Atas Nama Sains, Hal-Hal Nyeleneh dan Enggak Masuk Akal Ini Dilakukan Manusia

oleh Adi Nugroho
14:42 PM on Oct 20, 2016

Banyak yang mengatakan kalau sains adalah agama kedua bagi manusia. Tanpa adanya sains, manusia tidak akan bisa apa-apa. Kemajuan di bidang teknologi, kedokteran, hingga pertanian sekali pun tidak bisa dilepaskan dari perkembangan sains. Akibatnya, manusia jadi terobsesi dengan sains sehingga mau melakukan apa saja termasuk hal-hal nyeleneh dan tidak masuk akal.

Di masa lalu, banyak ilmuwan melakukan percobaan yang aneh dan susah diterima oleh logika. Mereka hanya mengandalkan intuisi dan juga dugaan-dugaan yang serampangan. Akhirnya, percobaan yang nyeleneh seperti yang tersaji di bawah ini terjadi. Mari simak bersama-sama seperti apa hal nyeleneh yang dilakukan oleh manusia atas nama sains.

Baca Juga
Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Mudah Ditemukan di Rumahmu
Melihat Camp Latihan Super Mewah Tim Malaysia yang Bikin Pemain Indonesia Ngiri

1. Mencetak Bola Mata untuk Penyidikan

Pada abad ke-19, sekelompok ilmuwan melakukan hal cukup aneh dengan menganalisis mata dari para penjahat. Mereka melakukan itu untuk melihat gambar terakhir yang ditangkap oleh mata. Metode yang digunakan untuk penganalisisan ini adalah dengan mencetak permukaan mata beserta isi-isinya. Penjahat yang akan dihukum mati diminta membuka matanya lebar-lebar untuk dianalisis.

optography [image source]
optography [image source]
Eksperimen ini cukup tidak masuk akal dan bisa membahayakan orang dijadikan objek percobaan. Dalam perkembangannya, para penganalisis mata ini belum mampu melakukan analisis dengan baik. Oh ya, beredarnya percobaan ini ke ranah publik membuat penjahat selalu merusak mata dari korbannya agar wajahnya tidak bisa dilihat dengan teknik optography ini.

2. Alat Sengat untuk Kelamin Pria

Pada abad ke-19 atau tepatnya di era Victoria, pria yang mengalami gangguan pada alat kelaminnya akan memakai alat yang cukup ekstrem. Alat itu mirip sekali dengan celana dalam namun mampu menyengatkan listrik pada alat kelamin. Listrik yang digunakan tidak terlalu besar, namun cukup memberi sengatan yang bikin ngilu.

alat sengat untuk pria [image source]
alat sengat untuk pria [image source]
Para ilmuwan di masa itu membuat alat ini karena percaya bahwa menurunnya kemampuan kelamin pria dalam bekerja disebabkan kurangnya energi. Untuk memenuhi energi itu, mereka memberinya sengat berupa listrik. Pria di kala itu banyak mengenakan alat ini dan membiarkan alat kelaminnya disengat berkali-kali.

3. Mengajari Penyengat Menjadi Hewan Peliharaan

John Lubock melakukan eksperimen yang cukup nyeleneh dengan mengajari hewan sejenis tawon untuk jadi hewan peliharaan. Dia melatih hewan kecil itu agar mau makan di tangannya atau melakukan hal-hal lebih berguna seperti menyerang musuh atau orang yang tidak menyukai John Lubock secara personal.

mengajari penyengat [image source]
mengajari penyengat [image source]
Dalam percobaan yang dilakukannya ini, dia tidak mampu melatih tawon yang sangat kecil ini. Bahkan dia sering disengat hingga tubuhnya kerap bengkak. John Lubock memberi klaim kalau hewan kecil ini adalah hewan yang sangat tepat untuk dipelihara meski hanya mampu hidup hingga 9 bulan saja.

4. Makan Apa Saja yang Ada di Dunia

William Buckland memiliki kekhawatiran kepada anak cucunya kalau tidak bisa merasakan segala yang ada. Akhirnya dia melakukan hal-hal yang tidak masuk akal seperti merasakan aneka jenis bahan makanan di seluruh dunia. Dia juga mencoba satu per satu daging hewan, kotoran hewan, hingga bangkai sekali pun. William mencatat segala rasa yang ada agar bisa dipelajari oleh generasi setelahnya.

jantung yang diawetkan [image source]
jantung yang diawetkan [image source]
Atas nama sains, William melakukan apa saja termasuk mencoba jantung dari Raja Louis XIV yang diawetkan. Dari segala hal yang pernah dirasakan selama hidupnya William paling benci saat makan tikus kebun yang rasanya bikin dia ingin muntah. Tapi sekali lagi, atas nama sains, dia mau melakukannya dengan baik.

Inilah hal-hal nyeleneh dan tidak masuk akal yang dilakukan manusia atas nama sains. Kalau hal-hal nyeleneh di atas dilakukan di zaman sekarang kira-kira mau jadi apa ya mereka?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Potret Kelakuan Nyeleneh DPR Rusia Saat Rapat, Ternyata Gak Kalah Koplak dengan Indonesia 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara 8 Balasan “Surat Cinta” Istri Pergi ke Pasar Tinggalkan Suami Ini Sukses Bikin Ngakak Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 6 Fakta Ini Buktikan Enaknya Menjadi Pilot di Indonesia, Nomer 5 Bikin Ngiler! Kerap Tampil Kocak Sampai Menggelikan, Ternyata Kehidupan Mimi Peri di Dunia Nyata Sungguh Miris 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand
BACA JUGA