasa Mandarin [Image Source]
Ada sekitar 1200 variasi yang berbeda termasuk nada dan dialek. Jadi kamu harus sangat spesifik ketika menyebutkan kata-kata dalam bahasa Mandarin. Mungkin kosa katanya sama, namun ketika kamu mengucapkannya dengan intonasi yang berbeda maka artinya juga ikut berubah. Kalau bukan lantaran bisnis atau mempelajari literatur China, mungkin orang-orang akan malas belajar bahasa yang kompleks tapi unik ini.

2. English

Cukup mengejutkan ketika mengetahui bahasa internasional ini ternyata hanya menempati urutan kedua bahasa paling populer di dunia. Bahasa Inggris sendiri digunakan sekitar 430 juta orang dan menjadi bahasa nasional mayoritas negara di dunia.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Tak seperti Mandarin, English dimana-mana sama. Kecuali Inggris yang punya dialek yang agak berbeda. Meskipun tak mampu bersaing dengan Mandarin, English digunakan lebih dari semiliar orang sebagai bahasa kedua mereka.

3. Spanish

Bahasa Spanyol sempat menduduki nomor dua di dunia sebelum akhirnya di kalahkan oleh English. Spanish sendiri digunakan hampir 410 juta orang dan juga jadi bahasa internasional. Dilihat hari sejarahnya, bahasa Spanyol lahir dari Indo-European yang kemudian berkembang.

Ilustrasi Spanish [Image Source]
Ilustrasi Spanish [Image Source]
Tak hanya di Spanyol, Spanish juga digunakan berbagai negara di dunia terutama di Amerika Latin dan negara-negara bekas persemakmuran Spanyol. Bahasa ini juga sangat umum dipelajari berdampingan dengan bahasa Inggris.

4. Hindi

Bahasa ini sangat populer di telinga para pencinta India. Entah itu lewat lagu, film atau drama. Di tempat asalnya, bahasa Hindi digunakan hampir 180 juta orang. Sama seperti Mandarin, bahasa Hindi juga punya dialek yang berbeda-beda.

Ilustrasi bahasa Hindi
Ilustrasi bahasa Hindi [Image Source]
Hindi adalah bahasa resmi yang digunakan orang-orang Hindustan di samping bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka. Kalau diurut dari sejarahnya, bahasa Hindi berasal dari Indo-Aryan dan juga Indo-European.

5. Bengali

Bengali atau Bangla adalah bahasa nasional yang digunakan oleh beberapa negara Asia selatan, mulai dari Bangladesh, Sri Lanka, hingga beberapa daerah di India misalnya Bengal, Assam dan juga Tripura. Bahasa Bengali adalah hasil evolusi panjang dari Indo-Aryan yang juga dipengaruhi oleh Sansekerta.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Bengali adalah bahasa yang sangat original. Hanya sedikit sekali kosa kata asing yang diserap ke dalamnya. Uniknya, beberapa karya sastra legendaris seperti Rabindranath Tagore ditulis dalam bahasa Bengali. Bahasa ini digunakan sekitar 210 juta orang.

6. Portuguese

Bahasa Portuguese ini juga sangat populer digunakan sebagai bahasa nasional di beberapa negara di dunia. Misalnya Brasil, Mozambique, Timor Leste dan masih banyak lagi yang lain. Ada sekitar 220 juta orang pengguna aktif Portuguese.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Portuguese berkembang dari akar yang sama dari kebanyakan bahasa lain yakni Indo-European. Spanyol juga sedikit banyak mempengaruhi bahasa ini meskipun tidak benar-benar identik sama. Alasan kenapa bahasa ini bisa meluas di dunia adalah karena pada abad 15 lalu kerajaan Portugis melakukan ekspansi dagang besar-besaran dan juga dalam rangka kolonialisme. Indonesia sendiri juga sempat terpengaruh dari agenda besar tersebut.

7. Russian

Rusia adalah salah satu bahasa internasional yang digunakan lebih dari 150 juta orang di dunia. Bahasa Rusia tidak hanya digunakan di negerinya Vladimir Putin, tapi di beberapa negara sekitarnya. Bahkan penduduk di beberapa negara bagian Amerika Serikat juga aktif menggunakan bahasa ini.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Selain untuk keperluan pendidikan dan berkomunikasi, mempelajari bahasa Rusia sangat menguntungkan apalagi untukmu yang suka ha-hal yang berbau hiburan. Pasalnya, ada begitu banyak literatur mengenai seni dan film yang ditulis dalam bahasa ini.

8. Urdu

Jika ingin mempelajari kebudayaan Arab dan timur tengah maka terlebih dahulu kamu harus mengerti bahasa Urdu. Meskipun begitu, banyak negara-negara lain yang juga menggunakan bahasa ini sebagai bahasa resmi mereka. Misalnya beberapa daerah di India dan juga Pakistan.

Ilustrasi bahasa Urdu [Image Source]
Ilustrasi bahasa Urdu [Image Source]
Menurut para ahli, bahasa ini berkembang dari Indo-European dan Indo-Aryan dan dipengaruhi kuat oleh Hindi. Banyak sekali literatur termasuk puisi-puisi terkenal level dunia yang ditulis dalam bahasa Urdu. Kitab-kitab yang ditemukan di Jawa juga ada beberapa yang ditulis dengan bahasa ini.

9. Indonesia

Cukup membanggakan bukan ternyata bahasa kita yang tercinta ini masuk dalam 10 besar bahasa paling populer di dunia? Ada sekitar 160 juta orang yang aktif menggunakan bahasa Indonesia termasuk juga Malaysia. Bahasa yang berasal dari Melayu ini secara resmi dipakai sebagai bahasa nasional Indonesia  setelah prosesi proklamasi dilangsungkan. Pernyataan tersebut ada di dalam UUD 1945.

Ilustrasi belajar bahasa Indonesia [Image Source]
Ilustrasi belajar bahasa Indonesia [Image Source]
Sebenarnya sebelum merdeka, bahasa ini sudah digunakan banyak orang. Hal tersebut dimulai pada tahun 1927 ketika Jahja Datoek Kajo pertama kali menggunakan bahasa Indonesia dalam sidang Voksraad. Setelah itu, bahasa Indonesia mulai aktif dipakai dalam acara-acara penting. Terlebih setelah Muhammad Yamin mengusulkan pemakaian bahasa ini pada tahun 1928.

10. Jepang

Disadari atau tidak, pengaruh Jepang memang begitu mendunia. Sehingga tidak mengherankan jika bahasa ini juga masuk dalam 10 besar yang paling populer di dunia. Ada sekitar 125 juta orang yang aktif menggunakan bahasa ini entah untuk komunikasi harian atau dalam rangka pembelajaran.

Ilustrasi bahasa Jepang [Image Source]
Ilustrasi bahasa Jepang [Image Source]
Orang-orang Indonesia sendiri juga lumayan mencintai bahasa ini. Hal tersebut dibuktikan dengan berdirinya fakultas-fakultas bahasa Jepang. Alasan untuk mempelajari bahasa ini pun juga bermacam-macam. Bagi kalangan muda kita, tujuannya hanya agar terlihat lebih keren saja di samping mereka akan lebih mudah menonton drama atau ketika menikmati lagu-lagu Jepang.

Meskipun katanya mudah, namun tidak semua orang bisa benar-benar meniru dialek bahasa Jepang yang kesannya terpotong-potong unik ini. Jadi, sangat sedikit sekali orang non Jepang yang bisa selancar orang Jepang sendiri dalam melafalkan bahasa ini. Uniknya, orang Jepang sendiri kerap kesusahan ketika mempelajari bahasa lain, terutama Inggris.

Setiap bahasa punya keunikannya sendiri, namun hampir semua tujuannya sama yakni berkomunikasi. Tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa asing sebagai salah satu skill yang bisa kita andalkan. Percaya deh, akan sangat banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika mampu menguasai lebih dari satu bahasa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA