in

Jauh Sebelum WhatsApp Merajalela, Aplikasi Chatting Inilah yang Setia Nemenin Generasi 90-an

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi generasi 90-an selain bernostalgia. Mengenang hal-hal keren dan menyenangkan pada era di mana mereka masih lucu, imut dan menggemaskan hingga menjadi remaja gaul yang haram hukumnya kalo ketinggalan ngikutin perkembangan tren. Mengenang momen-momen indah dan menakjubkan yang menawarkan sensasi yang sungguh berbeda dengan apa yang mereka rasakan saat ini.

Bagi mereka banyak hal-hal zaman dulu yang layak untuk kembali diperbincangkan. Makanannya, minumannya, tontonannya, tongkrongannya, hingga permainannya. Salah satu hal yang bikin mereka rindu dengan tahun 90-an adalah aplikasi kirim-kirim pesannya.

Saat itu, akses internet tidak semudah saat ini. Warnet belum terlalu menjamur. Dan mengakses internet lewat ponsel mahalnya ampun-ampunan. Jangan harap ada paket internet murah. Oleh sebab itulah hal ini menjadikan waktu-waktu mengobrol dengan teman atau orang lain menjadi kemewahan tersendiri kala itu.

Jauh sebelum BlackBerry Messenger menggebrak dan WhatsApp merajai platform pesan instan seperti sekarang, aplikasi-aplikasi pesan instan ini dulunya merupakan primadona bagi generasi 90-an. Berikut ini 4 aplikasi pesan instan paling banyak digandrungi oleh anak-anak gaul zaman 90-an.

1. Yahoo Messenger

Sebelum eranya Google, mereka yang mau bikin email pasti larinya ke Yahoo. Nah, menyadari banyaknya pengguna email yang menggunakan layanan mereka, Yahoo pun meluncurkan aplikasi standalone khusus untuk berkirim pesan ini pada tahun 1998.

Tampilan chat Yahoo Messenger. [Image Source].
Bisa dibilang Yahoo Messenger merupakan platform chatting yang paling banyak digunakan saat itu. Kita bisa berinteraksi dengan siapa saja selama email orang tersebut sudah ada di daftar kontak kita. Fitur-fitur keren lain yang ada pada aplikasi ini adalah panggilan suara dan webcam, yang sepertinya menjadi pelopor fitur serupa yang lazim kamu temui di platform chatting saat ini.

Meski kepopulerannya sudah terkuras habis oleh aplikas chatting kekinian yang lain, namun YM punya tempat sendiri bagi generasi 90-an. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengobrol dengan gebetan atau someone special ketika kebetulan sedang nongkrong di warnet.

2. mIRC

Aplikasi ini menjadi aplikasi yang wajib dijabanin setiap datang ke warung internet. Aplikasi yang punya nama panjang Microsoft Internet Relay Chat ini jadi pilihan utama buat mereka yang malas kalau harus terlebih dahulu membuat email untuk mengobrol via dunia maya.

Hal paling ngeselin adalah ketika kita sulit terhubung dengan servernya. [Image Source].
Minder sama tampang atau penampilan, juga jadi alasan kedua kenapa aplikasi ini begitu populer pada zamannya. Sebab, lewat aplikasi ini mereka gak perlu repot bikin identitas atau masang foto. Cukup bikin username kemudian pilih server dan room yang dimau.

Biasanya, mereka yang pake aplikasi ini jarang menggunakan nama yang sama dua kali. Aplikasi ini adalah embahnya aplikasi pesan instan loh. Aplikasi ini sudah dikembangkan sejak tahun 1995. Tampilan antarmukanya juga gak ribet kok, mirip-mirip kayak notepad di sistem operasi Windows.

3. Mig33

Sebelum smartphone dengan Androidnya menjadi barang mainstream, saat itu yang jadi rajanya adalah Nokia dengan sistem operasi Java dan Symbian. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan lewat komputer.

Mig33 kini sudah berganti penampilan menjadi Migme. [Image Source].
Jika zaman sekarang sarang modus ada di Facebook, kalau dulu mungkin Mig33 lah biangnya. Di sini orang bebas menggunakan nama atau foto siapapun. Jadi jangan heran banyak orang yang tertipu dengan tampang rupawan atau jelita lawan bicaranya. Eh, ketika bertemu ternyata penampilan mereka melenceng jauh dari foto yang mereka pasang.

Di sini kita hanya perlu membuat akun dan setelah itu kita bisa bebas memilih ingin masuk ke chatroom yang dituju. Kurang lebih konsepnya sama dengan mIRC. Hanya saja kamu bisa menggunaknnya secara mobile. Saat ini Mig33 telah berganti nama menjadi Migme. Tampilannya juga semakin mirip dengan aplikasi pesan instan yang lain.

4. eBuddy

Di posisi terakhir ada eBuddy. Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2003 ini berasal dari Belanda. Aplikasi ini tak ubahnya seperti Mig33. Hanya saja dengan sedikit perbedaan atau keunggulan tersendiri.

eBuddy. [Image Source].
Dalam aplikasi ini kita dapat mengintegrasikan atau menyatukan beberapa akun lain yang sering digunakan seperti MSN (Microsoft Network), YM, LiveMessenger, hingga Google Talk dalam satu tempat. Biasanya orang ramai-ramai mengunduh aplikasi ini lewat sebuah situs bernama GetJar (wap.getjar.com), familier kan dengan nama tersebut?

Kabar terakhir menyebutkan bahwa eBuddy telah diambil alih oleh sebuah situs pemesanan hotel bernama Booking.com yang juga sama-sama berasal dari Belanda.

Layanan di atas sejatinya masih bisa digunakan, dengan tampilan yang lebih baru atau nama berbeda yang disebabkan akuisisi oleh perusahaan lain. Memang, intensitas penggunaan aplikasi pesan instan di atas sudah tak seramai dulu. Meski begitu, kenangan yang terukir oleh mereka generasi 90-an bersama aplikasi-aplikasi ini tak akan pernah lekang untuk terus dikenang.

Leave a Reply

9 Daerah di Negara Ini Memiliki Larangan Unik, Dari Indonesia Juga Ada Lho

KH. Ahmad Rifa’i, Tokoh Indonesia yang Puluhan Karyanya Malah Disimpan di Belanda