in

Beli Ponsel Bekas Tak Perlu Takut Tertipu Kalau Pasang 3 Aplikasi Cek Performa Hardware

Beli ponsel bekas, kini sudah bukan hal yang asing lagi di mata kita. Harganya yang murah sudah tentu jadi alasan utama di baliknya. Selain itu, performanya yang tak kalah dengan ponsel baru membuat banyak orang beralih untuk membeli handphone bekas. Sejak itu, tak ada lagi deh yang namanya gengsi beli hp second. Asal punya handphone yang spesifikasinya asyik, itu sudah lebih dari cukup.

Tapi, ada hal yang perlu kita waspadai Sahabat Boombastis. Yaitu kecurangan para pedagang handphone yang tak pernah kita tahu. Bisa saja ia mengganti semua perangkat kerasnya dengan yang kualitasnya rendahan. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi guna memeriksa performa hardware dari handphone yang telah dibeli.

Aplikasi pertama yang bisa kalian pakai bernama Phone Tester. Aplikasi satu ini cukup banyak digunakan orang karena fungsinya yang sangat lengkap. Mulai dari uji hardware, sensor, serta komponen pada android. Selain itu, aplikasi ini juga cukup ringan sehingga tidak menghabiskan memori pada ponsel pintar kalian. Cocok banget nih untuk kalian yang memori ponselnya tidak terlalu banyak.

Phone Tester [Sumber Gambar]
Selanjutnya adalah aplikasi Phone Doctor Plus. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Phone Doctor Plus juga menjadi tester performa android paling diminati. Sebab, aplikasi satu ini dapat melakukan pengecekan kepada 30 komponen pada handphone dan sensor. Tapi kelebihannya tidak hanya itu saja lho Sahabat Boombastis. Phone Doctor Plus ini juga bisa melakukan pemeriksaan performa ponsel pintar yang memiliki sistem operasi iOS. Cukup hebat bukan?

Phone Doctor Plus [Sumber Gambar]

Lalu, aplikasi lainnya yang dapat kalian pakai adalah Sensor Box. Aplikasi ini juga fungsinya tidak jauh beda dengan Phone Doctor Plus atau Phone Tester. Pada aplikasi tersebut, ada sembilan jenis sensor yang bisa dites. Dilansir dari jalantikus.com, contoh sensornya adalah accelerometer, light (cahaya), orientation (kemiringan), proximity (jarak), temperature (suhu), gyroscope, sound (suara), magnetic, dan pressure (tekanan).

Sensor Box [Sumber Gambar]
Itulah tadi aplikasi yang bisa mengecek performa hardware dari ponsel pintar kalian. Dengan menggunakan salah satu dari tiga aplikasi yang disebutkan di atas, maka akan mengurangi risiko ditipu oleh penjualnya. Akan tetapi, ada hal penting lagi yang perlu kalian ingat ketika membeli ponsel. Adalah belilah handphone di tempat langganan yang sudah kalian percaya. Sehingga kalian tidak akan pernah tertipu lagi deh. Hal ini berlaku ketika kita membeli ponsel bekas ataupun baru.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Berada di Blok ‘Surga’, Raja Tidur Inggris Berpeluang Bangkit Jadi Juara Piala Dunia

Kisah Pencipta Pisau Komando Pasukan Khusus Dunia yang Ternyata Asal Indonesia