Berbicara soal aturan, Indonesia mungkin bisa dibilang negara paling normal di dunia. Alasannya tak lain karena di sini hampir tidak ditemui aturan-aturan nyeleh yang bikin dahi berkerut alias bikin heran. Sejauh ini kita belum menemukan aturan aneh semisal seperti boleh untuk menikung istri orang atau menikah dengan mamalia lain selain manusia.

Ketika Indonesia begitu normal alias tanpa aturan-aturan yang aneh, di negara-negara lain kita justru akan menemukan hal yang sebaliknya. Ya, siapa sangka jika di balik kenormalannya, beberapa negara memberlakukan aturan aneh yang sungguh bikin geleng-geleng. Salah satu contohnya nih adalah aturan boleh menikahi mayat yang diberlakukan di Prancis. Jadi, tidak masalah lho bagi kita untuk mengucapkan ikrar sehidup semati dengan seseorang yang umurnya sudah lewat. Seumpama hal yang sama dilakukan di sini, waduh, hal tersebut bakal jadi berita yang mengguncang NKRI.

Tak hanya Prancis yang punya aturan nyeleneh, beberapa negara berikut juga memiliki hal yang serupa. Simak ulasan lengkapnya.

Artikel Lainnya
10 Meme Akal-akalan Kocak Binatang Kurban Agar Nggak Disembeli Ini Bikin Terpingkal
Reza Mangar, Bocah yang juga Panjat Tiang Bendera tapi Nasibnya Tak Semujur Joni

Di Bangladesh Siswa Nyontek Bisa Berakhir Bui

Ilustrasi mencontek [Image Source]
Bangladesh memiliki aturan yang bisa dibilang adalah mimpi buruk bagi para siswa di sana. Bagaimana tidak, pemerintah negara itu memberlakukan sistem hukuman luar biasa bagi para murid yang ketahuan mencontek. Ya, ketika di Indonesia mencontek bakal hanya dihukum dengan tugas dan semacamnya, di sana para pelaku ‘intip jawaban tetangga’ bakal kena bui. Serius, mencontek di Bangladesh dianggap seperti kriminal kecil sehingga patut untuk diberi hukuman penjara. Luar biasa ya.

Di Florida Haram Hukumnya Kentut di Hari Kamis

Ilustrasi kentut [Image Source]
Kentut kan masalah pribadi ya, tapi apa jadinya jika yang semacam ini diatur negara? Percaya atau tidak, yang semacam ini ternyata benar ada lho dan pelakunya adalah pemerintahan Florida. Ya, entah apa dasarnya, tapi di sana ada aturan yang melarang penduduknya untuk kentut di hari Kamis setelah jam 6 petang. Jadi, bisa diperhatikan ya kalau ke Florida.

Larangan Menyanyi Setelah Matahari Tenggelam di Hawai

Larangan menyanyi di Hawaii [Image Source]
Tak hanya kentut, bernyanyi juga harusnya merupakan hak pribadi yang boleh dilakukan kapan saja. Tapi, di Honolulu, Hawai, kita harus tahu aturan waktu dalam menyanyi. Ya, di sana ada aturan yang melarang seseorang bernyanyi dengan keras setelah matahari tenggelam. Entah apa tujuannya, namun yang jelas ada hukuman kalau melanggar aturan ini.

Penjara Bagi Orang Menjengkelkan di Filipina

Ilustrasi penjara [Image Source]
Menjadi orang menjengkelkan di Filipina adalah hal yang sama sekali tidak menguntungkan. Alasannya tak lain karena di sana seseorang dengan kelakuan bikin kesal bisa dituntut ke pengadilan. Kelakuan menjengkelkan ini tak hanya fisik tapi termasuk verbal juga. Jadi, semisal kamu mengatai seseorang pendek di sana, maka jangan kaget kalau tiba-tiba polisi datang dan menjebloskanmu ke penjara.

Aturan Soal Memasang Lampu di Australia

Ilustrasi mengganti lampu [Image Source]
Adalah hal yang lazim ya kalau kita mengganti lampu sendiri di rumah. Tapi, hal semacam ini sangat dilarang di Australia terutama di Victoria. Ya, di sana adalah ilegal bagi seseorang untuk memasang lampu kecuali ia memiliki semacam sertifikat khusus kelistrikan. Kalau tidak ya jangan dilakukan karena akan berujung kepada hukuman. Tujuan aturan ini sebenarnya baik, tapi bikin ribet.

Kanada Melarang Seseorang Membeli Pakai Koin

Koin Kanada [Image Source]
Pasti pernah dengar ya berita tentang seorang pria yang beli motor sport seharga puluhan juta pakai uang koin. Salut sih dengan pria tersebut yang tekun luar biasa sampai bisa mengumpulkan koin sebanyak itu. Nah, ketika hal yang semacam ini tak masalah di Indonesia, di Kanada tidak demikian. Ya, di sana adalah haram bagi seseorang untuk membeli pakai koin untuk barang yang harganya lebih dari $10 dolar. Hmm, tidak jelas alasannya kenapa. Tapi yang pasti, aturan ini menguntungkan kasir di sana. Ya, mereka lebih hemat waktu.

Aturan Nyeleneh di Tiongkok Soal Kuliah

Ilustrasi siswa di Tiongkok [Image Source]
Di Indonesia, menempuh pendidikan tinggi adalah hal yang mudah. Ya, asal punya duit mau kuliah model apa pun bisa. Ketika di Indonesia kuliah bisa begitu gampang, di Tiongkok tidak seperti itu. Ya, selain harus punya duit, seseorang yang ingin menempuh pendidikan tinggi haruslah pintar. Tidak memiliki standar kecerdasan tertentu, maka jangan harap bisa duduk di bangku kuliah.

Terlepas dari aturan-aturan aneh yang diberlakukan di beberapa negara itu, di belakangnya pasti ada maksud lain yang bertujuan baik. Misalnya sanksi penjara bagi siswa nyontek di Bangladesh, hal tersebut tujuannya tak lain agar siswa tidak berbuat curang dan lebih percaya pada kemampuan sendiri. Menurutmu, kira-kira apa yang bakal terjadi kalau semua aturan di atas juga diberlakukan di Indonesia?