4 Armada Pengebom Inggris di Perang Dunia II yang Bikin Nazi Terkencing-Kencing

oleh Rizal
12:01 PM on Jul 26, 2016

Memang benar kalau pada akhirnya Nazi dibabat oleh Soviet. Namun, negara komunis itu sejatinya tak menang karena upaya mereka sendiri. Jauh sebelum pertempuran besar terakhir, beberapa negara sekutu sukses membuat Jerman terluka parah lebih dulu. Salah satunya Inggris yang berhasil membuat Jerman merasakan pukulan telak lewat armada udaranya yang bengis.

Ya, selama ini jarang yang tahu kalau skuadron Inggris di masa Perang Dunia II itu sangat luar biasa. Tak hanya soal para pilot yang cakap, tapi yang terutama adalah deretan pesawat bomber mereka yang sangar. Berkat pesawat-pesawat ini, Jerman sang negara kuat perlahan runtuh dan akhirnya dipungkasi oleh Soviet.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Masih soal armada pengebom Inggris, berikut adalah beberapa pesawat bomber andalan mereka yang bikin Nazi memasuki era kematiannya.

1. Short Stirling, Pesawat Bomber Kelas Berat Inggris

Pesawat satu ini adalah bisa dibilang merupakan bomber plane pertama Inggris. Ia diperkenalkan pada tahun 40an dan langsung diproduksi massal begitu diketahui kemampuan hebatnya. Pesawat ini memang murni untuk difungsikan sebagai pembawa bomb, meskipun demikian soal manuver dan kecepatan Short Stirling sangat bisa diandalkan.

Short Stirling [Image Source]
Short Stirling [Image Source]
Pada Battle of the Ruhr, Inggris mengerahkan setidaknya 141 buah pesawat ini dan memperoleh sukses besar. Beberapa sektor penting Nazi di kota Ruhr sukses dilumat tanpa bekas. Short Stirling terus dipakai oleh Inggris hingga Jerman takluk di tahun 1945.

2. De Havilland Mosquito, Pesawat Serba Bisa yang Mematikan

Selain Short Stirling, pesawat De Havilland Mosquito juga jadi salah satu armada Inggris yang paling ditakuti, khususnya oleh Jerman. Alasannya, pesawat satu ini ternyata memiliki banyak fungsi. Tak hanya sebagai bomber plane, tapi juga penyerang maritim, intai, dan juga penempur malam.

De Havilland Mosquito [Image Source]
De Havilland Mosquito [Image Source]
Pesawat ini diproduksi banyak sekali hingga berjumlah 7.781 unit. Inggris sendiri memakai pesawat ini untuk misi-misi penghancuran kota-kota di Jerman setelah Battle of Ruhr. Penggunaan Mosquito sukses besar kala itu. Mereka berhasil melumat beberapa kota penting misalnya Bielefeld dan Arnsberg.

3. Lancaster, Salah Satu Pesawat Bomber Paling Dibanggakan Inggris

Dari semua pesawat bomber yang dimiliki Inggris, Lancaster bisa dibilang adalah salah satu yang paling dibanggakan oleh mereka. Alasannya sendiri karena Lancaster mencatatkan banyak sekali prestasi yang bagus selama Perang Dunia II. Terutama dalam misi penyerangan Jerman yang bisa dibilang sukses besar.

Lancaster [Image Source]
Lancaster [Image Source]
Lancaster sendiri dibuat pada tahun 1942 kemudian langsung diproduksi dengan jumlah massal tak lama setelahnya. Maka tak heran hingga sekitar tahun 45 jumlah Lancaster di dunia mencapai sekitar 7.337 buah. Pesawat ini sendiri tak hanya digunakan oleh Inggris, tapi juga banyak negara lain termasuk Amerika.

4. Handley Page Halifax, Pesawat Boomber yang Juga Tak Kalah Gila

Inggris tercatat hanya memiliki empat buah pesawat bomber. Selain tiga di atas, pesawat Handley Page Halifax ini juga salah satunya. Tak hanya pelengkap, Halifax juga jadi faktor fundamental kemenangan Inggris melawan Jerman.

Handley Page Halifax [Image Source]
Handley Page Halifax [Image Source]
Pesawat satu ini digunakan hampir di semua penyerangan ke Jerman. Mulai dari Battle of Ruhr sampai penyerangan kota-kota di Jerman lainnya di tahun 1944. Beberapa prestasi terbaik pesawat ini adalah turut serta menghancurkan beberapa kota macam Bielefeld dan Arnsberg, serta membikin karam kapal perang Jerman yang bernama Tirpitz.

Hanya berbekal empat jenis pesawat yang terbagi dalam banyak skuadron, Inggris berhasil membuat Jerman nyaris runtuh. Beberapa penyerangan di tahun 1943-44 berhasil membuat Nazi benar-benar di ujung tanduk. Sayangnya, mereka masih bisa bertahan dengan meriam-meriam daratnya. Dalam penyerangan ke Jerman, Inggris jelas kehilangan banyak pesawat. Namun, hal tersebut tak sebanding jika melihat kerugian yang ditelan oleh pihak Jerman.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya
BACA JUGA