Setuju nggak guys kalau es krim adalah camilan yang bisa dibilang kecintaan sejuta umat? Ya, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga opa oma juga doyan ya sama camilan lembut dingin-dingin seger ini. Tekstur yang amazing dan rasa manisnya juga membuat camilan satu ini benar-benar jadi moodbooster di kala penat melanda.

Tapi guys, di balik tampilan unyu dan rasa yang menggiurkan, ternyata es krim punya fakta yang cukup bikin ngeri. Ya, es krim memiliki beberapa kandungan zat berbahaya jika dikonsumsi terus menerus dengan jumlah berlebih. Apa sajakah zat-zat itu? yuk kita simak

Kalsium sulfat

Kalsium sulfat [sumber gambar]
Merupakan senyawa kalsium, oksigen, dan sulfur, kalsium sulfat merupakan garam yang subur di lingkungan alam. Umumnya zat ini digunakan dalam beberapa proses industri termasuk bahan pembuatan es krim. Namun sayang, zat ini memiliki efek buruk yaitu mengganggu sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang.

Magnesium hidroksida

Magnesium hidroksida [sumber gambar]
Proses pembuatan zat magnesium hidroksida adalah dengan menggiling jagung menjadi tepung. Setelah itu, tepung hasil olahan jagung diproses agar menghasilkan glukosa. Efek jangka panjang konsumsi zat ini adalah membahayakan asam lambung. Karena itu, khususnya kamu yang memiliki gangguan asam lambung, jangan terlalu sering mengonsumsi es krim ya guys.

Perasa dan pewarna buatan

pewarna buatan [sumber gambar]
Es krim identik dengan warna-warni unyu dan rasa yang menggiurkan ya guys. Warna-warna yang memikat ini seringnya meruntuhkan pertahanan kita untuk tidak membeli. Apalagi bagi anak-anak, warna-warni es krim dan kelezatan rasanya bahkan membuat mereka sampai menangis jika tak sampai dibelikan. Tapi guys, perlu kita ingat bahwa zat pewarna dan perasa tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi tubuh. Khususnya bagi anak-anak, pewarna dan perasa bisa mengakibatkan penyakit asma, alergi, bahkan reaksi hiperaktif.

Pengawet

Pengawet [sumber gambar]
Zat yang hampir selalu ada dalam es krim adalah pengawet. Terlalu sering mengonsumsi es krim artinya menumpuk pengawet dalam jumlah banyak di dalam tubuh. Kalau sudah begini, dalam jangka panjang bahan kimia seperti ini akan membahayakan kesehatan tubuh.

Kafein

Kafein [sumber gambar]
Konsumsi kafein dalam jumlah ideal memang bisa menekan risiko sakit jantung dan diabetes. Selain itu kafein juga kaya kandungan antioksidan yang dapat mencegah kanker. Tapi bagaikan bila pisau, ada juga sisi lain kafein yang merugikan. Ya, ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan kafein bisa menjadi produsen hormon stress. Tak hanya itu, kafein berlebihan membuat seseorang berisiko terkena tekanan darah tinggi.

Gelatin

Gelatin [sumber gambar]
Merupakan bahan yang berasal dari tulang hewan, gelatin biasa dimanfaatkan sebagai pengental. Konsumsi zat ini secara rutin dengan jumlah berlebihan memicu beberapa ancaman kesehatan. Salah satunya adalah penyakit kanker hati dan alergi. Khususnya bagi anak-anak yang pertumbuhan fisiknya belum matang dengan sempurna.

BACA JUGA: 10 Es Krim Dengan Rasa Paling Aneh Yang Tidak Pernah Kamu Bayangkan

Wah, kalau diperhatikan zat di atas memiliki efek negatif yang cukup mengerikan ya guys. Karena itu, pastikan kamu selektif pada kandungan es krim yang akan kamu konsumsi. Selain itu, kendalikan juga keinginan dan pilih waktu-waktu yang tepat untuk mengonsumsi es krim. Jangan sampai kelezatan sesaat harus ditukar dengan kesehatan kita yang amat mahal ya guys.