in

Bangga! Inilah Atlet Olimpiade Terbaik Indonesia Sepanjang Masa yang Pulang Menjadi Juara

atlet hebat

Melawan atlet dari seluruh dunia bukanlah perkara gampang. Untuk sekelas Olimpiade, mendapatkan medali saja sudah sangat bersyukur, apalagi kalau medali itu emas hingga Sang Saka Merah Putih berkibar dan Indonesia Raya berkumandang. Semua atlet akan bangga karena mampu membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang hebat.

Anyway, dari keikutsertaan Indonesia sejak tahun 1952 di Helsinki, negeri ini mampu menyabet beberapa medali emas, perak, dan perunggu di sektor olahraga. Para atlet bekerja dengan sangat keras demi mempersembahkan kebanggaan setinggi-tingginya yang tidak akan dilupakan sampai kapan pun. Berikut atlet olimpiade terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Lilies Handayani, dkk. – Panahan

Sejak keikutsertaan di tahun 1952, Indonesia baru mendapatkan sebuah medali di tahun 1988 saat Olimpiade Seoul. Selama 36 tahun, Indonesia terus berjuang hingga akhirnya mampu pecah telor dan mendapatkan 1 medali perak dari Panahan Beregu yang di dalamnya berisi Lilies Handayani, Nurfriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani.

Lilis Handayani [image source]
Lilis Handayani [image source]
Kemenangan yang diberikan oleh trio ini tentu membawa angin segara bagi Indonesia. Setelah perjuangan yang sangat panjang dan melelahkan, negara ini mampu merebut satu medali pertama. Meski medali yang didapatkan hanyalah perak, namun euforia dan juga semangat juang yang ditimbulkan membuat Indonesia mampu bertahan dan mendapatkan emas-emas lain di sektor bulutangkis.

Susi Susanti – Bulutangkis

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Susi Susanti adalah legenda yang tidak bisa dilupakan. Kehebatannya dalam olahraga tepok bulu membuat Indonesia mampu menggondol emas pertama sejak puluhan tahun. Pasca Olimpiade 1988 di Seoul, punggawa bulutangkis Indonesia semakin menunjukkan taringnya hingga Susi Susanti yang menjadi Srikandi berhasil merebut sebuah kemenangan yang manis.

Susi Susanti [image source]
Susi Susanti [image source]
Kemenangan dari Susi Susanti tentu disambut dengan sangat gembira oleh banyak sekali rakyat Indonesia. Akhirnya, sebuah medali yang sangat diinginkan jatuh ke tangan Indonesia setelah perjuangan yang sangat berat dilaksanakan. Tahun 1992 adalah tahun terbaik sepanjang sejarah Indonesia di mana negeri ini menggondol 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Raema Lisa Rumbewas – Angkat Berat

Pada Olimpiade Rio 2016 ini, Indonesia baru saja berhasil menggondol satu perak di cabang olahraga Angkat Berat dari kerja keras Sri Wahyuni Agustiani. Jauh sebelum Sri membanggakan nama Indonesia di kancah internasional, seorang gadis bernama Raema Lisa Rumbewas berhasil mempersembahkan dua medali perang dari dua olimpiade selama dua tahun berturut-turut.

Raema Lisa Rumbewas [image source]
Raema Lisa Rumbewas [image source]
Perjuangan Rima yang pertama dilakukan pada Olimpiade Sydney tahun 2000 dan yang terakhir di Olimpiade Athena di tahun 2004. Dua medali itu dipersembahkan dari kelas Wanita 48 kg dan Wanita 53 kg. Bersamaan dengan Raema, ada juga Winarti Binti Slamet yang mendapatkan perunggu di Olimpiade Sydney 2000 dan Sri Indriyani di tahun yang sama.

Taufik Hidayat – Bulutangkis

Semua orang di Indonesia pasti setuju kalau cabang olahraga bulutangkis adalah satu-satunya olahraga terkuat yang dimiliki oleh Indonesia bersamaan dengan Angkat Berat. Selama keikutsertaan Indonesia dalam Olimpiade, negeri ini telah mampu mendulag 18 medali dengan komposisi emas, perang, dan perunggu masing-masing 6 buah.

Taufik Hidayat [image source]
Taufik Hidayat [image source]
Dari cabang bulutangkis, kita sangat mengenal baik Taufik Hidayat. Dia adalah peraih medali emas di Olimpiade Athena tahun 2004. Selain Olimpiade, Taufik juga juara di berbagai even internasional hingga julukan legenda sudah selayaknya disematkan. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Alan Budikusuma, Tony Gunawan & Candra Wijaya, Rexy Mainaky & Ricky Subagja, dan Hendra Setiawan & Markis Kiddo yang sama-sama menggondol emas di kerjuaraan olimpiade.

Inilah atlet-atlet Olimpiade terbaik Indonesia yang pernah membawa harus mana negeri ini ke kancah dunia. Semoga di tahun ini yang bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaan, kontingen Indonesia bisa menggondol emas yang sudah sangat dirindukan oleh banyak orang itu.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Jim Geovedi, Pria Lulusan SMA yang Bisa Kendalikan Jaringan Internet Seluruh Indonesia

Hanya di Thailand, Wajib Militer Dilakukan dengan Lotre dan Transgender Diwajibkan Berperang