Kabar Gembira! Ribuan Artefak Asli Indonesia yang Ada di Belanda Akan Dikembalikan

oleh Adi Nugroho
09:15 AM on Nov 24, 2016

Tidak bisa dimungkiri lagi selain mengeruk banyak sekali sumber daya alam yang ada di Indonesia, Belanda juga mengambil cukup banyak artefak. Arca, keris, mahkota kerajaan, dan benda bersejarah lainnya diambil dan dibawa ke Belanda. Meski alasan pengambilan itu untuk melindungi dari penjarahan, benda asli Indonesia itu jadi berada di negeri jauh dan tidak bisa dipelajari dengan mudah.

Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah didesak untuk meminta Belanda mengembalikan banyak artefak itu. Namun, untuk melakukannya juga butuh proses panjang mengingat artefak yang dipindahkan sangat berharga dan sangat berat. Kalau terjadi kesalahan di jalan, artefak yang merupakan benda bernilai jual tinggi itu bisa hilang.

Baca Juga
Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam
Chatting Kocak Anak Ingusan Main Online Shop Ini Endingnya Bikin Melongo

Pengembalian keris [image source]
Pengembalian keris [image source]
Akhirnya setelah menunggu lama, Perdana Menteri Kerajaan Belanda akhirnya melakukan lawatan ke Indonesia. Misi dari lawatan ini adalah membahas kerja sama bilateral dan juga mengembalikan artefak yang konon jumlahnya sekitar 1.500 buah itu. Artefak ini dikumpulkan oleh peneliti zaman Belanda sejak dahulu kala dan akhirnya dipajang di The Nusantara Collection yang terletak di dalam Museum Delft.

Dalam kunjungannya ini, Perdana Menteri Belanda menyerahkan sebuah keris kepada Presiden Jokowi. Keris itu menjadi simbol pengembalian 1.500 artefak yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Pengembalian artefak-artefak yang ada di Museum Delft dilakukan karena tempat ini mengalami kebangkrutan. Operasionalnya tidak mencukupi sehingga mau tidak mau museum ini diberhentikan sejak tahun 2013 silam.

Arca ganesha [image source]
Arca ganesha [image source]
Penutupan museum ini membuat beberapa koleksi akhirnya dikembalikan lagi ke negara-negara asalnya. Indonesua beruntung karena masih menerima 1.500 artefak yang kemungkinan besar akan disimpan lagi di museum-museum besar seperti Museum Nasional yang terletak di Jakarta.

Oh ya, sebenarnya benda-benda bersejarah yang dimiliki Indonesia masih banyak di Belanda. Di Tropen Musem, Leiden, benda-benda peninggalan dari Kerajaan Singasari seperti arca di candi masih disimpan di sana. Kalau pemerintah Indonesia bisa melakukan lobi yang tepat, benda tersebut bisa saja dikembalikan ke Indonesia.

Selama dijajah Indonesia sudah kehilangan banyak sumber daya dan juga nyawa. Kalau peninggalan masa lalu itu masih bisa dikembalikan. Indonesia masih memiliki sisa peradaban masa lalu yang tidak ternilai lagi harganya.

Semoga dengan awal yang baik ini, Indonesia menjadi semakin bersemangat untuk menarik kembali apa yang seharusnya menjadi miliknya. Selain di Belanda, negara-negara Eropa seperti Jerman, Austria, dan Inggris.

Mari kembali pelajari sejarah masa lalu karena dari sejarah kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang sama. Seperti kata Bung Karno: jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA