Di Indonesia, pernikahan beda agama sangatlah kontroversial. Tidak mudah tinggal seatap dengan orang yang memiliki beda keyakinan. Dan, butuh berpikir seribu kali sebelum memutuskan untuk akhirnya menikah dengan orang yang memiliki agama berbeda.

Tapi, kalau cinta sudah bicara, agama seakan bukanlah penghalang. Mungkin, seperti itulah yang dirasakan oleh para pasangan selebriti yang beda agama ini.

1. Lida Kandou dan Jamal Mirdad – Pasangan Paling Serasi Walau Akhirnya Bercerai

Membangun rumah tangga meski beda agam telah dijalan oleh pasangan Lidia Kandou dan Jamar Mirdad selama puluhan tahun. Keduanya saling menghargai keyakinan masing-masing sehingga pernikahan pun bertahan lama. Pasangan ini menikah pada tahun 1986 di mana Lidia beragama Kristen sementara Jamal Mirdad adalah seorang muslim.

Lida Kandou dan Jamal Mirdad
Lida Kandou dan Jamal Mirdad

Namun sayang, setelah memperjuangkan status secara mati-matian di Pengadilan Negeri, pernikahan mereka harus berakhir. Keduanya pun memutuskan untuk bercerai pada 4 Juli 2013 yang lalu. Usia pernikahan mereka bertahan selama 27 tahun dengan ditentang oleh orang tua, agamawan, dan masyarakat.

Selanjutnya: Tamara Bleszynksi dan Mike Lewis – Hanya Seumur Jagung Saja

2. Tamara Bleszynksi dan Mike Lewis – Hanya Seumur Jagung Saja

Artis dan model cantik Tamara Bleszynksi awalnya adalah seorang muallaf. Dia masuk islam saat usianya sudah 21 tahun. Waktu itu, dia melihat sebuah symbol bulan dan bintang di halaman sekolahnya di mana symbol tersebut sering ditemukan di kubah masjid. Setelah bercerai dengan Teuku Rafly Pasya, wanita berdarah Polandia ini kemudian menikah dengan Mike Lewis pada tahun 2010 yang lalu.

Tamara Bleszynksi dan Mike Lewis
Tamara Bleszynksi dan Mike Lewis

Baca Juga: Ups, 7 Seleb Indonesia Ini Malah Menikahi Selingkuhannya

Keduanya melangsungkan pernikaha beda agama di Villa Bayyh Sabbha, Uluwatu, Bali. Dalam pernikahan tersebut hanya keluarga dan kerabat saja yang hadir. Setelah memiliki seorang putra dengan Mike, Tamara kemudian mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada awal tahun 2012 dan resmi bercerai pada 28 Mei 2012.

Selanjutnya: Cornelia Agatha dan Sony Lalwani – Pernikahan Kandas Karena KDRT

3. Cornelia Agatha dan Sony Lalwani – Pernikahan Kandas Karena KDRT

Pernikahan beda agama artis cantik Cornelia Agatha dan Sony Lalwani berlangsung di Hongkong pada 18 Mare 2006 yang lalu. Mereka tidak peduli pendapat sekitar tentang perbedaan keyakinan antara keduanya setelah berpacaran selama 8 tahun lamanya. Dari pernikahan ini, kedua pasangan ini pun dikaruniai dua anak kembar melalui operasi caesar.

Cornelia Agatha dan Sony Lalwani
Cornelia Agatha dan Sony Lalwani

Namun sayang, usia pernikahan mereka tidak selama saat masih pacaran. Karena Cornelia menggugat cerai suaminya pada akhir Desember 2012 yang lalu dengan dia menjadi korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Sony pun jarang pulang ke rumah.

Selanjutnya: Jeremy Thomas dan Ina Indayanti –  Beda Agama, Dan Tetap Ruku-Rukun Saja

4. Jeremy Thomas dan Ina Indayanti –  Beda Agama, Dan Tetap Ruku-Rukun Saja

Pernikahan beda agama juga dilangsungkan oleh aktor tampan Jeremy Thomas dan Ina Idayanti atau Ina Thomas. Keduanya memiliki profesi yang sama, yakni sebagai model. Jeremy Thomas mengawali karirnya sebagai model pada tahun 1994 serta menbintagi beberapa sinetron sementara Ina Thomas adalah seorang model catwalk.

Jeremy Thomas dan Ina Indayanti
Jeremy Thomas dan Ina Indayanti

Baca Juga: 5 Artis Cantik Indonesia Yang Pernah Batal Menikah

Berbeda dengan pasangan beda agama sebelumnya yang pernikahan mereka berakhir di meja hijau, hingga saat ini, pernikahan beda agama Jeremy dan Ina Thomas masih terlihat rukun. Dari hasil pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak yakni Axel Matthew Thomas dan Valerie Teresa Thomas.

Selanjutnya: Fans Mohede dan Amara – Contoh Keluarga Harmonis

5. Fans Mohede dan Amara – Contoh Keluarga Harmonis

Cinta ada karena terbiasa. Fans Mohede dan Amara dulunya adalah teman yang sama membesarkan sebuah grup musik. Namun, ketika cinta sudah berkata, beda agama pun bukan menjadi halangan bagi mereka berdua. Hingga akhirnya, tanpa ragu, Fans Mohede menikahi Amara yang beragama islam.

Fans Mohede dan Amara
Fans Mohede dan Amara

Pernikahan beda agama dilangsungkan di Hongkong pada akhir tahun 1999. Dan dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak. Namun mereka sangat bijak dan memberikan ilmu agama secara dasar saja kepada anak-anaknya yang masih kecil. Dengan harapan, kalau sudah dewasa nanti, biar mereka yang menentukan agama mereka sendiri. Dan hingga saat ini, pasangan beda agama ini terlihat rukun.

Selanjutnya: Katon Bagaskara dan Ira Wibowo – Sayang Sekali Mereka Berpisah

6. Katon Bagaskara dan Ira Wibowo – Sayang Sekali Mereka Berpisah

Sebelum menikah dengan Ira Wibowo, Katon Bagaskara sebelumnya juga telah menikah dan dikaruniai seorang putri. Lalu, Katon kemudian menikahi Ira pada tahun 1996 silam. Katon dan Ira merupakan pasangan selebriti dengan agama yang berbeda.

Katon Bagaskara dan Ira Wibowo
Katon Bagaskara dan Ira Wibowo

Dari pernikahan ini, Katon dan Ira dikaruniai dua orang putra yakni Andhikan Radya Bagaskara yang lahir tahun 1997 dan Mario Arya Bagaskara yang lahir 5 tahun setelahnya. Namun sayang, pernikahan mereka tidak bertahan lama. Mereka kemudian memutuskan untuk bercerai dengan alasan sudah tidak menemukan kecocokan lagi.

Selanjutnya: Glenn Fredly dan Dewi Sandra – Padahal Dulu Butuh Perjuangan Untuk Bisa Bersama

7. Glenn Fredly dan Dewi Sandra – Padahal Dulu Butuh Perjuangan Untuk Bisa Bersama

Sama halnya dengan artis cantik Tamara Belszynki, Dewi Sandra juga merupakan artis yang baru islam. Setelah perceraiannya dengan Surya Saputra, Dewi Sandra lalu menikah dengan Glenn Fredly yang beragama Kristen pada tahun 2006 lalu. Dari pernikahan tersebut, pasangan sesama penyanyi ini tidak dikaruniai seorang anak.

Glenn Fredly dan Dewi Sandra
Glenn Fredly dan Dewi Sandra

Baca Juga: 4 Drama Korea Ini Dijiplak Sinetron Indonesia

Tak lama kemudian, keduanya pun memutuskan untuk bercerai. Dalam rumah tangga yang dibangunnya, mereka tak lagi menemukan kecocokan dan keserasian. Tak hanya itu, pertengkaran pun sering terjadi pada keduanya. Dan mereka akhirnya bercerai pada 12 Maret 2009 yang lalu.

Selanjutnya: Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale – Tetap Harmonis Hingga Hari Ini

8. Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale – Tetap Harmonis Hingga Hari Ini

Pernikahan beda agama juga dijalani oleh pasangan Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale. Mereka melangsungkan pernikahan agama di Perth, Australia pada September 2003 dan resepsi di bulan Oktober 2003 yang lalu. Banyak yang menentangkan pernikahan dengan beda keyakinan ini. Namun, hal tersebut bukanlah penghalang bagi mereka untuk membangun sebuah keluarga.

Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale
Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale

Bahkan, untuk menghormati sang suami, Ina pernah mengikuti kebaktian di sebuah gereja. Namun, Nia mengaku masih memeluk agama islam sementara sang suami beragama katholik. Dan keduanya masih nampak rukun hingga saat ini meski di matang orang pernikahannya sangatlah kontroversi.

Selanjutnya: Aqi Alexa dan Audrey Meirina – Pernikahan Sederhana Dengan Adat Betawi

9. Aqi Alexa dan Audrey Meirina – Pernikahan Sederhana Dengan Adat Betawi

Di awal tahun 2012, Aqi Alexa dan Audrey Meirina melangsungkan pernikahan meski keduanya memiliki keyakinan berbeda. Pernikahan tersebut hanya didatangi oleh keluarga dan kerabat saja. Meski Audrey adalah seorang non-muslim, keduanya pun melangsungkan pernikahan secara islam dan dengan adat Betawi. Aqi menggunakan peci sementara Audrey menggunakan kebaya.

Aqi Alexa dan Audrey Meirina
Aqi Alexa dan Audrey Meirina

Pernikahan yang dilakukan secara diam-diam ini awalnya disangka karena perbedaan agama di antara mereka. Namun, Aqi membantah rumor tersebut. Dan keduanya tidak pernah mempersoalkan perbedaan agama di antara mereka.

Selanjutnya: Deddy Corbuzier dan Kalina – Pasangan Pesulap Paling Misterius

10. Deddy Corbuzier dan Kalina – Pasangan Pesulap Paling Misterius

Pernikahan beda agama juga dilangsungkan oleh magician Deddy Corbuzier dengan Kalina pada bulan Februari 2005 yang lalu. Pernikahan dilangsungkan dengan dua cara yakni akad nikah dengan cara islam dan secara Negara untuk bisa masuk dalam catatan sipil. Dalam pernikahan tersebut, ayah Kalina mewakilkan surat kuasa untuk menjadi wali anaknya.

Deddy Corbuzier dan Kalina
Deddy Corbuzier dan Kalina

Umur pernikahan Deddy dan Kalina pun tidak dapat bertahan lama. Pasangan beda agama ini pun tak menemukan kecocokan. Pada awal tahun 2013 yang lalu, mereka akhirnya resmi bercerai di pengadilan negeri Jakarta Selatan.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Suku-Suku di Indonesia, Ada Yang Mengasingkan Perempuan Hamil!