in

Anechoic Chamber, Tempat Paling Sunyi di Dunia

Tenang dan menikmati kesunyian adalah hal yang pasti dibutuhkan oleh siapa pun. Sunyi membuat kita bisa jadi berpikir lebih tajam karena tak terdistraksi oleh apa pun. Alhasil, masalah seberat apa pun kadang bisa kelar hanya dari berdiam diri di tempat sunyi saja. Tapi, di dunia ini tak ada tempat yang benar-benar sunyi. Bahkan penjara yang identik dengan senyap pun nyatanya lebih berisik dari yang kita duga.

Kalau kamu butuh mencari tempat yang benar sunyi, di Amerika ada satu ruangan yang mungkin bisa dicoba. Namanya adalah Anechoic Chamber. Di sini, kamu akan merasakan tenang yang luar biasa. Saking tenangnya, kamu bisa mendengar sendiri hembusan napas, detak jantung, bahkan aliran darahmu. Serius, begitu tenangnya suasana di dalam, kamu takkan mendengarkan apa pun kecuali irama tubuhmu sendiri.

Banyak yang bilang memasuki ruangan ini bisa membahayakan. Lantaran terlalu tenang, yang kemudian muncul adalah halusinasi. Dan jika di fase ini seseorang tidak cepat-cepat keluar, maka dikhawatirkan bakal mengalami gangguan kejiwaan. Anechoic Camber, bermanfaat tapi ternyata ngeri luar biasa.

Anechoic Chamber dengan Kesunyian yang Menyeramkan

Tempat paling senyap di dunia jadi gelar yang diberikan Guinnes kepada Anechoic Chamber. Berada di dalamnya kamu memang akan merasakan keheningan luar biasa. Tak ada suara berisik, gemeletak barang-barang, atau apa pun. Benar-benar tanpa suara dan serasa seperti di dimensi antah berantah. Bagi penyuka ketenangan, Anechoic Chamber adalah surga, tapi itu mungkin hanya untuk beberapa menit saja.

Sunyinya Anechoic Chamber [Image Source]
Sunyinya Anechoic Chamber [Image Source]
Tak hanya diam di tempat, biasanya treatment terhadap seseorang memasuki Anechoic Chamber adalah dengan dimatikan lampunya. Diam dan gelap total, kombinasi ini menciptakan nuansa senyap yang lebih ekstrem lagi. Berada di dalamnya kamu mungkin akan merasakan banyak hal. Tapi, dari semua sensasi yang dirasakan, kematian adalah nuansa yang paling terasa.

Desain Unik Anechoic Sehingga Bisa Melenyapkan Suara

Ruangan dengan desain biasa takkan pernah memberikan efek diam yang sangat ekstrem. Pasalnya dengan dinding yang rata, suara akan seperti memantul-mantul sehingga tetap menimbulkan suara. Anechoic Chamber didesain memiliki dinding berbentuk bidang prisma segitiga yang lancip dan menutup semua permukaan tembok. Sehingga suara seperti dibunuh ketika memantul di permukaan dindingnya. Tak hanya suara, gelombang elektromagnetik juga mendapatkan efek yang sama jika berada di ruangan ini.

Mencoba produk di dalam Anechoic Chamber [Image Source]
Mencoba produk di dalam Anechoic Chamber [Image Source]
Lantaran semua permukaan ruangan dilapisi oleh bangun-bangun limas tadi, biasanya ruangan ini memiliki semacam sekat sebagai tempat berpijaknya. Letaknya selalu di tengah ruangan sehingga memberikan efek yang maksimal. Di dunia ini sudah ada beberapa Anechoic Chamber. Salah satunya dimiliki oleh Microsoft.

Ketika Kondisi Diam Malah Makin Menghasilkan Suara

Beralih dari luar lalu masuk ke dalam Anechoic Chamber kamu akan langsung merasakan sensasi senyap luar biasa. Ibaratnya, kuping seolah dijejali dengan earpiece dan kapas secara bersamaan. Benar-benar sangat sunyi. Kondisi ini bertahan hingga beberapa menit saja. Dan ketika kamu sudah dalam kondisi yang sangat diam di sana, biasanya malah akan muncul suara-suara asing.

Mendengarkan jantung sendiri di dalam Anechoic Chamber [Image Source]
Mendengarkan jantung sendiri di dalam Anechoic Chamber [Image Source]
Bssst, dug-dug, kretek-kretek, suara ini selalu muncul ketika kamu dalam kondisi yang sangat tenang di dalam Anechoic Chamber. Tahu asal suara ini dari mana? Benar, tubuh kita sendiri. Saking sunyinya, di ruangan ini kamu bisa mendengarkan semua organmu bekerja. Irama nafas seperti apa, bunyi perut yang mencerna seperti apa, serta semua suara asing di tubuh bisa didengarkan dengan cukup jelas. Bahkan yang makin ekstrem nih, ada beberapa orang yang mendengar suara darahnya sendiri.

Rumor Anechoic Chamber yang Bisa Menimbulkan Kegilaan

Bagi penyuka sunyi, Anechoic Chamber memanglah surga. Di sini takkan ada suara lain, selain yang kamu buat sendiri. Tapi, yakin akan mau berlama-lama di sini? Menit-menit pertama mungkin sensasinya adalah fun. Tapi, makin lama kesunyian justru seolah mau menelan kita.

Rumor Anechoic Chamber [Image Source]
Rumor Anechoic Chamber [Image Source]
Rumornya mengatakan jika siapa pun yang memasuki ruangan ini dalam waktu yang cukup lama, ia bakal mengalami keanehan-keanehan. Salah satunya adalah munculnya halusinasi. Sangat mungkin terjadi memang kalau melihat situasinya yang tenang dan gelap. Hal-hal menakutkan yang tercipta dari pikiran sendiri seolah berwujud dan ingin membunuh kita. Tapi, meskipun rumornya sedemikian ngeri, tapi banyak juga yang bisa bertahan bahkan sampai satu jam. Tergantung dari masing-masing orangnya.

Guna Sebenarnya dari Anechoic Chamber

Anechoic Chamber diciptakan bukan tanpa tujuan melainkan untuk sesuatu yang sangat penting. Suasana super sunyi ruangan ini ternyata dipakai untuk menguji coba produk-produk sebelum disebarluaskan, biasanya sih yang berhubungan dengan suara. Microsoft sendiri menggunakan Anechoic Chamber-nya untuk menguji perangkat suaranya, misalnya voice recognition.

Mencoba produk di dalam Anechoic Chamber [Image Source]
Mencoba produk di dalam Anechoic Chamber [Image Source]
Selain untuk uji coba produk, Anechoic Chamber juga dipakai sebagai ruang isolasi para astronot. Mereka diupayakan untuk bisa beradaptasi dengan kesunyian karena di luar angkasa sana lingkungannya juga benar-benar senyap. Jika mereka bisa bertahan dalam waktu yang ditentukan, maka salah satu syarat jadi astronot pun terpenuhi.

Nah, setelah mengetahui apa itu Anechoic Chamber, tertarik kah untuk mencobanya? Kamu yang sedang punya banyak masalah dan butuh sekali me time serius, ruangan ini adalah jalan keluar terhebat. Tapi, rata-rata orang yang mencobanya dengan tujuan tersebut selalu ketakutan sendiri setelah memasuki Anechoic Chamber. Sangat diam ternyata tidak benar-benar menyenangkan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Hewan Gaib Penjaga Ini Bisa Membuatmu Aman dari Bahaya, tapi Risikonya juga Besar

4 Tragedi Pesawat Jatuh Saat Latihan yang Pernah Menghantam Indonesia