Wilayah suatu negara tidak hanya darat dan lautan saja. Wilayah udara yang tak terbatas jaraknya pun juga masuk di dalamnya. Bahkan kawasan dirgantara ini termasuk wilayah yang sangat vital hingga penjagaannya harus diperketat. Sayangnya tak semua negara di dunia memiliki angkatan udara yang andal. Kalau pun punya personel yang sangat banyak, pesawat yang tersedia masih belum mumpuni. Akhirnya kawasan udara dibiarkan begitu saja.

Artikel Lainnya
Tak Gila Jabatan dan Harta, 4 Pejabat Zaman Dulu Ini Rela Tinggal di Rumah Sangat Sederhana
16 Meme ‘Katanya’ Ini Pas Banget Bikin Baper Orang-orang yang Suka Plin-Plan

BACA JUGA: Inilah 5 Kerusuhan Penjara Terparah dalam Sejarah Indonesia

Meski tak terlalu mendapatkan perhatian yang cukup. Beberapa negara di dunia ini justru memiliki angkatan udara terbaik. Angkatan udara ini memiliki pesawat-pesawat canggih yang bisa membuat mereka menjadi raja di udara. Berikut ulasan selengkapnya tentang negara-negara yang memiliki angkatan udara terbaik.

1. The United States Air Force – Amerika

Barangkali angkatan udara terbaik saat ini dimiliki oleh Amerika. Negara ini membentuk angkatan udaranya secara resmi di tahun 1947. Hingga saat ini ada sekitar 330.000 personel aktif yang siap ditugaskan untuk misi apa saja di seluruh dunia. Personel-personel ini dilatih dengan sangat berat hingga menjadi prajurit yang tangguh.

 

The United States Air Force [image source]
The United States Air Force [image source]
Saat ini angkatan udara dari Amerika memiliki lebih dari 5.000 kapal tempur yang beroperasi dengan sangat bagus. Setiap tahun angkatan udara negeri Paman Sam ini mendapatkan kucuran dana sekitar 140 miliar dolar. Dana sebanyak ini semakin mengukuhkan kekuatan angkatan udara Amerika di mata dunia.

2. Russian Air Force – Rusia

Secara kekuatan Amerika dan Rusia memang sebelas-dua belas. Tidak berbeda terlalu jauh. Untuk angkatan udara pun juga begitu. Rusia memiliki lebih dari 4.200 pesawat tempur yang siap digunakan untuk bertempur atau menyerang negara yang membuat masalah dengannya. Saat ini Rusia memiliki sekitar 180.000 personel angkatan udara yang siap dikirim ke berbagai misi berat di dunia.

Russian Air Force [image source]
Russian Air Force [image source]
Angkatan udara Rusia pertama kali dibentuk pada tahun 1992. Sejak saat itu kelompok yang merajai langit ini terus berkembang dengan pesat. Bahkan negeri ini juga merupakan pabrikan pesawat tempur yang sangat hebat. Sebut saja Sukhoi yang saat ini pun dipakai di berbagai negara dunia termasuk Indonesia.

3. People Liberation Army Air Force – Tiongkok

Tiongkok tidak mau ketinggalan dengan Amerika dan Rusia. Negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini memiliki angkatan udara yang cukup diperhitungkan. Setidaknya hingga saat ini sudah ada sekitar 300.000 prajurit aktif yang siap membela Tiongkok jika mendapatkan serangan dari negara yang usil seperti Amerika, kadang Jepang.

 

China, People Liberation Army Air Force [image source]
China, People Liberation Army Air Force [image source]
Selain memiliki prajurit yang jumlahnya menyamai milik Amerika. Negeri ini memiliki 4.000 pesawat tempur dengan rincian 1.500 combat aircraft dan sisanya pesawat biasa yang membantu dalam pertempuran. Dengan jumlah pasukan dan pesawat yang dimiliki Tiongkok termasuk kekuatan udara kuat di kawasan Asia selain India dan Korea Utara.

4. Indian Air Force – India

Angkatan udara India pertama kali dibentuk pada tahun 1932. Saat ini India memiliki sekitar 127.000 prajurit aktif yang banyak ditugaskan untuk menjaga kawasan udara terutama di perbatasan dengan Pakistan. Konflik dua negara ini membuat India benar-benar menjaga ketat apa yang mereka miliki, apalagi Pakistan dikabarkan mulai memiliki banyak senjata yang canggih.

 

Indian Air Force [image source]
Indian Air Force [image source]
India memiliki sekitar 1.500 pesawat yang digunakan untuk bertempur. Ratusan pesawat Sukhoi yang berasal dari Rusia dibeli untuk memperkuat pertahanan. India benar-benar ingin menjadikan kawasan udaranya steril dari pesawat-pesawat dari negara musuh yang kadang selalu memancing kerusuhan.

5. Korean People’s Air Force – Korea Utara

Tempat kelima ini ditempati oleh angkatan udara yang dibentuk oleh keluarga Kim di Korea Utara. Saat ini Kim Jong-un sang penerus boleh berbangga hati karena Korea Utara memiliki angkatan udara yang termasuk terkuat di kawasan Asia. Bahkan Jepang saja keok dengan kekuatan militer negara paling penuh misteri di dunia ini.

Korean People’s Air Force [image source]
Korean People’s Air Force [image source]
Angkatan udara di Korea Utara dikenal sangat kuat dalam bidang pertahanan. Itulah mengapa negara ini susah sekali ditembus. Terlebih saat ini ada sekitar 110.000 prajurit angkatan udara yang sangat loyal dengan kepemimpinan Kim Jong-un. Mereka dipersenjatai dengan 1.500 pesawat tempur yang sangat canggih.

6. Pakistani Air Force – Pakistan

Inilah alasan India memperkuat kawasan dirgantaranya dengan sangat penuh ambisi. Pakistan yang menjadi musuh bebuyutannya memiliki kekuatan udara yang cukup hebat. Meski India menang secara jumlah dan alat tempur. Menghadapi Pakistan akan membuat angkatan udaranya rusak habis-habisan. India akan mengalami krisis militer akibat perang udara yang mungkin terjadi.

 

Pakistani Air Force [image source]
Pakistani Air Force [image source]
Saat ini Pakistan memiliki 65.000 prajurit angkatan udara yang sangat tangguh. Selain itu mereka juga dilengkapi dengan 900 pesawat tempur yang canggih. Saat ini kekuatan Pakistan termasuk ditakuti kawasan sekitarnya termasuk India dan Tiongkok yang saling berbagi perbatasan di Pegunungan Himalaya.

7. Turkish Air Force – Turki

Angkatan udara dari Turki pertama kali dibangun pada tahun 1923. Atau sejak Kerajaan Turki Ottoman dan kekhalifahan ditiadakan. Meski termasuk negara yang cukup kecil dan terletak di antara Asia dan Afrika, Turki dikenal memiliki kekuatan udara yang cukup membuat mereka sangat bangga. Bahkan dibandingkan negara-negara di kawasan Arab, Turki adalah negara yang sangat kuat.

 

Turkish Air Force [image source]
Turkish Air Force [image source]
Saat ini Turki memiliki sekitar 400.000 prajurit yang siap ditugaskan untuk melindungi udara. Jumlah yang sangat banyak ini tentu membuat negeri itu sangat ditakuti. Saat ini ada sekitar 736 pesawat tempur yang siap mengamankan udara. Dari jumlah itu sebagian besar pesawatnya adalah F-16 Fighting Falcons.

LIHAT JUGA:  Inilah 7 Hewan Purba yang Pernah Tinggal dan Punah di Indonesia

Inilah tujuh angkatan udara terbaik di dunia hingga saat ini. Apa kabar dengan Indonesia? Hingga saat ini angkatan udara negeri ini hanya memiliki sekitar 37.850 prajurit dan 224 pesawat tempur. Bisa dibandingkan berada di mana posisi angkatan udara negeri ini kan?