in

Jangan Panik! Gunakan 6 Cara Jitu untuk Atasi Kegagalan Registrasi Kartu SIM

Sampai saat ini banyak orang yang belum meregistrasi kartu SIMnya. Bukan karena malas, tapi penyebabnya adalah kegagalan yang sering dialami waktu mendaftarkan kartunya. Padahal format yang dipakai sudah benar dan tidak ada kesalahan apapun. Kemudian untuk nomor KTP dan KK juga sudah dicek. Sehingga hal ini membuat orang-orang gemas dan akhirnya enggak bisa melakukan registrasi kartu SIM tepat waktu.

Sudah mulai tanggal 1 Maret kemarin telah dilakukan pemblokiran kartu perdana tahap pertama. Memang sih bagi yang belum mendaftarkan nomornya akan diberi waktu sampai 30 hari, tapi kalau enggak bisa juga ya mau bagaimana. Tapi tenang aja Sahabat Boom, ada beberapa cara kok untuk mengatasi nomor yang selalu gagal registrasi.

1. Coba cek kembali nomor KK dan KTP

Cek nomor KK dan KTP [Sumber Gambar]
Terkadang beberapa orang tidak sadar akan kesalahannya pada saat penulisan nomor KK atau KTP. Itu karena digitnya yang panjang sehingga menyebabkan orang-orang tidak teliti kalau ada angka yang terlewat. Jadi untuk mengatasi hal tersebut adalah menyuruh orang lain untuk membacakan nomor KK dan KTP yang kita miliki. Dengan cara ini, pasti kesalahan tidak akan terulang kembali.

2. Lihat juga format registrasi kartu SIM

Format registrasi ulang kartu berbeda setiap operator [Sumber Gambar]
Untuk format pengiriman registrasi kartu SIM ternyata setiap operator berbeda-beda lho Sahabat Boom. Hanya ada beberapa operator yang mempunyai format sama. Contohnya adalah operator Indosat (IM3,Mentari), Tri dan Smartfren menggunakan format ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#. Kemudian untuk XL Axiata yang operatornya terdiri dari XL dan Axis formatnya ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK. Sedangkan bagi operator Telkomsel yang terdiri dari Simpati dan Kartu AS menggunakan format ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#. Nah, itulah format untuk setiap operator. Jadi jangan sampai salah ya Sahabat Boom.

3. Ingat lagi apakah nomor termasuk lama atau baru

Format registrasi kartu baru dan lama berbeda [Sumber Gambar]
Hmm.. kegagalan registrasi kartu juga bisa karena hal yang satu ini. Yap, masalah tentang kartu apakah tergolong lama atau baru. Biasanya yang tergolong kartu baru adalah perdana sudah dipakai sekitar 3 bulan lamanya. Lebih dari itu, kartu telah dianggap menjadi SIM lama. Nah, bagi yang kartunya baru format registrasinya berbeda juga Sahabat Boom. Kalau untuk pelanggan Telkomsel formatnya REG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#. Selanjutnya bagi opeerator XL Axiata menggunakan DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK). Sedangkan untuk Indosat, Tri dan Smartfren memakai format (16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)#. Yuk coba ingat-ingat lagi apakah nomor kalian tergolong baru atau lama.

4. Kalau sekali gagal, jangan buru-buru didaftarkan lagi

Bisa dicoba restart ponsel [Sumber Gambar]
Bagi beberapa nomor pasti ada yang susah sekali untuk mendaftarkan kartu SIMnya. Padahal nomor KK dan KTP tidak ada yang kurang. Kemudian formatnya pun juga sudah sesuai dengan ketentuan. Nah, kalau Sahabat Boom mengalami hal tersebut, jangan buru-buru untuk didaftarkan lagi ya. Tunggu beberapa menit, lalu coba registrasi kembali. Kalau masih gagal, coba matikan dan nyalakan kembali ponselnya. Biasanya cara ini cukup berhasil dan ada notifikasi kalau nomor sudah teregistrasi.

5. Jika masih gagal, coba terus sampai 5 kali

Lakukan sampai 5 kali registrasi [Sumber Gambar]
Kalau empat cara di atas masih gagal, coba terus registrasi sampai 5 kali ya. Ini dilakukan karena biasanya kalau sudah melakukan registrasi sebanyak 5 kali, ada notifikasi berupa sms untuk melakukan sesuatu. Isi dari sms biasanya berbeda-beda ya Sahabat Boom. Karena notifikasi tergantung dari operator apa yang kalian pakai. Sehingga jangan khawatir ya , kalian tetap bisa kok melakukan registrasi kembali.

6. Ada alternatif lain kalau masih alami kegagalan

Bisa registrasi online [Sumber Gambar]
Apabila Sahabat Boom masih gagal melakukan registrasi, ada alternatif lain kok. Caranya adalah dengan melakukan pendaftaran online yang disediakan oleh setiap operator. Untuk Telkomsel bisa ke alamat https://mobi.telkomsel.com/ulang. Kemudian bagi pelanggan kartu Indosat bisa kunjungi situs https://indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system/faq-registrasi. Jika Sahabat Boom menggunakan XL, alamatnya adalah https://registrasi.xl.co.id/ulang. Lalu bagi pengguna Tri bisa masuk ke situs https://registrasi.tri.co.id/. Sedangkan untuk pelanggan Smartfren alamatnya adalah https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php.

Itulah 6 cara yang digunakan untuk mengatasi kegagalan registrasi kartu. Cukup mudah kan untuk dilakukan? Jadi jangan menyerah dulu kalau gagal terus dalam melakukan registrasi. Tapi, kalau keenam cara di atas enggak bisa mengatasi kegagalannya, langsung aja ke gerai resmi operator yang bersangkutan ya Sahabat Boom. Bisa saja hal tersebut terjadi karena adanya sistem yang eror.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tinggal Di Pinggiran Sungai, Perjuangan Hidup Bule Asal Inggris Ini Bikin Ngelus Dada

10 Pesona Putri Marino, Wanita yang Bikin Chicco Jerikho Ngebet Segera Ijab Kabul