Ronaldo sudah ke Italia, apakah rival abadinya yakni Lionel Messi bakal mengikutinya? Sebuah pertanyaan yang beberapa pekan terakhir ini terus menggema di telinga pencinta sepak bola dunia. Tidak itu saja, pernyataan tersebut juga hingga kini belum ditemukan sebuah jawabannya. Namun yang pasti apabila bintang Argentina itu pindah ke Italia akan menciptakan sebuah gejolak di jagad sepak bola.

Pengaruh besar hingga sudah dianggap menjadi ikon persepakbolaan Spanyol dan Barcelona adalah penyebabnya. Dan untuk kompetisi atau liga Eropa yang menerimanya pun juga akan mendapatkan dampak tersendiri. Lantas apa sih, yang akan terjadi bila seorang Lionel Messi benar-benar pindah ke Italia? Dari pada dibayangkan, simak ulasan berikut ini yuk sobatku!

Liga Spanyol, akan kehilangan ikon utama kompetisinya

Sudah bukan rahasia lagi apabila besarnya kompetisi Spanyol akibat dampak dari adanya seorang Lionel Messi. Selama kurun waktu 10 terakhir rivalitasnya dengan Cristiano Ronaldo memicu banyak orang untuk menaruh perhatian terhadap Liga Negeri Matador tersebut.

Liga Spanyol [Sumber Gambar]
Tidak itu saja, kemenangan lewat juara Liga Champions dan penghargaan pemain terbaik dunia jadikan Spanyol terbaik masalah prestasi dari negara Eropa lain. Jadi bukan sebuah hal mengejutkan bila ia ke Italia kompetisi mereka kehilangan gairahnya. Pasalnya ikon besar juga telah hilang. Apalagi dominasi klubnya dan Real Madrid selama ini sangat luar biasa.

Kemunculan bintang baru jagad sepak bola dunia

Apa yang terjadi bila Messi pindah? Sebuah jawaban pertama paling masuk akan adalah adanya kemunculan bintang baru, ikon baru. Kendati bukan perkara mudah mewujudkannya, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bisa terjadi. Hal ini berkaca dari kasus, Ronaldinho, Zidane, Raul Gonzales dan bintang lainnya yang setelah pergi muncul wajah baru yang jadi ikon kompetisi Spanyol.

Griezman dan Asensio [Sumber Gambar]
Tapi apabila kita tarik kembali ke belakang, hadirnya Messi atau Ronaldo memanglah kuat sekali efeknya. Mereka yang hebat seperti Griezman, Isco dan Iniesta pun selalu cuma jadi bayangan kedua mega bintang tadi. Hampir ketika mengupas Liga Spanyol, ya selalu tentang Messi VS Ronaldo.

Penjualan Messi akan membuat Barcelona jadi tim tiba-tiba ‘terkaya’

11, 9 Triliun menjadi angka yang harus disediakan apabila ingin memboyong bintang Argentina tersebut. Nilai yang tidak karuan dalamnya apabila benar-benar ada klub Benua Biru yang meminangnya. Begitu pula untuk klub Italia yang seperti Inter Milan yang ingin mendatangkannya.

Barcelona [Sumber Gambar]
Namun, hal berlaku sebaliknya untuk Barcelona yang apabila Messi pergi akan mendapatkan pemasukan besar. Seperti yang kita ketahui bersama, layaknya membeli di toko yang mendapatkan uang adalah yang menjualnya. Jumlah yang pastinya akan membuat Barcelona menjadi kesebelasan yang tiba-tiba mendadak kaya. Bisa terbayangkan bila 11,9 triliun masuk kantong.

Kompetisi Tanah Italia akan meningkat pamornya

Setelah musim-musim berjaya lewat kompetisi liga yang mampu hadirkan nama beken macam Gabriel Batistusta, Maradona, Paulo Maldini, hingga Totti, Liga Italia kini semacam kehilangan penggemarnya. Apalagi mereka yang milenial pastinya akan lebih menyukai Spanyol atau Inggris untuk disaksikan gejolak sepak bolanya.

Kompetisi Italia [Sumber Gambar]
Hal tersebut juga dibuktikan dengan Premiere League yang selalu menempati top teratas kompetisi paling banyak diminati. Namun mungkin akan berbeda halnya apabila Messi benar hijrah kesana. Persaingan dengan Ronaldo akan jadikan Seri A kompetisi bola yang menggaung lagi. Hal jelas sudah dibuktikan kala mereka bertemu di Laliga Spanyol.

Klub Italia yang merekrutnya bersiap terkena hukuman Financial Fair Play

Bila nantinya jadi pindah, masalah ini pastinya akan mendatangi klub yang merekrutnya yakni Financial Fair Play. Aturan yang dibuat UEFA untuk membatasi belanja besar-besaran sebuah klub. Berkaca dari nilai transfer sangat dimungkinkan apabila kesebelasan yang membawanya akan tersandung hal ini.

Presiden UEFA [Sumber Gambar]
Terkecuali, sebuah tim untuk menghindarinya menjual banyak pemain. Pasalnya dalam aturan tertulis biaya pengeluaran harus seimbang dengan pemasukannya. Namun, tentunya tidak hanya satu atau dua pemain yang akan dikorbankan. Melainkan bisa lima atau tujuh untuk menutupi transfer senilai 11,9 Miliar.

Baik atau buruk apabila Messi nanti benar ke Italia memang bukti apabila setiap superstar lapangan hijau selalu mampu memberikan sebuah efek domino yang besar. Hal ini juga jadi bukti hingga saat ini nama Lionel Messi atau Ronaldo menjadi ikon paling bersejarah sepak bola. Jadi jangan heran apabila banyak orang bertanya siapa pengganti mereka kelak.