Asgardia, Negara Pertama di Luar Bumi yang Membuat Banyak Manusia Tertarik untuk Bergabung

Kalau kelak benar-benar terealisasi, kira-kira kamu tertarik jadi warga Asgardia, nggak?

oleh Nikmatus Solikha
07:00 AM on Jul 12, 2017

Kalau kamu penggemar film Barat, mungkin sudah nggak asing lagi dengan tema-tema antariksa. Di mana para tokohnya hidup atau tinggal selama bertahun-tahun di luar Bumi. Selama ini, mungkin kita merasa jika hal itu cuma fiksi. Namun, siapa sangka jika hal itu benar-benar terjadi?

Ya, sebuah negara baru telah dibentuk dengan nama Asgardia, dan letaknya nggak di Bumi. Asgardia bahkan diklaim sebagai negara pertama di angkasa yang dibentuk oleh sekelompok ilmuan, insinyur, pebisnis dan juga pengacara. Kesannya menakjubkan ya, tapi kira-kira seperti apa negara Asgardia itu?

Baca Juga
Pengendali Cuaca Hingga Waktu, Inilah 4 Kesaktian Kim Jong Un yang Dipercaya Warga Korut
5 Fakta Misterius Hutan Kalimantan yang Bikin Orang Tak Berani Menjelajah Meskipun Sangat Indah

Semua orang bisa jadi warga negara Asgardia

Seperti layaknya negara-negara di Bumi, Asgardia membentuk pemerintahan demokrasi berdasarkan hukum. Warga negara Asgardia nantinya bakal diminta untuk turut andil dalam memberikan suara demi perumusan dasar konstitusi negara tersebut. Sementara ini, negara tersebut masih mengundang orang-orang untuk bergabung.

Ilustrasi Asgardia [image source]
Menurut situs resminya, negara Asgardia memperbolehkan semua manusia Bumi untuk jadi warga negara Asgardia. Syaratnya sendiri dengan mengisi formulir yang terdiri atas nama, alamat email, negara asal dan pernyataan telah berumur minimal 18 tahun. Sekitar 40 jam setelah diumumkannya negara baru Asgardia, tercatat sudah 175.770 orang yang mendaftar.

Tujuan didirikannya Asgardia

Tujuan didirikan Asgardia sendiri dari asas utama. Yang pertama, untuk menjamin kehidupan antariksa secara damai. Yang kedua, untuk menjadi pelindung bagi Bumi. Seperti kita ketahui, selama ini Bumi memang rentan terkena badai matahari, asteroid, hingga puing-puing angkasa yang kerap menembus atmosfer.

Ilustrasi keadaan di Asgardia [image source]
Gagasan tersebut memang dianggap jempolan. Secara, hingga saat ini badan antariksa nomor satu sekalipun belum mampu mengatasi atau mencegah batu angkasa menabrak bumi. Sementara yang ketiga, memfasilitasi siapa saja yang belum memiliki akses untuk hal-hal yang berhubungan dengan keilmuan antariksa.

Banyak orang Indonesia yang sudah mendaftar

Kamu tertarik jadi warga negara Asgardia? Dilansir dari suratkabar.id, saat ini setidaknya sudah tercatat sekitar 2.609 warga Indonesia yang mendaftar. Indonesia menempati urutan ke-18 di antara negara-negara lain.

banyak pendaftar dari Indonesia [image source]
Sementara itu, negara yang paling banyak mendaftar adalah China, 32.464 orang disusul Turki sebanyak 29.545 orang dan Amerika Serikat sebanyak 29.153 orang. Menariknya, 80% orang yang mendaftar merupakan kaum laki-laki, sementara pendaftar perempuan masih sangat sedikit.

Adanya sengketa hukum

Dana dan teknologi tentu jadi jadi masalah untuk mewujudkan Asgardia. Dan rupanya, masih ada masalah lain yaitu soal hukum. Perjanjian Angkasa Luar PBB telah mengatur bahwa angkasa merupakan milik manusia dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk seluruh umat.

Tata surya [image source]
Tidak ada pihak yang bisa memberikan klaim Bulan, Matahari, atau benda langit lainnya. Profesor Sa’id Mosteshar, Direktur London Institute of Space Policy and Law juga meragukan bahwa Asgardia bisa diakui secara internasional. Asgardia yang tidak memiliki wilayah teritorial dan masih berada di Bumi, peluang untuk diakui juga sangat kecil. Sulit membayangkan konsep negara di mana seseorang bisa jadi warga negara yang tak bisa dipijak.

Meski terdengar sulit, namun di dunia ini tidak ada yang mustahil. Terlebih teknologi yang dikembangkan manusia saat ini makin canggih saja. Bagaimana perkembangan Asgardia, kita tunggu saja kabar selanjutnya. Atau justru kamu tertarik juga untuk daftar jadi warga negara luar angkasa? Jangan lupa dipikirkan soal dana dan segala tetek bengeknya ya. Kalau jadi warga negara luar angkasa, kira-kira mau kerja apa ya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA