in

5 Jurus Mengatasi Sogok Ontong Macet Bunyi dan Nyilet Buat Para Sogoner Mania

Bagi para pecinta burung pasti tahu dengan jenis Sogok Ontong atau yang akrab disebut Sogon. Hewan satu ini termasuk jenis burung yang paling disukai lantaran harganya ekonomis. Namun, walaupun harganya sangat terjangkau, perawatannya cukup susah karena jika salah sedikit saja bisa menyebabkan Sogon nyilet atau kurus. Bahkan, lebih parahnya lagi Sogon bisa mengalami yang namanya macet bunyi.

Nyilet bisa terjadi karena asupan protein yang didapat masih belum cukup, sehingga burung akan kekurangan gizi. Lalu, kalau Sogon macet bunyi penyebabnya adalah telat diberi makan, baru pindah sangkar atau dibawa perjalanan pada malam hari. Sebenarnya masih banyak lagi penyebabnya, tapi yang paling sering membuat Sogon menjadi pendiam adalah tiga hal tadi. Tapi, jangan sedih para Sogoner Mania, ada beberapa cara untuk mengatasi Sogok Ontong yang nyilet ataupun macet bunyi.

Harus diberikan pengembunan setiap pagi

Harus dikeluarkan setiap pagi dari rumah agar terkena embun [Sumber Gambar]
Burung Sogon yang malas bunyi bisa disiasati dengan cara satu ini. Caranya adalah dengan mengeluarkan Sogok Ontong pada pagi hari agar ia terkena embun. Hal ini dilakukan supaya burung merasa seperti di habitatnya sendiri dan secara tidak langsung Sogon bisa terangsang untuk mengeluarkan bunyi. Nah, oleh karena itu embunkan Sogok Ontong setiap hari mulai habis subuh hingga matahari muncul. Dijamin, Burung Sogok Ontong akan berbunyi kembali seperti sedia kala.

Diberikan pakan kroto

Diberi kroto [Sumber Gambar]
Cara lain supaya Sogok Ontong berbunyi adalah dengan memberikan pakan kroto supaya level birahinya meninggi dan membuat burung terangsang untuk berbunyi. Selain itu, fungsi kroto juga untuk mengatasi Sogok Ontong yang nyilet supaya bisa gemuk kembali. Memang kroto merupakan makanan utama dari Sogon, namun untuk kali ini takarannya harus lebih banyak. Kalau memungkinkan, berikan juga susu sedikit saja supaya melengkapi gizi bagi tubuhnya. Tapi, jangan lupa kalau kroto harus lebih banyak dari susu namun takarannya harus pas. Jika takarannya terlalu berlebih, maka Sogon akan mengalami bulu rontok.

Jangan lupa diberikan air gula pasir

Diberikan air gula pasir [Sumber Gambar]
Ada lagi cara mengatasi Burung Sogok Ontong yang macet bunyi yaitu memberikan air gula. Air gula ini fungsinya sama saja dengan kroto yang sebelumnya sudah dijelaskan. Cairan ini bisa meningkatkan gairah dari Sogok Ontong supaya terangsang untuk berbunyi. Kemudian, jangan lupa untuk memberikan air ini secara rutin supaya Sogok Ontong bisa lebih cepat mengeluarkan suara merdunya.

Sirup juga bagus untuk mengeluarkan bunyi Sogon

Bisa diberikan air sirup [Sumber Gambar]
Memberikan sirup juga bagus untuk merangsang Sogok Ontong berbunyi. Minuman satu ini sama seperti air gula pasir tadi yang bermanfaat untuk mendongkrak hasrat Sogok Ontong supaya mau untuk berbunyi. Namun, untuk pemberian cairan manis satu ini tidak boleh sembarangan ya. Hanya boleh diberikan satu atau dua minggu sekali untuk pelengkap saja. Jika ini diberikan terlalu berlebihan, air sirup ini lama kelamaan akan menjadi racun bagi tubuh Sogok Ontong.

Vitamin khusus burung kicau juga perlu diberikan

Diberikan vitamin burung kicau [Sumber Gambar]
Sogok Ontong yang tidak mau berbunyi bisa dicoba dengan memberikan vitamin khusus burung kicau. Fungsinya selain untuk merangsang burung agar mau berbunyi juga mempunyai manfaat supaya suara yang dikeluarkan berkualitas bagus. Untuk penggunaannya cukup diberikan seminggu sekali saja dan dicampurkan ke air minumnya. Cara ini sudah dilakukan oleh banyak orang dan cukup berhasil membuat Sogok Ontong berbunyi.

Cara-cara untuk mengeluarkan suara Sogok Ontong di atas secara tidak langsung juga memberikan rangsangan positif bagi burung itu sendiri. Secara perlahan kondisi burung juga akan membaik dengan sendirinya. Tak hanya itu, Sogok Ontong tidak akan ragu lagi untuk berbunyi seperti semula.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Dikatakan Bentuknya Mirip Ember, tapi Tas Ini Laris Terjual dengan Harga yang Luar Biasa

9 Potret Kelakuannya Nyeleneh Anak-Anak Saat Ditinggal Emak yang Heboh Diskon Belanja