in

Apa Itu Riders yang Belakangan Viral? Benarkah Permintaannya Selalu Aneh-Aneh?

Penyanyi Tri Suaka dan Zinidin Zidan menjadi perbincangan warganet di media sosial usai memparodikan Andika Kangen Band. Mereka dianggap tak menghormati Andika sebagai penyanyi yang lebih senior dan sudah menorehkan prestasi di dunia musik. Keduanya pun sudah meminta maaf atas perilakunya tersebut.

Namun belum usai polemik yang menimpa mereka, tiba-tiba muncul sebuah postingan yang memperlihatkan riders Tri Suaka saat menggelar konser. Warganet kembali heboh menanggapi postingan tersebut. Lantas, apa itu riders? Dan benarkah para artis kerap meminta hal-hal aneh? Inilah penjelasan selengkapnya.

Riders harus dipenuhi panitia saat mengundang sang artis

Konser musik Selena Gomez [sumber gambar]
Pada dasarnya, riders adalah daftar permintaan artis sebelum atau selama tampil di panggung. Biasanya, manajemen artis akan mengajukan riders saat panita sudah melunasi pembayaran uang muka. Jika tak dipenuhi, sang artis bisa saja menolak untuk tampil. Riders terbagi menjadi dua macam. Pertama adalah technical iders yang berhubungan dengan hal-hal teknis saat di panggung. Kedua adalah hospitality riders yang harus dipenuhi agar sang artis merasa nyaman. Semua jenis riders tersebut di luar tarif sang artis saat tampil.

Permintaan aneh para artis

Tak jarang hospitality riders membuat panitia kewalahan, lantaran ada beberapa artis dengan permintaan yang dinilai menyebalkan. Salah satunya adalah sudah menjadi rahasia umum, beberapa artis akan meminta mobil dengan merek tertentu untuk penjemputan. Bahkan, ada riders yang menentukan warna, jenis, hingga tahun produksi dari mobil yang mereka inginkan.

Riders Tri Suaka [sumber gambar]
Permintaan sebelum tampil juga tak kalah merepotkan. Mereka meminta ruangan dengan beberapa syarat, seperti harus ada AC, cermin, camilan, dan lain sebagainya. Segala macam riders itu pun tak habis digunakan. Kadang hanya sebagian kecil yang dimakan dan sisanya dihabiskan oleh tim hingga dibawa pulang oleh sang manajer.

Mariah Carey punya riders paling merepotkan

Ternyata ada yang lebih ribet dari permintaan Tri Suaka. Sebut saja Mariah Carey. Diva legendaris ini punya seabrek permintaan yang membuat panitia kelimpungan. Hal ini diungkapkan oleh Adrie Subono yang sudah puluhan tahun menjadi promotor. Salah satunya ketika Adrie mengundangnya pada 2004 silam. Mariah Carey meminta kamar hotel yang tidak terkena sinar matahari sedikit pun. Ia juga meminta TV berukuran super besar meskipun sama sekali tak ditonton.

Mariah Carey [sumber gambar]
Cerita Adrie diamini oleh sang putri Melanie Subono. Ia menyebut Mariah Carey adalah artis yang paling merepotkan selama dia berprofesi sebagai Lo (liaison officer). Penyanyi itu meminta kamar hotel didekor sama persis seperti kamarnya di rumah, hingga meminta minuman dengan merek tertentu yang tak diminum sedikit pun.

Sheila On 7 panen pujian lantaran permintaannya yang sederhana

Tak semua artis punya riders yang merepotkan. Masih ada artis dengan permintaan sederhana yang sama sekali tak menyusahkan panitia. Mereka adalah Sheila On 7. Grup band legendaris ini membuat banyak orang semakin kagum setelah sebuah akun Twitter @jembercoret menuliskan pengalamannya saat mengundang mereka.

Sheila On 7 saat makan di restoran sederhana [sumber gambar]
Akun itu bercerita bahwa Duta dan kawan-kawan tak meminta protokol bandara maupun penjemputan. Mereka datang ke hotel dengan penampilan santai. Bahkan, Duta sang vokalis hanya memakai sandal jepit dan kaos. Usai konser, Sheila On 7 minta diantarkan ke tempat makan. Saat itu panitia ingin memberikan ruangan khusus di lantai dua agar mereka nyaman. Namun, Duta justru memilih makan di bawah berbaur dengan pengunjung lain.

BACA JUGA: 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh

Berkat postingan tentang riders artis, banyak warganet yang turut menuliskan pengalamannya saat mengundang artis. Dari mulai meminta air galon untuk mandi, ruang tunggu serba putih, hingga meminta dihibur oleh penari belly dance. Menurut kamu artis mana yang punya riders paling ribet?

Written by F A Agustina

Serba-serbi mudik Lebaran 2022.

Aturan Mudik Setelah 2 Tahun Dilarang, Ganjil Genap sampai Halalbihalal Tanpa Makan-Makan

10 Potret Kelebihan Muatan yang Biasa Terjadi Saat Mudik, Bisa Denda 500 Ribu Lho!