in

Ayah Atta Halilintar Diduga Ikut Aliran Sesat, Ini Klarifikasi dari Pihak Keluarga

Keluarga Gen Halilintar tengah diterpa isu tak sedap. Sang ayah, Halilintar Anofial Asmid diduga menjadi pengikut aliran sesat bernama Darul Arqam. Rumor tersebut rupanya sudah muncul beberapa tahun lalu di Twitter. Namun baru-baru ini, isu itu semakin santer.

Pihak keluarga pun sampai ikut angkat bicara mengenai kabar kurang menyenangkan yang menimpa ayah Atta Halilintar. Tak hanya itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan fatwa tentang ajaran yang diduga diikuti oleh mertua Aurel itu. Simak berita selengkapnya berikut ini.

Kronologi ayah Atta disebut ikuti aliran sesat

Sebuah akun Twitter @_HaddapP menulis bahwa sumber kekayaan Gen Halilintar adalah dari ajaran sesat Darul Arqam. Sang pemilik akun juga menyebut para pengikut Darul Arqam wajib menyerahkan hartanya.

Ayah Atta Halilintar diduga ikuti aliran sesat [sumber gambar]
Cuitan yang diposting pada 2018 silam ini, kembali viral lantaran kecurigaan warganet pada keluarga Gen Halilintar yang tak kunjung pulang ke tanah air sejak memutuskan tinggal di Malaysia pada 2020. Bahkan, Gen Halilintar rela melewatkan momen-momen berharga saat pernikahan hingga kelahiran anak pertama Atta dan Aurel. Mereka justru memilih negara lain, Turki untuk bertemu Aurel.

Paman Atta berikan klarifikasi

Adiknya, Anofial Hasmid, akhirnya menanggapi isu tersebut. Ia menegaskan kabar yang memberitakan ayah Atta mengikuti jamaah atau organisasi sesat adalah tidak benar. Paman Atta itu justru mengatakan bahwa Darul Arqam adalah sedikit dari organisasi yang menerapkan sunnah Rasulullah.

Ayah Atta Halilintar diduga ikuti aliran sesat [sumber gambar]
Tak hanya dari pakaian, makan minum, pendidikan, hingga ekonomi, semua mengikuti sunnah. Menurutnya, ini adalah perbedaan dalam Islam namun bukan pada masalah tauhid. Atta sendiri mengaku tak mengetahui keterlibatan ayahnya dalam aliran sesat tersebut. Ia hanya mengatakan sang ayah selalu mengajarkan hal-hal baik sedari kecil.

MUI keluarkan fatwa tentang Darul Arqam

Ayah Atta Halilintar diduga ikuti aliran sesat [sumber gambar]
Pernyataan pihak keluarga bertolak belakang dengan penjelasan MUI. Di halaman resmi, Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa pada 16 Juli 1994, bahwa Darul Arqam adalah ajaran sesat. Darul Arqam mempercayai bahwa Aurad Muhammadiyah Darul Arqam diterima oleh tokoh Darul Arqam bernama Syekh Suhaemi dari Rasulullah dalam kedaan terjaga di Ka’bah. Padahal dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan bahwa semua ajaran Islam sudah disampaikan kepada umat Islam saat Nabi Muhammad SAW wafat. Tidak ada satu ajaran pun yang tertinggal.

Organisasi Darul Arqam yang disebut menyimpang

Ayah Atta Halilintar diduga ikuti aliran sesat [sumber gambar]
Darul Arqam merupakan organisasi terlarang yang didirikan oleh Syekh Ashaari dan berpusat di Malaysia. Kabarnya, lebih dari 100 ribu orang bergabung dengan organisasi ini. Malaysia pun sudah melarang keberadaan Darul Arqam. Ajaran ini diketahui mengajurkan para pengikutnya untuk menyucikan diri dengan menyumbangkan harta yang dimiliki. Mereka yang mendapatkan gaji tetap harus bersedia dipotong 10 persen setiap bulan.

BACA JUGA: Pernah Nikah 25 Kali dan Lakukan Ajaran Sesat, Ini Kabar Eyang Subur yang Makin Tajir

Sejak rumor keterlibatannya dengan ajaran sesat, ayah Atta belum pernah memberikan klarifikasi. Ia tetap sibuk membuat vlog bersama istri dan anak-anaknya. Keluarga Gen Halilintar pun tampak menikmati ibadah umroh bersama.

Written by F A Agustina

Annisa Trihapsari dan Sultan Djorgi. [Sumber Gambar]

Annisa Trihapsari sampai Kalina Oktaranny, Ini 10 Artis Indonesia Hamil di Usia 40-an

Proses evakuasi Aries menuju mobil untuk dibawa ke rumah sakit. [Sumber Gambar]

Tali Putus, Pria Berbobot 275 Kg Jatuh di Lift Rumah sampai Harus Menjalani Operasi