in

Awas Dollar Naik Rawan Bikin Kamu Paceklik!

Ilustrasi

Setelah sempat bikin orang deg-degan ketika menyentuh angka Rp 12 ribuan, kini dollar benar-benar sukses bikin banyak orang susah napas. Gimana nggak, sekarang nilai mata uang negeri paman sam ini udah menyentuh angka Rp 13 ribu sekian. Mimpi buruk? Jangan tanya deh!

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Ini jadi pukulan berat, guys! Mengingat banyak sektor yang memakai dollar sebagai patokan. Hal tersebut juga harus bikin kamu lebih aware lagi untuk membelanjakan uang. Kira-kira apa aja sih yang harus dilakukan di kondisi dollar yang tengah menggila ini? Simak tips unik ini biar kamu nggak bokek.

1. Tunda Kasih Hadiah Mahal ke Pacar

Bagi para couple, hukumnya wajib tuh untuk membahagiakan pasangan. Entah dengan perhatian atau sebuah hadiah mahal. Nah, untuk yang kedua, sepertinya kamu harus berpikir cermat dan realistis. Mengingat dollar yang nilainya nggak karuan, membeli hadiah mahal mungkin bisa jadi trap.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Emang sih bakal bikin pacar bahagia minta ampun, tapi kamu bakal bokek setelah itu. Alih-alih memberikan hadiah mahal, kenapa nggak ganti aja dengan sesuatu yang lebih berkesan tapi ramah di kantong. Misalnya aja sebuah bunga. Eits, jangan buru-buru nge-judge, ketika kamu bisa mengemasnya dengan cakep dan diberikan secara nggak biasa, itu malah jauh lebih berharga dari hadiah apa pun. Nggak percaya? Try it!

2. Outfit Problem

Dollar naik nih, jangan mentang-mentang masih tanggal muda lalu kamu mengabiskan sebagian gaji untuk membeli hal-hal yang kurang perlu. Misalnya aja outfit. Well, setiap orang udah paham banget nih kalau busana sangat penting. Tapi, kamu harus lebih kritis tentang hal ini mengingat dollar lagi galau.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Memuaskan kebutuhan akan penampilan nggak harus dengan beli baju baru, guys. Kenapa nggak memanfaatkan yang ada aja. Beberapa style pakaian rule-nya berputar, jadi yang oldschool masih bisa happening lagi. Artinya? Bongkar isi lemarimu lagi! Kamu juga bisa menambahkan beberapa modifikasi biar makin kece.

3. Tahan Beli Gadget

Siapa sih yang nggak ngiler dengan rilisnya deretan gadget baru yang lagi hype itu? Kalau kamu berencana meminang salah satu dari mereka sedangkan kondisi finansial agak maksain, jauh lebih bijak kalau ditunda dulu.

Tunda beli gadget [Image Source]
Tunda beli gadget [Image Source]
Akibat dollar yang naik, harga gadget pun bakal latah. Kalau kamu emang benar-benar butuh, cari yang paling murah tapi nggak murahan. Perlu diingat kalau cari yang kamu butuhin bukan yang dipengenin.

4. Siasati Traveling

Dollar imbasnya juga ke traveling nih, jadi kamu yang sedang merencakan berpergian ada baiknya cross check dulu mengenai tarif yang diberlakukan. Mulai dari tiket sampai paket perjalanan wisata. Jangan sampai ini jadi perjalanan terakhir kamu lantaran budget sudah habis sama sekali.

Ilustrasi
Ilustrasi [Image Source]
Nah, biar nggak terkesan liburan maksa, coba deh kunjungi tempat-tempat yang dekat dan nggak menghabiskan banyak biaya. Seumpama kamu pengen Hawaii karena kepincut dengan pantainya, ganti deh ke Bali atau ke Lombok yang juga nggak kalah keren tapi biayanya lebih masuk akal.

Dollar naik jangan cuma bengong, kamu juga harus ikutan menganalisa keuanganmu biar bisa survive. Tips tambahan biar kamu nggak kaget kalau dollar iseng manjat-manjat nilainya, investasi aja. Bisa porperty atau juga logam mulia seperti emas. Dua hal ini cenderung stabil mau dollar naik kayak apa.

Semoga bermanfaat ya!

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Para Rapper Ini Menggunakan Uangnya Untuk Beli Barang Paling Konyol

Kuburan Bawah Laut Menyimpan Sisa-Sisa Pesawat Perang Dunia II