Pernikahan adalah momen sakral yang tujuannya dilaksanakan hanya satu kali seumur hidup. Dan salah satu syarat nikah adalah adanya mahar. Seorang pria yang akan menikahi wanita biasanya memikirkan baik-baik mahar apa yang akan diberikan. Nggak jarang kita dapati pria yang memberikan mahar beruba barang mewah seperti rumah dan mobil. Meski mahalnya mahar bukanlah hal mutlak yang harus dilakukan oleh seorang pria yang ingin pempersunting wanita meski dirinya kaya. Dalam agama Islam sendiri, Rasul pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya mahar adalah yang paling mudah.

Lantas, bagaimana dengan pernikahan selebriti? Karena dunia seleb memang sangat dekat dengan kemewahan, biasanya pernikahan mereka juga nggak jauh dari sesuatu yang mahal. Tapi, ternyata ada lho beberapa artis yang super kaya, tapi malah diberi mahar yang sangat kecil. Siapa aja sih?

Laudya Cynthia Bella

Laudya Cynthia Bella [sumber gambar]
Tepat satu tahun yang lalu, Bella akhirnya melepas masa lajang setelah dipersunting oleh pengusaha kaya raya asal Negeri Jiran. Perniakahan tersebut diselenggarakan secara privat di Kuala Lumpur, Malaysia. Meski Bella merupakan artis papan atas yang tentunya kaya raya, dan Engku Emran sendiri merupakan pengusaha sukses, namun mereka tak melakukan resepsi mewah. Bahkan, duda satu anak tersebut hanya memberikan mahar sebesar RM 300 atau senilai 950 ribu saja. Untuk ukuran pernikahan seorang seleb dan pengusaha, nilai tersebut memang sangat kecil. Namun ternyata, alasan Emran memberikan mahar yang kecil karena memang, di Malaysia memberikan aturan tersendiri untuk memberikan mahar. Jumlah mahar memang nggak penting ya, yang lebih utama kan kedua pasangan sudah halal, hehe.

Andien Aisyah

Andien Aisyah [sumber gambar]
Tiga tahun lalu, tepatnya 27 April 2015, penyanyi cantik Andien Aisyah resmi menjadi istri dari Irfan Wahyudi. Pernikahan yang berlangsung hikmad tersebut dilangsungkan di tengah hutan pinus di kawasan Lembang, Bndung. Sama seperti Bella, Andien juga melaksanakan pernikahan yang tertutup. Nggak cuma sederhana, mahar yang diberikan oleh Irfan juga nggak banyak. Hanya 5 gram emas dan seperangkat alat sholat. Setelah menikah, pasangan ini dinilai netizen sebagai pasangan yang harmonis. Terlebih, saat ini mereka telah dikaruniai jagoan kecil yang menyempurnakan kebahagiaan mereka. Semoga jadi pasangan dunia akhirat yaaa.

Nia Ramadhani

Nia Ramadhani [sumber gambar]
Siapa sih yang nggak kenal Nia Ramadhani? Perempuan yang melejit berkat peran-peran antagonis yang dia mainkan ini memang cantik banget. Nggak heran kalau konglomerat Ardie Bakrie kesengsem. Nia pada akhirnya dipersunting pria tersebut dengan mahar uang senilai Rp 2.015 saja. Loh, konglomerat kok maharnya dikit? Ya nggak masalah kan? Itu bukti kalau nikah itu nggak harus mahal meski kalian berasal dari keluarg kaya. Meski begitu, Ardie memiliki makna tersendiri atas mahar yang dia berikan, 2015 yaitu hasil penjumlahan tanggal 1, bulan 4 dan tahun 2010. Patut dikenang ya.

Fairuz Rafiq

Fairuz Rafiq [sumber gambar]
Aktor ganteng Sonny Septian resmi mempersunting Fairuz Rafiq pada tanggal 21 Mei 2017. Meski sudah memiliki anak dari perniakahan sebelumnya, tampaknya Sonny sama sekali tidak keberatan. Bahkan, Sonny sukses mengambil hati buah hati Galih Ginanjar tersebut. Untuk menikahi Fairuz, Sonny hanya memberikan mahar senilai Rp. 999.999. Menurut Fairuz, mahar kecil tersebut merupakan permintaannya sendiri. Karena ia menyukai angka 99 yang merupakan jumlah dari asmaul husna. Patut ditiru banget nih ya.

Ussy Sulistiawaty

Ussy Sulistiawaty [sumber gambar]
Namanya jodoh tak kemana. Meski memiliki jarak usia yang cukup jauh, tak jadi penghalang bagi Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 21 Januari 2012 lalu. Hingga saat ini, pasangan Andhika dan Ussy jadi pasangan yang harmonis. Dulunya, mereka juga menikah dengan mahar yang nilainya nggak seberapa, yaitu USD 21, 1 Real dan Rp. 2.012. Meski nilainya kecil, namun angka-angka tersebut memiliki makna yaitu tanggal, bulan dan tahun pernikahan mereka. Kreatif dan penuh makna ya.

Itulah beberapa artis yang memutuskan menikah dengan menerima mahar yang kecil. Meski selebriti, bukan berarti mereka minta mahal yang neko-neko ya. Dari mahar yang sederhana tersebut, mereka bisa membina rumah tangga yang harmonis. Semoga terus samawa, ya.