Apa itu Kanker Neuroblastoma?

oleh didi
07:25 AM on Nov 14, 2014

Jakarta — Kanker merupakan penyakit yang bisa diderita siapa saja baik tua maupun muda. Pada anak, salah satu jenis kanker yang paling sering diderita adalah neuroblastoma atau kanker saraf.

Balita Ashira Shalva yang menderita kanker neuroblastoma meninggal dunia di rumah sakit di Guangzho, China, setelah menjalani perawatan medis. Awalnya, Ashira mengeluhkan sakit pada perutnya dan terasa keras saat diraba. Dokter mendiagnosnya dengan neuroblastoma.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Neuroblastoma
Neuroblastoma

Neuroblastoma merupakan kanker yang berkembang dari sel-sel saraf yang belum matang yang ditemukan di beberapa bagian tubuh, paling sering muncul pada anak berusia kurang dari 5 tahun dan kebanyakan ditemukan di sekitar kelenjar adrenal, , yang memiliki asal-usul yang sama dengan sel-sel saraf. Namun, neuroblastoma juga dapat berkembang di daerah perut, dada, leher dan dekat tulang belakang, di mana kelompok sel-sel saraf berada.

Bila terdapat di tulang belakang dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan. Sedangkan bila terdapat di perut akan teraba jika sudah besar. Penyebaran pada tulang menyebabkan patah tulang tanpa sebab, tanpa nyeri sehingga penderitanya pincang mendadak.

Gejalanya bervariasi, tergantung bagian tubuh mana yang terpengaruh. Neuroblastoma di perut, gejala yang diperlihatkan seperti nyeri perut, massa di bawah kulit yang tidak lembut bila disentuh, perubahan kebiasaan buang air besar dan pembengkakan kaki.

Sementara itu, neuroblastoma di dada memiliki gejala seperti suara menciut saat bernapas, nyeri di dada, perubahan pada mata, termasuk kelopak mata terkulai dan ukuran pupil yang tidak sama.

Neuroblastoma dimulai di neuroblast, sel saraf belum matang yang dibuat janin sebagai bagian dari proses perkembangannya. Seiring matangnya janin, neuroblast berubah menjadi sel-sel saraf dan sel-sel yang membentuk kelenjar adrenal.

Sebagian besar neuroblast matang karena kelahiran. Meski begitu, neuroblast  yang belum matang ditemukan pada bayi baru lahir. Neuroblast akan matang dan menghilang. Namun, yang lain membentuk tumor yang disebut neuroblastoma.

Kanker pada anak memang tidak dapat dicegah karena resiko dan penyebabnya belum diketahui. Oleh karena itu, orangtua dan tenaga medis perlu mewaspadai gejala kanker pada anak, terlebih anak berusia kurang dari satu tahun yang belum bisa mengeluh sakit yang dirasakannya.

Jika ditemukan sejak dini, peluang kesembuhan kanker pada anak cukup besar. Di Amerika Serikat, untuk neuroblastoma angka kelangsungan hidup sampai 5 tahun mencapai 87 persen pada berusia kurang dari satu tahun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA